Jalan-jalan Jumat: From Commonwealth Street to Lidcombe

Pada suatu hari Jumat (4 April 2014). Abi ngajak ke city naik bus (city = Sydney, nyebutnya begitu krn kami kan tinggalnya di eastern suburb = Kingsford). Diawali dengan sholat Jumat di Commonwealth Street. Tapi maap blom bisa kasih informasi detil tentang musholla di Commonwealth Street. Aku coba googling juga kok blom nemu. Jadilah pembaca yg MANDIRI dan browsing sendiri ya, hehehe.

Pas jalan ke musholla di Commonwealth Street, Sydney, ngelewatin rumah ini. Cantik 🙂 [peta Commonwealth St] :

Sesampainya di Commonwealth Street, aku nyari di sekitaran situ ada tempat nunggu yg enak gak ya? Ternyata gak ada park atau bangku buat buat duduk. Yowes aku jalan balik turun ke Centennial Plaza di Elizabeth Street. Nunggu di tamannya aja.

Seusai Abi Jumatan, aku disamperin ke Centennial Plaza. Trus kami melangkah bersama Rindi…. Rindi…. Oh Rindiii… Riiindiii…. *disambit sendal Rindi* Menuju stasiun. Stasiun kereta terdekat ya di Central.

Waktu itu belom punya kartu Opal, jadi kalo naik kereta masih beli tiket disini. Sempet panik & bingung karena baru pertama kali beli tiket kereta, hehehe.

Aku suka sekali motretin plang stasiun atau kursi yg ada nama stasiunnya 🙂 Buat yg follow IG-ku, mungkin dulu sering terganggu dgn postingan foto-fotoku yg berderet cuma nampilin nama stasiun doang, hehehe. Sowwi 😛 By the way….. Ini di Strathfield:

Nah akhirnya nyampe di Lidcombe 🙂 Jadi tujuan ke Lidcombe adalah: Abi mau COD-an (cash on delivery) sama penjual yg dia tau dari situs GumTree. Sekalian ngajak Istri jalan-jalan, gitu. Karena kalo nggak kenal sama GumTree, niscaya istrinya ini nggak bakalan diajakin jalan-jalan sampe North Sydney…. Penrith, dll, hehehe.

Kalo naik kereta yg baru (bukan yg jadul kayak kereta ekonomi/kelas bisnis-nya Indonesia), ntar ada layar LCD untuk menginformasikan next stop-nya adalah stasiun mana. Trus ada mbak operatornya juga yg halo-halo.

Di kereta bagian tengah (ada yg tengah, bawah dan atas) ada tombol emerhensi-nya. Emergency ini misalnya kita mendadak mau pengsan/sakit/injured atau dijahatin orang atau menyaksikan tindak kejahatan. Yah yg gitu-gitulah. Klo menyaksikan mantan jalan sama pasangannya yg baru? Ya itu DL (Derita Lo), bukan emergency, wkwkwkwk….. Btw…. Ini pas melewati Ashfield:

Suamiku dan barang belanjaannya. Can anyone guess what it is? 😀

#ndutihusband

See you on the next post 🙂

NB: kalo mau tau daftar mushalla di Sydney (dan suburbs-nya) bisa klik [link]

Perdana naik bukit ke Meeks Street

Kalo dilihat tanggal pengambilan fotonya, ini cerita pas awal bulan Mei 2014. Ya masih bulan-bulan awal banget, aku tinggal di Sydney (tepatnya di Kingsford). Waktu itu aku diajakin kumpul-kumpul ke rumah Mbak Rina dalam agenda mingguan, eh tp aku lupa namanya. Playdate apa play apa gitu ya. Intinya: bocah-bocah mainan bersama, emak-emak ngerumpi. Eh bukan ngerumpi tp diskusi deng, diskusi…. *supaya kedengeran lebih YES gitu yah, hahaha* *disambit stroller*

Pas sebelum kesana, aku udah diwanti-wanti sama tuan rumah: ntar naiknya lumayan. Hah? Naik apa? Aku nggak ngeh. Ternyata, aku perdana merasakan naik ke Kingsford bagian atas (sejajar sama UNSW upper campus) yg bikin menggos-menggos dan sempet habis napas, pemirsa! Hahaha. Harap maklum, jarang olahraga sih eykeh plus agak overweight (dikit). Jadi jalan menanjak begini doank, udah bikin megap-megap.

