Hari Ke-4 : Sydney (Katoomba dan Leura)

Salam kenal. Numpang reblog ya. Mau ke Blue Mountain nih hari ini 🙂

Jejak Kaki

Oleh : Vicky Kurniawan

Hari ini saya lebih cerdas dari kemarin dengan memasang alarm bangun pagi malam sebelumnya, suatu hal yang jarang saya lakukan. Maklum biasanya saya selalu terbangun dengan bisikan dan ciuman lembut dari si sulung Alina yang selalu mengajak saya sholat Shubuh (really miss them a lot 😦 ). Begitu alarm berbunyi jam 5 pagi langsung mandi dan sholat sambil berdoa dalam hati semoga teman-teman sekamar tidak ada yang terbangun. Bukan apa-apa, takut mereka kaget saja soalnya keadaan kamar masih remang-remang. Kebayang aja kalau bangun tidur, kamar gelap terus lihat saya sholat pakai putih-putih, apa tidak jantungan :). Untunglah tidak ada yang terbangun walaupun saya mondar mandir sana sini sambil pegang senter cari barang-barang di loker.

Musim Gugur Di Wentworth Falls, Blue Mountain (Photo By : Xiomensia)

Jam 6 tepat saya sudah turun ke dapur untuk masak sarapan pagi. Selesai sarapan sekitar jam 7 mulailah cabut dari hostel…

View original post 3,194 more words

Advertisements

Packing, cargo dan waktu yg lapang

*pegangin pinggang dan punggung*

Alhamdulillah dari rencana 6 kardus, nambah jadi 8, akhirnya ambil tengah-tengah yaitu 7 kardus. Dan gak sampe 100kg, cuma sekitar 88kg ‘saja’, hehehe. Pake tanda kutip 😀 Karena berombongan dengan teman-teman lain yg lulus semester ini dan berniat mengkargokan barangnya bulan Desember ini, jadi totalnya sih diatas 500kg ya. Rate-nya dari UniAir [link] $2/kg. Dari Jakarta kirim ke alamat rumahku di Surabaya, ada tambahan biaya sekitar $35.

Kalo di Kingsford, kardus bisa diambil gratis (mintalah dengan baik dan sopan, tentunya) di White Lotus atau IGA. Kalo di IGA, sebelum Selasa siang adalah waktu terbaik. Karena Senin, mereka kedatangan barang dan Selasa sore, kardus pada dihancurin semua. Dan aku dateng Selasa sore, hahaha. Jadi nggak kebagian kardus deh. Melipir ke White Lotus.

IMG_3875.JPG

Tiap kardus, bikin list isinya apa aja dan beratnya berapa. Nggak usah dikasih tulisan nama + alamat. Nanti pihak cargo yg membuatkan. Kita kasih kertas aja ditempel biasa (dan yg gampang ngelepasnya ya, tanpa merusak bagian luar karton).

IMG_3883.JPG
Rumah sekarang penuh kardus, hehehe. Yg kotak kecil Indomie itu titipan teman sih. Besok di drop di rumah koordinator rombongan. Barulah nanti pihak cargo mengambil kesana.

=========

Aku nggak punya tips khusus. Bisa kalian googling sendiri. Cuma mo sharing pengalaman aja. Aku cuma 2 hari aja nih ngepack 7 kardus. Waktunya mepet karena pada awalnya, kukira cuma punya 1 hari. Ya emang salahku sih, hihihi. Pake acara galau segala, denial lah apa lah. Trus akhirnya kok bisa cukup waktunya 2 hari packing 8 kardus?

Ini dia pengalamanku. Aku percaya, kalo manusia meluangkan, menepati waktu dan memanjangkan waktunya untuk beribadah (sholat 5 waktu disertai sunnah qobliyah dan badiyah; sholat Dhuha lebih dari 2 rokaat; setelah sholat panjangkan doa dan dzikirnya; sholat tepat waktu)….. Maka Alloh akan lapangkan waktu kita untuk mengurusi urusan duniawi; kita jadi punya waktu yg seakan lebih panjang dan bisa mengerjakan apa-apa dengan ontime. Jadi memang kalo kita mengejar akherat, insyaalloh 2-2nya dapet.

Kotak buat pindahan

Kotak buat pindahan? Bisa didapatkan gratis di White Lotus atau IGA Kingsford.
IMG_3615.JPG
Kemaren minta segini banyak di IGA. Kata koko-nya, saat terbaik minta kardus adalah Senin sore. Baiklah…. Ini kotak saatnya diisi. Meski sedikit galau & in denial, hehehe. Bismillah…….
==========

IMG_3739.JPG
Good to read: 26 Time Management Hacks I Wish I’d Known At 20 (link).

