Cerita Adek, Mas, dan jualan yg lewat

Bismillah. Mo nyimpen sedikit cerita kelakuan bocah, di blog 😁

“(Mau) sapu2. Banyak ulat gagak, banyak sumut-sumut (semut), banyak caceng (cacing)!!” Adek M hendak menyapu halaman 😆

Mas: Ada ulat gulu.
Bunda: Ulat buluuuu! Gulu mu a?
Adek: Ulat guluuuuu!

(gulu = leher, dlm bhs Jawa)

Trs besok paginya. Aku duduk di dalam, Mas di teras. Kedengeran suara motor trs Mas teriak:

Mas: PAK BELI PAK!
Trs Bunda teriakin dr dalam: Heh sapa itu yg mbok panggil!!

Duh masyaalloh bocah 🤣 kebiasaan… semua bakul jualan lewat— dipanggil 😑

Cerita lain pas beli jajan pasar yg lewat. Adek & Mas makan lupis-cenil pake gula merah.

Adek: Dikasih coklat ya?
Bunda: (ngebatin: gula merah keles…)

Cenil dan lupisnya abis, lalu minta ntah apa itu tiwul atau apalah jajannya Oma.

Adek: Pake coklatnya!
Oma: Ini bukan coklat, Dek.
Adek: Warnanya…..?
Bunda: Eh iya, coklat sih…. (enel ugha ea)

Gula merah warnanya emg kecoklatan sih 😆 Yah… iyain ajadeh ben cepet.

Mainannya anak-anak

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh.

Kadang aku mikir, mainan anakku ya cm Lego aja. 90% Lego. Apa ya nggak bosen? Makanya klo pas mereka ngajak main di halaman depan, main mobil dan truk diatas tanah– yo aku biarin aja. Selama ada simbak yg nemenin, maksudnya, hehehe.

Atau kadang Subuh udah minta main Playdoh. Dan dulu sempet suka sekali main pasir kinestetik atau apalah itu namanya.

Kan bosen juga mereka main Lego trs.

Atau pas lg kejar-kejaran di dalam rumah juga asal gak bahaya ya udahlah. Atau lompat-lompat diatas kasur. Pokoknya asal gak membahayakan diri sendiri dan orang lain aja, bebaskan…. meski emak sambil merepet juga:

Lompatnya jangan sambil dorong-dorongan dong!
Heh Adeknya jangan ditimpaaaa!
Awas ya klo udah bahaya-bahaya nanti AC kamar ta’ matiin.

Anaknya asik sementara Bundane brisik lah pokoe, wkkwkw.

Whatever works for each of us

Each married couple has different way to survive. Plan A might work for you and your husband; but it might be a disaster if applied to other couple. So disastrous– it might lead to separation/divorce.

Plan B might work for me and my husband but you wont like it and it wont make you (& your husband) happy. The BEST PLAN is whatever works for each family, each couple, each marriage.

Deep inside your heart, you probably think that your way/method is the best way to survive. Well it is. For you, it is.


NB: jangan lupa Al Kahfi nya ya…. udah malam Jumat nih.

Love Languages

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Ini ceritanya aku lg mo belajar ttg Love Languages alias Bahasa Kasih.

Penting menurutku untuk tau apa Bahasa Kasih dr Suami dan anak-anakku. Supaya aku bs tepat sasaran dalam mencurahkan kasih sayangku. Ciye ciye bangeeeet kaaaaan? Hehehe.


Paling enak klo Bahasa Kasihnya samaan. Kayak aku dan Adek M, sama-sama suka Physical Touch. Peluk-peluk, cium pipi. Istilah kami berdua mah: bersayang-sayang, gitu.

Selain Physical Touch, kami berdua juga sama-sama yg Words of Affirmation. Jd mengungkapkan rasa sayang dengan kata-kata, gitu. Masyalloh tabarakalloh…..

Klo untuk Mas B, Bahasa Kasihnya beda lagi tp blm aku telusuri lebih lanjut. Kayaknya sih Quality Time & Act of Service. Suka ngajak main bareng…. minta diladenin makan & mandi….

Meski kenyataannya aku masih sering gagal meladeni Bahasa Kasihnya dia dan lebih sering ngotot memaksakan Bahasa Kasihku ke dia, kayak peluk dan cium.

Makanya seperti yg kubilang diatas, penting untuk mengetahui Bahasa Kasih pasangan dan anak (& ortu juga). Jd bs menghindari salah paham dan bs tepat sasaran.

Kapan-kapan kubahas lebih lanjut deh ya. Meanwhile klo klean mo tau lebih dalam, bisa buka web diatas atau googling aja penjelasan bahasa Indonesianya.

Sabtu siang mendung manja

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Bahas perkara bocican lagi alias bobo ciang cantiq. Cerita Sabtu siang wiken kemaren nih…..

Tumbeeen si Mas bobo. Klo siang gak bobo, Mas biasanya malamnya jam 5 sore udah merem. Maks. jam 6.

Tp klo siangnya molor ya malemnya bobo lg jam 7an lah.

Sampe besok? Ya iya biasanya sih. Meski klo bobo jam 5 sore, kadang ya jam 1 dini hari kebangun trs duduk atau goleran aja disebelah Oma yg lg sholat. Nanti jam 3 ketiduran lg sampe subuh. Seringnya bablas sampe jelang subuh sih, jam 4 gitu.

& krn mak-bapaknya jg tidurnya abis isya dan bangun subuh…. yo gpp juga anak2nya pola tidurnya begitu.

Ya kan malah repot klo pas anaknya tumben blm bobo sampe jam 9. Which rarely happen, alhamdulillah.

Ah pokoknya tiap anak mah ada rejeki dan ujiannya masing-masing. Rejekinya disyukuri, ujiannya digregeti… wkwkkw…. (berusaha) dibawa sabar, maksudnyaaaa.

Tidak bobo siang, tidak masalah

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh.

Anak-anakku gak selalu tidur siang. Dan biasanya klo gak tidur siang, ya sebelum Maghrib udah pada bobo sampe besok pagi. Pagi jam berapa? Ya jam 4 udah bangun. Duluan mereka bangun drpd aku, wkwkkw.

Kejadian beberapa kali pekan kemaren, jam 4 sore si Adek udah molor. Disusul Mas jam 5. Alhamdulillah langsung tercipta suasana damai di rumah, wakakakak….

Perkara makan

Mas B dan Adek M punya selera makan yg berbeda. Mas B lebih kepada secukupnya sementara Adek M meski perawakannya cenderung langsing tp lebih sering makan/ngemil dibanding Masnya, hehehe.

Kadang kudu disetop juga ini aktivitas makannya si Adek. Ya soale anak-anakku ini udah tau konsep LAPAR tapi khususnya Adek kok kayaknya blom tau konsep KENYANG. Jd kadang makaaaan terus ga mau berhenti, sampe mo muntah gitu lo, astaga…..

Mas pun kadang abis makan ngeluh perutnya sakit. Awalnya kukira dia sakit perut beneran tp menurut Abi, kayaknya itu kekenyangan deh, hehehe. Makanya sama Abi trs dikasih tau: “Itu namanya kenyang, Mas….”

Itu foto si Adek makan sebelum bobo siang. Nikmat banget makan sendiri, masyalloh. Trs pas kulihat udah mo roboh krn ngantuk, ya buru-buru kuringkesi makanannya, lap tangan dan mulut lalu giring ke tempat tidur. Bobo deh….

Makan mie dan telor, seporsi bagi 2. Piring sendiri-sendiri dan silahkan makan sendiri-sendiri.