Alhamdulillah tapi, bulan Mei kan udah masuk autumn. Jadi ya sejuk…. Although makin ke akhir bulan, MAKIN PANAS, hahaha. Autumn palsu 😆 Memang ternyata di TV, pas akhir bulan Mei disebutkan bahwa Mei 2014 was the HOTTEST MAY in Sydney for the past decades. Tapi bukan itu yg mau dibahas. Kembali ndutyke berjalan menuju puncak… gemilang cahaya, mengukir citra seindah asa. Menuju puncak impian di hati… bersatu janji kawan sejati… pasti berjaya di Akademi Fantasi… *kenapa nyanyi?* *garuk kepala pake mic*

Sepanjang jalan aku takjub ngeliat mobil berjejer parkir banyak amat (mungkin gedung apartemennya ga nyediakan garasi) tp yg lewat di jalanannya mah dikit banget 😀

Sukak sekali aku melihat bangunan bata ekspos jadul begini 🙂 Klasik dan cantik. Btw…. udah mulai miring kan jalannya? Mulai nanjak nih, hehehe.

Trus ya makin lama, nanjaknya makin cihui dong ya.  Eh…. Hayo siapa nih yg abis belanja, trolinya dibawa pulang 😀

Begitu liat pintu, langsung masuk aja…. Trus naik tangga, nyari unit no.3. Ketap-ketip nyariin no.3 kok nggak ada yak? Waduh…. Keluar lagi deh akhirnya… Eh ada plang apa nih deket pintu?

Dan ternyata aku salah masuk pintu, padahal udah naik berapa anak tangga tuh, hahaha. Flat nomer 3 bukan di pintu yg ini…. *menggos-menggos turun ke bawah 😆 * Bukan salah plang atau pintunya, tp emang dodol aje langsung main masuk. Next time diliat dulu dong yg bener 😆

Sydney, it was so good to be back to you

Liburan Paskah tahun lalu di Australia, aku benernya sempet plesiran ke Canberra dan Melbourne. Cuma sampe sekarang memang blom diketik sama sekali postingannya, hahaha. Ntarlah kapan-kapan klo nggak males. Ini malah lebih semangat nulis tentang kunjungan kami ke city (Sydney’s downtown/central biz district) pasca kembali dari liburan tsb.

Setelah melihat sepinya Canberra dan pemandangan kabel tram di Melbourne, bahagiaaaa bener rasa hati pas balik ke Sydney 😆 Yowes, acara main-main waktu itu, tujuan utamanya pergi ke Apple Store di George Street. Ngapain? Nuker kabel iPhone 5 ku… eh punyaku apa Abi yo? One of us lah. Nukernya gratis krn masih garansi.

How to get to Apple Store Sydney, udah pernah aku tulis sebelomnya. Jadi postingan kali ini cuma mau majang foto aja sama bercerita yg ringan-ringan 🙂

Hai Sydney’s buses! I miss you so much! Nah kalo double decker/bis tumpuk buat turis itu, aku sama Abi belom pernah nyobain. Soalnya BAYAR, hahaha. Kalo buat turis sih cocok lah ya. Tapi kami kan setahun di Sydney dan cukuplah selama setahun itu, eksplor sendiri:

Someone was very happy getting a new cable for herself…. err buat berdua deng :

Kelar dari Apple Store, kami berjalan kaki kemana-mana. Kalo nggak salah, trus nongkrong di tengah gedung perkantoran dan lalu makan siang. Makan bekal makan siang, maksudnya. Dikarenakan cari makanan halal nggak terlalu gampang, plus karena NGIRIT (alesan utama), maka kami memang jarang wisata kuliner selama di Sydney.

