Urusan setrikaan


Pating mak kemlumbruk itu maksudnya : dimbrek-mbrek’in aja gitu di ember. Halaaaah, MBREK-MBREK’IN…. mau ngasih definisi dalam bahasa Indonesia kok sulit, wkwkwk…. ya klean bisa kira-kira lahya maksudku apa.


Aku suka menyetrika. Pokoe urusan cucian mulai dari nyuci (masukin ke mesin) sampe jemur sampe setrika sampe masukin ke laci masing-masing. Aku suka. Fine, poin terahir kadang radak males– jd pakaian anak-anak yg udah dilipat rapi, numpuk di ember @ teras belakang, hehehe. Sampe laci baju anak rada kosong, barulah aku masuk-masukin.

Oke kembali pada prinsip: hanya menyetrika yg kusut. Tp klo yg kusut itu kaos, ya gak selalu disetrika juga sih. Pokoknya yg katun2 lah yg disetrika. Bgitu juga sprei dan sarung bantal: hanya disetrika ketika kusut.

Sekian postingan cucian untuk hari ini. Emak-emak mahgitu ya. Segala urusan dirty and clean laundry aja dijembrengin di postingan….. 🤣🤣 Domestik bgt.

Korelasi antara sosmed & kebodohan finansial

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Judulnya macam yes aje, hahaha.

Ketiga kutipan dibawah ini sekedar pengantar dari yg ingin kutulis lebih lanjut. But maybe later krn aku skrg mau menggunakan waktuku yg berharga untuk menyetrika sambil nonton serial kesayangan di HP, hehehe.

Klo kedua kutipan diatas terlalu mbulet dan advance untuk dimengerti, maka kusajikan kutipan yg lebih sederhana:

Do you realize that social media can sometimes lead people to buy things they dont need, they dont like, with the money they dont have… just to impress people? Either people they really like or people they dont like.

Bahas ntar-ntarlah.

Ayoklah wes lanjut declutter!

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Gak terasa sudah mau masuk Agustus.

DECLUTTER DAY 1: KULKAS.

Dihibahkan ke orang. Model tidak termasuk:


Deadline declutter adalah Maret tahun depan. Klo dibilang berat ya berat krn aku mikirnya, aku kerja sendirian nih nyortir dll. Tp declutter itu bukan buat DIPIKIRIN tapi DIKERJAIN, hehehe.

Jadi ayoklah! Mulai lagi! Lumayan kan ada waktu 8 bulan.


Lumayan lah for a start. Kulkas 1 pintu udah berhasil terdeclutter, alhamdulillah. Lega banget udah ada yg mau nampung barang segede gini. Semoga awet & manfaat.

Ayo beberes!

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Cerita berikot diambil dr WA status, hehehe:

Ndeloke tok ae lo wes pegel. Durung beberes’e iki 😑

Kecuali Lego nya ya. Krn itu jatahnya berantakan sampe Maghrib 😅😅 PerLego’an nanti diberesin Mas B berdua Lego Partnernya yaitu si Mamah. Meski tentu banyakan mak guah yg beberes dibanding krucil.

Keesokan harinya (which is today):

Dibantuin Bunda sih, dikit, hehehe. Yg truk& bus (foto bawah) nampak rapi krn ini Bunda yg beresin. Buku seabreg masuk lemari dibawahnya & dalemnya ya acak adut. Bah wes ben, sing penting lak gak keliatan dr luar, hehehe.

Curhat tentang rencana tahun ini

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Sudah masuk Jumat ya gaeysss…. Jgn lupa Al Kahfi-nya. Perbanyak sholawat dan sedekah.


Anyway busway,

Sebelum tidur, seperti biasa aku ngecek dulu popok anak-anakku. Trs diganti. Dan kemaren juga begitu. Abis gantiin popok Mas B teringat bahwa tahun ini, aku punya 2 target rencana besar. Nyapih Adek M dan potty/toilet training Mas B.

Hmm aku ada target rencana untuk potty training Mas B udah dr 2 tahun lalu. Waktu masih ada Suster. Tp ditunda terus sampe akhirnya skrg no ART, no ncus. ‘Mateng gak koen‘, batinku 😪😪 (sorry no subtitle).

Clueless. I have no idea at all, untuk anak dgn karakter seperti dia, cara potty/toilet trainingnya bagaimana. Mau browsing tips trick pun aku keburu jiper duluan. Kok malah akunya yg blm siap. Blm siap repot.

Jadi akutuh gak punya strategi sama sekali. Dan kayak yg aku tulis disini, it’s okay to not knowing what to do.

Aku cm punya keyakinan bahwa Alloh pasti bantu, DIA akan kasih kemudahan. Meski lewat jalan yg gak disangka tp semua pasti baik.