Tips irit grocery shopping di Sydney

Kali ini ngebahas tentang belanja kebutuhan sehari-hari kek macam deterjen, beras, tisu, sayur dan tumbuh-tumbuhan lain.

tisu
tisu

Misalnya, kalo bicara tentang tisu. Tisu yg common digunakan disini ada 3 ya: tisu kotak buat di ruang tamu, tisu gulung gede buat di dapur  (bahannya agak lebih kertas dan gak begitu soft di wajah) dan tisu gulung kecil buat di WC. Well, kalo di Indonesia aku cuma pake tisu kotak gitu aja kayak di gambar diatas, atau tisu kotak yg bujur sangkar (kecil) atau tisu kamar mandi tapi yg gak ada karton di tengahnya (coreless) karena dipakenya ya emang bukan buat di WC. Kalo orang Indonesia suka makan di warung, taulah tisu ini, hahaha.

Sama kayak di Indonesia, akupun menyadari (agak telat) kalo tisu gini harganya macem-macem. Tergantung merek dan tergantung belinya dimana. Merek yg sama bisa beda $1 kalo di supermarket yg berbeda. Katakanlah, di IGA Supermarket. Ini supermarket sizenya medium, kayak Alfa Midi gitu. Ada 1 di Kingsford, 1 di dalam lokasi kampus UNSW Kensington. Jual daging dan sayur juga tapi dari segi ukuran nggak sebesar, lets say Woolworths or Coles. Ukurannya sedang saja, sama kayak Aldi.

Menariknya adalah: Harga barang di IGA untuk merk yg sama, most of them bisa beda sampe $3 dengan di Woolworths atau Coles. Trust me, I learnt from my own experience, hahaha. Even jika dibandingkan IGA dan Aldi, harga di IGA tetep lebih mahal. Harga di Aldi mostly lebih murah, bisa jadi karena mereka memproduksi their own brand. Woolies dan Coles juga punya home brand sendiri-sendiri sih.

Kembali ke tisu. Home brand-nya Woolworths, kalo untuk tisu dapur isi 2, bisa murah 1/2 harga dibanding merek Kleenex yg beken itu. Tapi isi 4 yg home brand-nya Woolworths, masih $1 lebih mahal dibanding merek yg kubeli di Aldi. Tisu kotak merek Kleenex, harganya bisa sampai $3 per-kotak; memang sih 3 ply (3 lapis) tapi berapa banyak sih orang yg butuh tisu 3 ply di rumahnya? Itupun ga tiap saat kan? Merek tak ternama, beli di Asian minimarket di sepanjang Anzac Parade, Kingsford (lets say: Randwick Oriental atau White Lotus), tisu kotak kayak di foto diatas, harganya cuma $0.85 dan kalo beli langsung 2 kotak jadi $1,6/2 kotak. JAUH KAN BEDANYA?

Kualitasnya gimana? Yang lebih murah, tetap lembut kok. Dan kalo cuma buat lap-lap dikit, bukan heavy duty, yo aku lebih pilih beli yg murah dong ah, hehehe. Oiya, untuk urusan merek, ini subjektip sekali lho ya. Maapkan kalo ada yg tersungging krn postinganku menginformasikan harga barang-barang murah, hehehe. Orang belanja, pilih merek kan tergantung isi kantong dan kebutuhan masing-masing.

Trus apalagi ya? KitKat 1 bar gede, di IGA $4,75 dan di Coles $4,75 dapet 2 bar (tapi belinya kudu langsung 2 dan tergantung lg promo diskon/gak). Nutella yg 700gram, di IGA harganya sekitar $9 tapi di Woolworths bisa $2 lebih murah bahkan klo promo bisa jadi $5.

Lha kalo beda tempat beli, satu item bisa beda, lets say $1,5 dan perbulan kita beli 50 item, dengan memilih tempat belanja yg berbeda kan bisa menghemat $75. Itu bukan jumlah yg sedikit lho! Even in Sydney, selisih CUMA segitu lumayan kalo buat ditabung, hehehe. Atau dipake untuk keperluan lain, misalnya: bepergian kemana-mana dan kudu bayar parkir. Parkir di Sydney mahal cuy (ini bukan kata orang Indonesia, tapi kata orang Melbourne, hahaha).

cek diskonan di web, seminggu sekali tiap Rabu
cek diskonan di web, seminggu sekali tiap Rabu. ini Coles
yg ini online special-catalogue nya Woolworths/Woolies
yg ini online special-catalogue nya Woolworths/Woolies

Trus rajin-rajin cek promo di website masing-masing supermarket, atau di selebaran yg biasanya dijejalkan ke mailbox kita, atau di poster yg ditempel di kaca depan supermarket tsb. Katalog diskon keluar sekali seminggu, setiap hari Rabu. Coles weekly catalogue [link]. Woolies all specials [link].