Bangunan tua yg sangat memanjakan mata dan hatiku. I super love Sydney:

Walah, udah kayak istana kerajaan….. *lebay* 😆

Ayo selfie, Bi! Btw kacamata yg kupake, itu kayak yg aku jual itu loh…. :

Museum of Sydney. Nggak sempet mo kesini. Pas ada duit, gak ada waktu. Pas ada waktu, gak ada duit. Padahal ada promo Sydney museums pass yg murah loh [link] . Trus museum yg gratis benernya juga banyak [link]  . Cuma emang minatku dan Abi nggak disitu:

Favoritku. Motretin pintu. Pintu apakah ini? Bukan pintu Ka’bah yg jelas apalagi pinto sorga:

Perpaduan yg kontras ya. Amazed deh! Tp bangunan yg tua-tua itu bukan rumah. Kalo nggak salah kantor-kantor gitu deh:

Taraaaa….. Suamiku…… :

One day ya Abi. Kalo kita berkesempatan ke Sydney lagi *ntah kapan*, kita main-main ke museumnya ya 🙂

Koin untuk troli belanjaan

Halo semua. Apa kabar? Mumpung masih bulan Syawal, ijinkan saya mewakili segenap tim While in Sydney (penulis, fotografer, penata gaya, model & pencari data…. dimana semuanya itu SAYA SEORANG….), untuk memohon maaf lahir dan batin atas segala kata yg kurang berkenan di blog ini. Atau pas lagi komentar di blog kalian mungkin terlalu SKSD (sok kenal sok dekat), atau komentarnya OOT (out of topic). Semoga semua dimaafkan ya?

Baiklah. Makasih atas dorongan dari beberapa teman, supaya blog ini kembali diisi…. Maka sore ini sembari nunggu Suami pulang kantor, I’m gonna write a quick post about another tips to supermarket shopping in Sydney.

Jadi. Kalo belanja di supermarket macam Coles (warna merah), Aldi (biru) atau Woolies (Woolworths— ijo), jangan lupa siapkan either gold coin $1 atau $2. Ini untuk melepas kuncian troli supermarketnya, sehingga bisa dipakai oleh pengunjung. Kecuali kalo mau pake keranjang yg jinjing, itu mah gak butuh koin.

Nah, si Aldi supermarket, dia punya gantungan kunci berbentuk bulat seperti koin seukuran koin $2. Aku akhirnya beli ini sih trus aku jadiin gantungan kunci buat kunci rumah. Karena aku suka sekali belanja di Aldi due to their wide range of halal products (tepung, gula, keju yg MURAH BGT dll). Dan di Aldi Pacific Square cuma ada troli dorong, nggak ada troli keranjang plastik. Dan aku pernah beberapa kali belanja di Aldi, gak bawa koin, jadi gak bisa pake troli dorong yg gede.

Berakibat aku harus gendong-gendong belanjaan -_______- So this keychain is a must buy for me dan harganya juga ga sampe $1 kok. Oiya, another thing about Aldi: dia gak sedia tas kresek gratis. So either you bawa kantong belanja sendiri or belanjaan masukin ke tas (setelah dibayar) or beli tas plastik Aldi yg tebel dan besar, 15sen/tas plastik.

Tips dari Ibu Mala di Eastlakes. Kalo mau belanja di Aldi Eastlakes, sebelumnya ke Woolies dulu aja. Ntar kelar belanja di Woolies, barulah troli Woolies dibawa masuk ke Aldi, hehehe. Soalnya troli di Woolies gak perlu masukin koin. Cuma di Aldi & Coles yg begitu. Itu juga mungkin ga disemua cabang yg butuh koin.

Oiya… ntar klo udah kelar bayar & masukin belanjaan ke plastik/shopping bag, balikin lagi ya trolinya ke tempat troli. Klo kunci dimasukkan lagi, duit kita balik. Klo kita gak balikin troli & gak kita kunci lagi (seperti posisi di foto berikut), ya gak balik lah gold coinnya hahaha.


Last but not least: Apakah bisa memakai koin Aldi ini untuk ngelepas kunci troli di supermarket lain? Mestinya bisa ya, toh ukurannya (hampir) sama kayak koin $2. Tapi aku ngga pernah cobain sih.

Baiklah. Cukup sekian postingan kali ini 🙂

Akhirnya merasakan tinggal di Kalibata City

Oke kali ini mau cerita tentang hidup baru kami di Jakarta selama at least bulan Juni ini. Masih bagian dari Abi mendapatkan beasiswa kuliah di Sydney; kan dapatnya dari kantor. Sebagai lanjutannya, silahkan bersiap-siap ditempatkan di kantor pusat setelah lulus kuliah Master-nya, hehehe.

===

Selama seminggu lebih sehari sejak awal Juni, alhamdulillah impianku bertahun-tahun jadi nyata. Bisa kesampean mencicipi tinggal di apartemen Kalibata.