Sama kayak nyapihnya Adek M yg lewat bedrest-nya aku di akhir Ramadhan kemaren. Ya Alloh, sama sekali gak nyangka bahwa Adek M akan bisa kesapih, dgn cara seperti itu.

5 hari- 6 malam gak sama aku, sama sekali terpisah krn aku bedrest, menurut cerita Abi, allahu akbar cuma di malam pertama tok dia nangis nyariin aku. Minta mimik.

Selanjutnya ya business as usual. Yo pagi siang sore malem, gak nggoleki Bunda, gak nangis, gak rewel. Ya Rabb….. sungguh kami semua bersyukur semua bisa berjalan lancar meski tanpa ART dan/atau Suster.

Ketika akhirnya aku kelar bedrest pun, pastinya ada momen dimana dia minta mimik Bunda. Tp ditolak pun ya rewel cm bentar.

See? Pertolongan bs dateng lewat jalan mana aja. Bahkan lewat jalan yg kayaknya kok gak enak. Lewat sakit.

Siapa sih orang yg minta sakit? Yo gak onok. Tp klo sudah sakit ya dicari hikmahnya aja. Dan hikmah dr sakitku kemaren itu ya salah satunya: bisa nyapih Adek M.

Abis ini tinggal potty training Mas B. Minimal bisa pipis di WC dulu atau pupnya dulu. Salah satu atau langsung sekaligus semua ya boleh. Semoga diberikan kelancaran, kesabaran. Aamiin.

Perkara tidur kemaren

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh.

Kemaren itu Adek M akhirnya jadi bobo siang. Tidur pas azan Ashar. Trs sama Abi dibawa naik ke kamar Abi dilantai atas. Sorenya aku nengokin. Eh pas aku buka pintu, Adek M udah melek. Tp aku diem aja sambil nyolokin HP ke charger Abi & intip-intip medsos sebentar.

Sebentar banget kok. Lha tau-tau pas aku noleh, si bocah abis dikudang bapake trs bobo maneh, hahaha. Wah pikirku, iki ngkok tangi jam piroooo? Bangun jam berapa tuh klo 4.30 pm masih bobo?

Yowes jam 5 sore aku turun ke bawah. Mas B ngemil. Ini bocah yg gede kan juga nggak bobo siang. Biasanya jam 5 sore udah molor sampe pagi. Ini blm ngantuk– mungkin mo maem dulu krn lapar.

Sama Mamahku mo disuapin makan malam tapi nunggu selesai Maghriban dulu. Okelah, klo gitu aku mo urus cucian kering dulu. Dilipet dan mana yg perlu disetrika ya disetrika.

Krn aku kan gak nyetrika semua baju. Baju anakku daridulu jaman punya Suster sampe sekarang, ya gak disetrika, hehehe. Palingan cuma nyetrika daster doang. Itu juga krn ngejemurnya dalam posisi bener, gak terlalu effort lah.

INI KOK JADI NGOMONGIN JEMURAN DAN SETRIKAAN YAH.

Lho iki penting. Alasan kenapa kemaren abis Maghrib aku bela-belain lipet baju bersih dan nyetrika, ditemani gigitan nyamuq, adalah karena kan biasanya aku melakukan rutinitas itu sebelum Subuh. Yep aku bangun sebelum jam 3 pagi karena itu waktu yg enak buat urus cucian kering tanpa direcokin bocah, hehehe.

TRUS ALASANNYA APA?

Oiya. Ini nih yg bikin postingan panjang: NGELANTUR, wkkwkw.

Nah karena kemaren Adek M bobo jam 3 sore, aku kan takut bocah besokannya jam 3 pagi udah bangun. Trs kapan dong waktunya aku sempet urus setrikaan & cucian kering. Jd selagi Mas B rencananya disuapin makan Mamahku, ya aku urus dah itu cucian dan setrikaan. Gitu.

Bahas ginian aja sampek 4 paragraf, wkwkkwk.

Anyway. Kelar nyetrika pas Isya, ternyata Mas B udah bobo (di kamar Mamah). Akhirnya aku naik aja keatas buat gantiin popok Adek M. Digantiin popok lha kok diem aje gak kebangun. Aku matiin lampu, trs setelah ngelamun-lamun bentar, akhirnya aku ikut bobo disamping Adek M, wkwkkw.

Jam 1 pagi, Adek M kebangun krn Abi bersuara keras pas angkat telpon. Trs Adek ngajak bobo di kamar Mamah di bawah. Sambil ngantuc, aku gandeng doi turun. Kok ya syukur aja doi ga minta gendong.

Daaaaan kemudiaaaan…. kamipun semua bobo sampe jam 4, jahahhaha. Aku tidur 8 jam bokkk semalem! Bangun-bangun, seperti biasa klo kelamaan bobo, bukannya seger malah punggungku nyeri.

Tp gpp lah telat bangun. Toh urusan yg biasa dikerjain pagi buta, udah beres, hehehe.