IGA memang lebih dekat dari rumah daripada Woolworths dan Coles, dan kalo KEPEPET banget yaweslah beli di IGA aja, hehehe. Biasanya aku di IGA beli roti tawar dan alhamdulllah untuk roti, harganya standar sama aja tuh antara IGA dan supermarket besar. Tapi ada kalanya harga roti tawar bisa murah ($1,99) dan beda bulan– beda season, harganya jadi mahal untuk merk yg sama ($4,49).

Next, mau ngomongin tentang MEREK LOKAL atau MEREK IMPOR? Kalo pas di Indonesia, aku pribadi lebih suka apa-apa beli se-lokal mungkin. Maksudnya: kalo bisa beli buatan Surabaya dan belinya di toko Surabaya, dan sedekat mungkin dari rumah, ya nggak perlu kudu beli online dari kota lain. Makanya aku termasuk yg jarang membeli merek luar negeri. Ada hubungannya bukan cuma dengan himbauan ‘cintailah ploduk-ploduk dalam negeli’ atau ‘bangga menggunakan buatan Indonesia’. Tapi lebih kepada (cmiiw, maap kalo salah) carbon footprints.

NAHHHH…. bagaimana dengan saat ini aku tinggal di Sydney? Hehehehe…. I have to admit that I’m still buying Indonesian product…. *tutup muka* Iya, masih membeli merek buatan Indonesia yg diproduksi di Indonesia dan selama perjalanan diimpor kemari, membutuhkan begitu banyak bahan bakar. KENAPA? Alasan utama: merek Indonesia mostly halal certified. Kalo mau ada tamu datang ke rumah? Ngibrit lah aku ke White Lotus (Asian minimarket yg buanyak menjual merek-merek diimpor dari Indonesia) beli biskuit Selamat, kripik Kusuka atau Serena dan berkerdus-kerdus kecil jus ABC. Simply because it’s halal.

Dari segi harga? Deterjen 900gram buatan Indonesia yg sudah diimpor ke Aussie, masih lebih murah JAUH dibanding merek yg sama tapi buatan Aussie. Giling, kok isa gitu ya? *heran*

Selanjutnya, ngomongin belanja sayur dan buah. Aku udah lama gak beli strawberry karena masih nunggu harganya didiskon dari $4,5/250gram menjadi $5 dapet 3 kotak (@ 250gram). Di Anzac Parade, Kingsford, ada 2 toko sayur-buah segar. Jejer-jejeran sama IGA yg juga jual sayur dan buah. Konon katanya, untuk sayur dan buah, kualitasnya lebih bagus di IGA. Kalo sesama normal price, sama aja sih semuanya. Tapi kalo nyari diskonan (kayak strawberry atau pisang), belinya di toko selain IGA, hehehe.

sunny warm day di penghujung autumn
sunny warm day di penghujung autumn

Enuf talking about grocery shopping. Lets talk about the weather. Barusan kemaren bilang kalo suhunya 25 dercel (derajat celsius) dan adem-adem nyaman (maksudnya: nggak duingin buanget). Lha kok beberapa jam setelah posting, suhu naik jadi 26 dercel dan aku kepanasan, hahaha. Nggak panas buanget tapi sumuk lah. Sampe selimut pun kutendang. Makin siang makin panas, bermandi cahaya matahari. Nggak kebayang pantai-pantai di Sydney ramenya kek apah nih, hihihi. Cenderung ke hangat seperti musim semi. Nahloh padahal bulan depan dah masuk winter! Memang sungguh 2014 ini, the hottest May in Sydney!

Where to sit and wait, in UNSW lower campus

Waktu itu sempet nungguin Abi yg lagi Jumat’an di kampus. Trus sama Abi, aku dianter ke Law Library. Disuruh nunggu disini aja, katanya.

UNSW Law Library
UNSW Law Library

Masuk aja kedalamnya, ada kyk lounge gitu. Kalo mau ngecharge gadget, tinggal cari meja yg ada colokan. Banyak bgt, hampir tiap meja ada colokannya.

23May3
waiting lounge

Atau mau duduk di salah satu sofa, juga bisa. Tapi nggak ada colokan, hehehe.

23May2
view from the lounge

Sambil mainan HP, baca buku, merhatiin lalu-lalang orang lewat, daydreaming…..

23May1
UNSW Oval

Kalo nunggunya mau sambil makan siang, bisa duduk di deretan kursi yg mengitari UNSW Oval. Teduh kok meski outdoor. UNSW Oval adalah lapangan olahraga di lower campus. Rame nih kalo lunch hour. Kadang ga dapet kursi.

22May2
pretty spot

Sambil foto-foto atau selfie, yuk silahkan. Kalo nunggunya sambil ngajak anak, sepertinya akan lebih suka kalo di UNSW Oval ya.