Yowes, di postingan ini aku mau sharing info, stand jualan/jasa apa aja yg ada di Kalibata City–di lantai dasar tiap tower, meski nggak semua tower pernah aku lewati. Dan aku cuma ngebahas stand yg menurutku menarik aja. Kecuali makanan ya, karena makanan BUANYAK pilihan di Kalcit. Tapi aku baru coba 2 aja.

Tower Gaharu:
TIKI, buka Senin-Sabtu. Agak siang sih bukanya, jam 9 lewat. Kalo Sabtu tutup jam 4 apa 5 sore gitulah.
Laundry koin. Rp 45.000, self-service, maks 6 kilo sekali nyuci. Nyuci 30 menit, dryer 50 menit DAN LANGSUNG KERING! Cwanggih! I love you full! Kalo drop-off Rp 55.000
Stand yg jual galon+elpiji ada deket pintu kearah lift.
Indomaret 24 jam.
Century Drugstore.
Di lobi ada akses tangga turun ke pusat perbelanjaan di basement.

Tower Damar:
Laundry koin 24 jam.
JNE.
Tour & Travel.
Barbershop.
Indomaret.

Tower Ebony:
Alfamart.
Kantin Dua Bunda di Ebony CL10. Nasi + sayur + ayam = Rp 20.000

Tower Hebras:
Kantor Customer Service. Kalo mau pindahan keluar, harus ngurus surat ijin keluar barang disini. Dan mereka akan ngecek, apakah kita keluar unit, udah seijin pemilik unit apa belom.

klinik di tower Akasia

Ini klinik di Tower Akasia.

salah satu laundry koin tp nggak self-service

Ini juga kayaknya di Tower Akasia. Rp 45.000 tapi maks 5 kilogram. Gak self-service. Drop-off aja tapi dilipetin sampe rapi termasuk boleh underwear.

pintu samping dekat tower Akasia

Kalibata Mall ini asik karena ada Giant-nya. Keluar lewat pintu samping tower Akasia. Trus nyebrang rel. Sebrang pintu keluar ini juga ada toko kecil jualan sayur. Kalo malam, jalanan disini penuh sama penjual makanan nongkrong.

sekolah Islam di tower Jasmine
hutan beton bernama Kalibata City 🙂

Baiklah Kalibata City. Bye-bye for now. Smoga suatu saat kalo balik kemari, eeeeh sapa tau ada rejeki bisa jadi pemilik, bukan lagi penyewa 🙂

Sunnies etc.

Misi yak mo ngiklan jualan eykeh dulu.

Coco Aviator. Oversized sunnies by RUBI. Rp 140.000 😉

Bagi yg lagi nyari sunnies/sunglasses, sunnies case, pernak-pernik lucu, bisa intip akun instagramku ya. @ndutyke 🙂

 

Jalan-jalan ba’da Jumatan

Aku biasanya diajak Suamiku jalan-jalan, pas hari Jumat. Ba’da sholat Jumat gitu deh. Seringnya sih usai sholat Jum’at di UNSW Kensington campus, tempat kuliah Suami. Lokasi sholat Jumatnya ada di lapangan basket di UNSW Gym. Tapi wudhu-nya nggak di gym ya. Either di musholla atau di rumah masing-masing, hehehe. Aku nggak ada sih foto musholla dan lapangan basket tempat Jumatan-nya. Nanti minta fotoin pasutri PhD, Bapaknya Hanif dan Ibunya Hanif, qeqeqeqeqe…. *niat merepotkan*

Kadang Jumatannya ya di Musholla @ York Street yg kapan hari aku ceritakan [link]. Sambil nungguin Abi Jumatan, aku nongkrong di toko buku Dymocks seberang Apple Store.

Nah…. sebelum postingannya jadi lost focus, kembali ke judul saja: “Jalan-jalan ba’da Jumatan”. Waktu itu, bulan April, udah mulai adem semriwing, kami jalan-jalan ke The Strand (George Street) dan Golf Mart (York Street). Tujuan utamanya sih ya ke Golf Mart yg notabene lokasinya satu lantai diatas musholla York Street. Ke The Strand (atau biasa juga disebut dengan The Strand Arcade) itukan bonus sahaja buat Istri yg udah nemenin Suami liat golf clubs di Golf Mart. Cuma bentar doang ke The Strand-nya. Versi lengkap main-main & menjelajah The Strand, di postingan lain aja ya (di lain waktu aku akhirnya pergi sendirian).

