O-week at UNSW

25Feb1
UNSW’s main gate

“All new UNSW students should head to O-week it’s super fun and you get tons of freebies. However, if you are keen to get into sports or become part of clubs and societies then O-week is a must. Sporting groups and club ambassadors are overly attentive during this week and will bend over backwards to sign you up or give you advice.” -Surviving the First Week of Uni at UNSW [link].

Hari ini sih rencana awal mau ke kampus ngurus student card Abi, buka rekening bank, ke Vodafone beli kartu perdana, menyusuri area Oweek (orientation week) di kampus dan diakhiri dengan naik bis ke kota. Tapi karena udah kesiangan cabcuz dari kampus, yawes balik ke rumah aja (rumah = apartemen saudaraku).

25Feb2
oweek 😉

Dari rumah ke kampus jalan skitar 10 menit. Nah, pas Abi mau ngurus student card sama buka rekening bank, ternyata tempatnya dicapai dengan harus naik tangga tinggi banget coy! Kek mau naik ke Puncak Bromo aja! berlebihan* Maka kuputuskan menunggu Abi dibawah aja, dipinggir lapangan, namanya Quadrangle. Lagi banyak atraksi O-Week disini.

25Feb3
ala-ala #ootd

Nungguin Abi sekitar sejam’an kali ya? Ga nyampe sih. Dan ga kerasa bosen atau BT juga karena alhamdulillah saya orangnya ga terlalu keberatan kalo harus nunggu-nunggu. Asal jelas aja apa yg ditunggu dan emang gak lagi dikejar waktu.  Balik-balik dari atas, Abi bawa student cardnya yg udah langsung jadi: “Jelek ya Bun fotoku? *melas*” – Ya kujawab: “I’ve seen worse student card picture than this…*kalem*”

25Feb4
abis buka rekening, dikasih bonus Indomie…. *hening* Mie Sedap aja nggak ada ya? *nawar
25Feb5
oleh-oleh balon

Niat hati sih hari ini ikutan Abi ke kampus karena kemaren kan ada O-Week, yah smacam bazaar dan pengenalan ekskul gitu, jadi di jalan utama kampus (bukan jalan raya ya) kanan kiri dipenuhi jejeran tenda booth ekskul ini itu, perkumpulan anu inu. Dan tenda para sponsor yg bagi-bagi goodybag & freebies! Topshop, Asos, Cosmo Campus, Cosmopolitan dll.

25Feb6
bazaar… asik! syoping cheap stuffs! *cheap seberapa cheap dulu sik…*

Tapi ternyatah ruame-ramenya kemaren doang. Hari ini sponsor yg cihui-cihui dah pada berkurang, hehehe. Tapi besok ada semacam bazaar gitu, jualan kali ya? Barang-barang cool and cheap gt lah tulisane. Wow kalo ada sunglasses ketjeh 5 dollar’an aku mau doooong 😀 (soalnya yg beli di olshop instagram, kalo ditotal sama ongkir dll-nya ya jatohnya 5 dollar juga).

25Feb7
hey ada laki orang manis bener 😀

Abi daftar 1 kegiatan ekskul gitu. Hmmm itu juga dipaksa Bun2, selain krn emg manfaat, si Bun2 jadi ada alasan ngambil freebiesnya, hahaha. Dont worry, saya cuma ngambil yg kepake dan manfaat aja kok: pedometer, peluit (buat cewek, kalo dalam kondisi emerhensi digangguin orang), botol minum…. See? Manfaat kan? Kalo nggak manfaat, jangan diambil. Percuma, ntar juga dibuang. Or worst, ditumpuk dan menuh-menuhin laci.

25Feb8
gedung apartemen lucu namanya Anita Court
Advertisements

Hari pertama kuliah (with some tips)

24Feb2
hai kamu ^_^

Hari pertama masuk sekolah. Berangkat dengan bismillah, pulang dengan alhamdulillah. Seneng ya Bi sekolahnya? Apalagi membayangkan sekolahnya cuma sebentar dan tanpa thesis, qiqiqi. Mahasiswa rek areke rek….. Niatkan ibadah ya Bi 🙂

24Feb
Barker Street ini rumahnya Shelock Holmes ya? (selisih 1 R, hihihi)

 

Pulang sekolah (eh kuliah deng….) Abi ngajak jalan-jalan. Bun2 mau cari pisang di toko buah dan Abi mau cari kartu perdana Vodafone untuk kami berdua. Sekalian jalan luruuuus ke kampus Abi. Udah rada sepi kampusnya. Tadi pagi ruuuuwame ada smacam bazaar orientation week gitu. Oiya, aku sertakan sedikit tips untuk sakses menjalani hari pertama kuliah. Sebage catatan, Abi ini kuliah S2/Master degree jadi nggak ada pekan orientasi dsb.

