Hari pertama kuliah (with some tips)

24Feb2
hai kamu ^_^

Hari pertama masuk sekolah. Berangkat dengan bismillah, pulang dengan alhamdulillah. Seneng ya Bi sekolahnya? Apalagi membayangkan sekolahnya cuma sebentar dan tanpa thesis, qiqiqi. Mahasiswa rek areke rek….. Niatkan ibadah ya Bi 🙂

24Feb
Barker Street ini rumahnya Shelock Holmes ya? (selisih 1 R, hihihi)

 

Pulang sekolah (eh kuliah deng….) Abi ngajak jalan-jalan. Bun2 mau cari pisang di toko buah dan Abi mau cari kartu perdana Vodafone untuk kami berdua. Sekalian jalan luruuuus ke kampus Abi. Udah rada sepi kampusnya. Tadi pagi ruuuuwame ada smacam bazaar orientation week gitu. Oiya, aku sertakan sedikit tips untuk sakses menjalani hari pertama kuliah. Sebage catatan, Abi ini kuliah S2/Master degree jadi nggak ada pekan orientasi dsb.

1. Berteman dengan senior
>> Kalo ada yg sejurusan. Kalo belom nemu yg sejurusan, ya yg beda jurusan aja asal sekampus 😀 Senior ini bisa ditemui, misalnya di pengajian KPII, kayak cerita kemaren 😀 Banyak informasi yg bisa didapatkan dari pertemanan ini. Misal: musholla/space untuk sholat ada dimana? Sekalian anterin dong. Karena kadang meski nama gedung dan ruangannya udah jelas, kita udah bawa peta, kalo nggak dikasih tau ya masih susah nemuin ini tempat sholat. Bisa jadi karena lokasinya nyempil 😉

>> Senior bisa mengajarkan kita caranya pinjem buku di perpustakaan. Ada sih panduan tertulis step-by-step nya. Tapi kadang ada tips n trick yg tak tertulis.

>> Senior yg sejurusan bisa ngasih tau, di semester 2 ntar mana mata kuliah yg relatif gampang– mana yg punya track record tidak meluluskan mahasiswanya, hehehe.

>> Senior bisa ngasih tau, booth mana di kantin yg halal, enak dan termurah 😀 Dan masih banyak lagi lah.

2. Cek lokasi ruangan kuliah hari pertama, sehari sebelumnya. Atau datangnya 30 menit lebih awal. Datang lebih awal juga memungkinkan kita untuk hadir di kelas dalam kondisi tetap paripurna dan juga kita bisa memilih tempat duduk sesuai yg kita suka. Plus bisa kenalan dengan teman-teman baru.

3. Bawa air minum dan cemilan. Jika schedule antar kuliah berdekatan dan kita belom hapal lokasi kantin/minimarket? Nah jangan sampe kita kuliah berikutnya, belajar dalam kondisi lapar dan haus. Bisa pecah konsentrasi.

======
Sebage penutup, aku mau pajang foto-foto sore ini ajah. Pemandangan di kampus dan sekitarnya:

24Feb4
dinding yg tertutupi tanaman rambat di UNSW Oval
24Feb3
UNSW Oval
24Feb8
kartu nama ku mejeng
24Feb7
gedungnya keren
24Feb6
not spring but autumn ^_^
24Feb5
salah satu gedung apartemen di Day Ave, seberang UNSW

 

Selamat datang di Sydney. Selamat datang di KPII

Alhamdulillah akhirnya tiba juga di negara tujuan tempat Abi akan menjalani studi S2 selama insyaalloh 9 bulan. Akhirnya ya, setelah months of preparation yg sungguh menguji kesabaran dan keikhlasan. 3x ikut IELTS test sebelom akhirnya bisa memenuhi syarat yg ditentukan pihak UNSW.

23Feb
Hello the big wide world outside my comfort zone! Hello Sydney!

23Feb2

Nah…. Ceritanya kan saya dan Abi mendarat di Sydney tadi pagi. Nyampe di rumah sodara (sebut saja: Rumah Musa) di Kingsford  yah skitar jam 9 pagi lah. Trs dikasih tau kalo hari itu ada pengajian KPII alias Keluarga Pelajar Islam Indonesia  [link] di UNSW (University of New South Wales).

23Feb3

Seneng deh dapet temen-temen baru. Semua ramah, dan sangat welcome dengan member baru. Rasanya nggak ada jetlag dan seperti langsung klik aja dengan Sydney dan lingkungan baru ini.  Trus dengan rada sok ikrib langsung bisik-bisik tanya: ‘Eh mbak, ditempatmu (gedung apartemenmu) ada unit yg one bedroom (tapi bukan studio) gak?’ -qiqiqi. Kali aja kan dapet rejeki berupa info. Pengennya sih ya masih seputaran kampus ini ya. Within walking distance gitulah ke kampus Abi.

Oiya, bagi mahasiswa dan keluarganya yg muslim, nggak rugi lho join di KPII dan rutin mengikuti pengajiannya. Menambah ilmu dan juga menambah teman. Pengajiannya ada 3 macam:
(1) Pengajian Keluarga: suami, istri, laki, perempuan, keluarga beserta anak. Ajak semua! 😀 Diadakan di kampus. Konsumsi diurus dan ditanggung oleh pengurus KPII.
(2) Pengajian ibu-ibu & mbak-mbak beserta anak. Diadakan kala weekend tapi tak tentu seminggu sekali. Konsumsi diurus oleh either panitia atau pihak yg ketempatan/host/tuan rumah; karena diadakan berpindah-pindah tempat.
(3) Pengajian bapak-bapak dan kaum adam lainnya. Rutin malam Jum’at. Konsumsi: Idem seperti nomer 2.

Tapi member lain biasanya membawa sumbangan berupa snack atau buah 🙂

Trus apalagi ya info yg bisa kubagi? Oiya disini kalo antar wanita, cipika-cipikinya 3x: kanan-kiri-kanan. Agak lama juga baru bisa terbiasa sih kalo aku 😉 Trus kita biasa manggil satu sama lain dengan sebutan ‘mbak’ meski ke teman yg lebih muda. Tapi kadang keceplosan juga sik akunya manggil Rina Patria nama doang. Apalagi manggil Baridah, qeqeqe.

=====

IMG_3420.JPG
Update foto 9 bulan kemudian (22 November 2014): pas farewellnya Suami & temen-temen lain (beserta keluarga) yg lulus & pulang Desember 2014.