How to get to The Strand Arcade? Basically samalah kayak mau ke Apple Store Sydney, toh mereka berseberangan. Halte depan Apple Store (Railway Square ke arah Circular Quay), namanya: George Street at King Street. Halte depan The Strand (arah Circular Quay menuju Railway Square), namanya: George St near Strand Arcade. Btw Suami suka sekali hasil jepretan ini. Kayak di Diagon Alley, Harry Potter gitu, katanya. saking sukanya sampe dipake buat profile picture LINE. Bagus memang hasil jepretannya ndutyke…. NGGAK NGEBLUR…. *Istri sedikit kzl*

Nggak banyak fotoku yg ada wajahku apalagi sebadan-badan 🙂 Aku benernya nggak terlalu suka difoto (kecuali selfie, qeqeqe), sukanya moto (dan hasil fotonya ribuan selama setahun di Sydney, hahahaha). Tapi sesekali oke-lah aku difoto dengan background lokasi wisata…… buat kenang-kenangan, ya kan?

Lhaaa…… trus trus….. pas giliran aku yg dipoto, taunya burem. KZL AKU….., KZL MAZ! Semakin menambah alasan mengapa aku males difoto deh klo begini ini 😆 Tapi gpp Maz, aku maapkan dirimu. Yang penting kan aku sudah diajak liburan setahun di Sydney 😛

((((LIBURAN))) 😆 Istrinya iya liburan, Suami mah banting tulang peres keringet dan rekening buat kuliah dan biaya hidup….. *pukpuk Maz Suami*

Kembali ke The Strand. Lift kuno yg benernya masih berfungsi. Tapi lebih asik naik turun pake tangga sekalian bakar lemak (dan dosa juga sekalian? Bisa?). Aku juga kuatir benernya kalo masuk lift, pas keluar ntar udah di Peron 3/4 atau ke era Elizabethan *ngarang*…….. Ya kan serem aja gitu tau-tau kebuang ke dunia lain. Dunia dimana berat badanku 55 kilogram…… *be right back– lompat masuk lift*

The Strand Arcade is a Victorian-style shopping arcade in Sydney, New South Wales. The Strand Arcade is located in the heart of the Sydney central business district, between Pitt Street Mall and George Street. Designed by English architect John Spencer, The Strand was built in 1891 and opened in 1892, as the fifth and last of the arcades built in Sydney in the Victorian era. It is the only one remaining in its original form today.
The Arcade was originally known as the ‘City Arcade’ and sometimes as ‘Arcade Street’. In 1891 it was named after the famous London Street that links the City of London and the City of Westminster. The Strand was London’s smartest theatre, hotel and shopping street in the early 1900s. [kutip dari Wikipedia]

Ini lho Golf Martnya. Musholla-nya ada di bagian bawah. Di dalam minimarket yg ada tulisane Lyca Mobile itu lho. Turun tangga ya, jadi aksesnya sulit untuk yg berkursi roda atau bawa bayi dalam stroller/pram. Pram silahkan ditinggal diluar, insyaalloh aman 🙂 Asal bayinya digendong, dibawa masuk….. #YAEYYALAH #MENURUTNGANA

The Grace Hotel, Sydney. Seberang Golf Mart.

Bangunan tua lain di seberang Golf Mart. Ada restoran Malaysia/Thailand halal loh deket sini. Ya masih within selemparan tali kolor lah. Tapi aku ga tau namanya dan ga pernah makan disana.

Bus warna kuning dari arah North Sydney.

Pulang dari The Strand dan Golf Mart, kami jalan kaki ke Hyde Park dan nunggu bus di seberang hotel ini. Hotel opo yo iki, lupa aku. Sheraton kayaknya. Pokoke aku suka deh kalo nunggu bus di seberang hotel ini. Menurutku, pemandangan diatas mirip New York City….. *iyain aja pemirsa… iyain aja… kasian*

Selfie dulu sambil nunggu bus, dengan bintang tamu mas bule di belakang, hahahaha. Hayo pada ngeklik dan ngezoom fotonya yaaa….. Speaking of which….Maaf ya foto di postingan ini pada gede-gede semua. Semoga nggak bikin batuk laptop atau HP kalian 😆