1. Berteman dengan senior
>> Kalo ada yg sejurusan. Kalo belom nemu yg sejurusan, ya yg beda jurusan aja asal sekampus 😀 Senior ini bisa ditemui, misalnya di pengajian KPII, kayak cerita kemaren 😀 Banyak informasi yg bisa didapatkan dari pertemanan ini. Misal: musholla/space untuk sholat ada dimana? Sekalian anterin dong. Karena kadang meski nama gedung dan ruangannya udah jelas, kita udah bawa peta, kalo nggak dikasih tau ya masih susah nemuin ini tempat sholat. Bisa jadi karena lokasinya nyempil 😉

>> Senior bisa mengajarkan kita caranya pinjem buku di perpustakaan. Ada sih panduan tertulis step-by-step nya. Tapi kadang ada tips n trick yg tak tertulis.

>> Senior yg sejurusan bisa ngasih tau, di semester 2 ntar mana mata kuliah yg relatif gampang– mana yg punya track record tidak meluluskan mahasiswanya, hehehe.

>> Senior bisa ngasih tau, booth mana di kantin yg halal, enak dan termurah 😀 Dan masih banyak lagi lah.

2. Cek lokasi ruangan kuliah hari pertama, sehari sebelumnya. Atau datangnya 30 menit lebih awal. Datang lebih awal juga memungkinkan kita untuk hadir di kelas dalam kondisi tetap paripurna dan juga kita bisa memilih tempat duduk sesuai yg kita suka. Plus bisa kenalan dengan teman-teman baru.

3. Bawa air minum dan cemilan. Jika schedule antar kuliah berdekatan dan kita belom hapal lokasi kantin/minimarket? Nah jangan sampe kita kuliah berikutnya, belajar dalam kondisi lapar dan haus. Bisa pecah konsentrasi.

======
Sebage penutup, aku mau pajang foto-foto sore ini ajah. Pemandangan di kampus dan sekitarnya:

24Feb4
dinding yg tertutupi tanaman rambat di UNSW Oval
24Feb3
UNSW Oval
24Feb8
kartu nama ku mejeng
24Feb7
gedungnya keren
24Feb6
not spring but autumn ^_^
24Feb5
salah satu gedung apartemen di Day Ave, seberang UNSW

 

Selamat datang di Sydney. Selamat datang di KPII

Alhamdulillah akhirnya tiba juga di negara tujuan tempat Abi akan menjalani studi S2 selama insyaalloh 9 bulan. Akhirnya ya, setelah months of preparation yg sungguh menguji kesabaran dan keikhlasan. 3x ikut IELTS test sebelom akhirnya bisa memenuhi syarat yg ditentukan pihak UNSW.

23Feb
Hello the big wide world outside my comfort zone! Hello Sydney!

23Feb2

Nah…. Ceritanya kan saya dan Abi mendarat di Sydney tadi pagi. Nyampe di rumah sodara (sebut saja: Rumah Musa) di Kingsford  yah skitar jam 9 pagi lah. Trs dikasih tau kalo hari itu ada pengajian KPII alias Keluarga Pelajar Islam Indonesia  [link] di UNSW (University of New South Wales).

23Feb3

Seneng deh dapet temen-temen baru. Semua ramah, dan sangat welcome dengan member baru. Rasanya nggak ada jetlag dan seperti langsung klik aja dengan Sydney dan lingkungan baru ini.  Trus dengan rada sok ikrib langsung bisik-bisik tanya: ‘Eh mbak, ditempatmu (gedung apartemenmu) ada unit yg one bedroom (tapi bukan studio) gak?’ -qiqiqi. Kali aja kan dapet rejeki berupa info. Pengennya sih ya masih seputaran kampus ini ya. Within walking distance gitulah ke kampus Abi.

Oiya, bagi mahasiswa dan keluarganya yg muslim, nggak rugi lho join di KPII dan rutin mengikuti pengajiannya. Menambah ilmu dan juga menambah teman. Pengajiannya ada 3 macam:
(1) Pengajian Keluarga: suami, istri, laki, perempuan, keluarga beserta anak. Ajak semua! 😀 Diadakan di kampus. Konsumsi diurus dan ditanggung oleh pengurus KPII.
(2) Pengajian ibu-ibu & mbak-mbak beserta anak. Diadakan kala weekend tapi tak tentu seminggu sekali. Konsumsi diurus oleh either panitia atau pihak yg ketempatan/host/tuan rumah; karena diadakan berpindah-pindah tempat.
(3) Pengajian bapak-bapak dan kaum adam lainnya. Rutin malam Jum’at. Konsumsi: Idem seperti nomer 2.

Tapi member lain biasanya membawa sumbangan berupa snack atau buah 🙂

Trus apalagi ya info yg bisa kubagi? Oiya disini kalo antar wanita, cipika-cipikinya 3x: kanan-kiri-kanan. Agak lama juga baru bisa terbiasa sih kalo aku 😉 Trus kita biasa manggil satu sama lain dengan sebutan ‘mbak’ meski ke teman yg lebih muda. Tapi kadang keceplosan juga sik akunya manggil Rina Patria nama doang. Apalagi manggil Baridah, qeqeqe.

=====

IMG_3420.JPG
Update foto 9 bulan kemudian (22 November 2014): pas farewellnya Suami & temen-temen lain (beserta keluarga) yg lulus & pulang Desember 2014.