22May1
watching the green grass

Or simply just watching the green grass. Seger banget pemandangannya! 🙂

Libraries

IMG_3249.JPG
Going to the library, borrowing books…… It somehow makes me feel smarter. Although the secret is: I havent finished any of those 5 books & 2 magazines. I just read half of them and then I just keep renewing it again and again. Trs gmn dong ya? Termyata emg hobiku bukan membaca buku. Ini baru pinjem buku n majalah lg, tp cm dipoto trs dijadiin bahan postingan….. *lah pegimane?!?*

Padahal buku itu sama kayak parasut. It is only useful when you open it. Same thing applies to your mind. If you dont open it, then it’s useless. Meski jangan juga open your mind trs jadi menerima ajaran yg nggak-nggak macam JIL gitu ya. Tetep ada limitnya.

Ini postingan ada tendensi untuk melantur kemana-mana klo nggak segera distop, hahaha. Yastralah. Enjoy the rest of the day, people! *kissous*

======

Info seputar libraries di City of Randwick:

Ada 3 public library di City of Randwick. Aku biasanya ke Bowen, deketnya Pacific Square. Kalo mau kesana, naik bus apa aja dari sebrang IGA Kingsford (kecuali L94,400,410 dan X94) dan turun di sebrang library. Naik 400 dan 410 bisa tapi turunnya di deket Sevel Maroubra Rd trs jalan kaki yah ga sampe 5 menit sih. Pulangnya kearah Kingsford, depan Bowen percis ada halte bus dan semua bus berhenti disini (kecuali L94,400,410 dan X94).

Oiya, disini juga ada free classes for balita tapi sebelum join, kudu daftar dulu. Cek aja langsung ke library untuk tau jadwalnya. Bisa pinjem mainan juga, asik kan? Hari Minggu buka loh (kecuali yg Malabar), jadi daripada bete di rumah tapi males jalan-jalan, ngeLibrary aja. Cara daftar jadi member? Bawa ID card (paspor) dan surat tagihan yg menunjukkan nama dan alamatmu disini (misal: tagihan Medibank, listrik, dll). Kalo bawa paspor doang, bisa jadi member tapi gak boleh pinjem buku. Buku bisa di renew/perpanjang via online [link]. Kalo cuma mau datang dan baca di tempat sih ga usah daftar jadi member 🙂

Comot info dari sini [link].

Bowen Library and Community Centre, Maroubra

Location : 669-673 Anzac Parade. Maroubra, NSW 2035.
Opening Hours
Monday – Friday : 10am – 9pm
Saturday : 9.30am – 4pm
Sunday : 12 noon – 4pm

Margaret Martin Library, Randwick.

Location :Level 1, Royal Randwick Shopping Centre. Randwick NSW 2031
Kesini kalo dari Kingsford, naik bus 400 atau 410.
Opening Hours
Monday – Wednesday, Friday: 9.30am – 6pm
Thursday : 9.30am – 7pm
Saturday : 9.30am – 4pm
Sunday : 12 noon – 4pm

Malabar Community Library, Matraville.

Location : 1203 Anzac Parade. Matraville NSW 2036
Opening Hours
Monday : 10am – 7pm
Tuesday – Friday : 10am – 5pm
Saturday : 9.30am – 12 noon
Sunday : Closed

Kuliah di Sydney? Mmmm bukan. Di Kensington.

Dengan berbekal pengetahuan yg baru sedikit, aku akan berusaha menjelaskan tentang Sydney. Jadi tempatku tinggal, itu namanya Kingsford (kodepos: 2032). Ya macam kelurahan gitulah, gampangannya. Kampus Abi, UNSW berada di kelurahan sebelah Kingsford yaitu Kengsington (kodepos: 2031). Nah Kingsford dan Kensington ini jika diibaratkan sebagai kelurahan, maka mereka berdua berada dibawah lingkup kecamatan. In this case: City of Randwick.

City of Randwick ini merupakan salah satu suburb dari Sydney. Yang sebenarnya disebut sebagai Sydney ya City of Sydney (kode pos: 2000) alias Sydney CBD (central business district) alias city. City of Randwick punya semacam walikotanya sendiri, ya kayak Jakarta Pusat-Timur-Selatan dll kan each ada walikotanya sendiri-sendiri.

Tapi klo ditanya orang: “Tyka tinggal dimana?” -ya aku jawab aja Sydney. Ya walo dalam hati kutambahin sih: “Sydney’s eastern suburb,” 😀 Makanya kampus Abi kan namanya UNSW alias University of New South Wales. Karena lokasinya memang bukan persis di Sydney-nya tapi di area NSW (New South Wales).

So, nggak usah heran kalo tinggal di Kingsford/Kensington trus alamat rumah kalian, nggak ada tulisan ‘Sydney’-nya. In my case, misalnya: 22/309 Anzac Parade, Kingsford. New South Wales, 2032.

Kalo mau kuliah di Sydney itself, bisa coba ke University of Sydney atau UTS 🙂