Innalillahi wainnailaihi rojiun

Kayak yg antara percaya nggak percaya. Apa ini mimpi buruk? Tapi ternyata nggak. Benar terjadi, di Surabaya pulak!

Tentu most of you guys udah bs nebak, aku mau posting apa. Yep, Surabaya diguncang bom. Nggak cuman 1 atau 2.

Nggak bisa bayangin gmn perasaan keluarga para korban. Semoga semua dikuatkan.

Udah gt aja. Speechless aku, rek 😦

Advertisements

M’s catnaps

Nulis ini sambil senyam-senyum sendiri krn teringat bahwa saat B seusia M dulu, aku pernah yg kebingungan banget: ini kenapa bayi berubah, dr yg kerjaannya mimik-tidur-mimik-tidur (diselingi ganti popok), trs mendadak all of sudden bangunnya jd lebih lamaaaa…..?

Ternyata emg bayi nambah usia, pola tidur dan pola segalanya ya berubah, Malihhh….

Makanya pas sejak M masih di perut, aku udah bertekad untuk menikmati Trimester Ke-4; sebutan untuk saat anak berusia dr lahir hingga usia 3 bulan. Saat dimana ya kerjaan bayi banyakan tidurnya.

Dan fase seperti hari-hari belakangan inipun sudah aku antisipasi. Fase dimana M banyak terjaga during the day. Tidurnya pun berdurasi singkat-singkat aja atau istilah kerennya: catnap.

Jadi ya alhamdulillah. Dengan M ini udah nggak terlalu terkejut lagi untuk perkara perubahan pola tidur. Krn sesungguhnya M ini sudah banyak memberi kejutan-kejutan kepada Bundanya, hehehe. Bersama M berasa kembali jadi first-time parent.

Krn tiap anak kan emg beda-beda ya; termasuk B dan M juga beda. Alhamdulillah ada google yg merupakan gudang ilmu asal gak sembarangan pilih website.

========

Anyway, being parent is actually just googling on how to do stuffs ya, hahaha. At least itu aku.

Klo ada apa-apa yg membingungkan (terkait ASI, poop/pee, sleeping pattern, 101 urusan anak lainnya), bs coba cari jawabannya di situs bule (aku sih lbh pilih situs bule ya….). Kayak 4 contoh diatas.

Biasanya yg aku kunjungi sih yg website besar kayak babycenter, whattoexpect, webmd, bellybelly.com.au dan askdrsears (semua dotcom kecuali bellybelly).

Kecuali klo udah urusan sakit, nah awalnya memang googling spy nggak clueless banget, tp lanjutannya sih lgsg whatsapp dokternya anak-anak aja deh. Klo perlu lgsg boyong anaknya ke rumah or praktek dokternya, hehehe.

Mendadak pengen….

  1. Beli sepatu baru. Yg warna hitam dgn sol putih ala-ala Vans. Cuman Vans dan Converse mahal bener yhaaa?! Rapmaklum biasa pake Rubi diskonan yg $2/pair atau $10/3 pairs, lol. Yg modelnya niru Vans banget btw. Btw ini ga sungguh-sungguh pengen deng (eh sungguhan apa nggak ya wkwkwk…. labil). Karena masih ada sneakers yg masih bagus 2 pasang (warna merah dan jeans). Ya si Rubi diskonan beli online, yg 10 dollar dapet 3 pasang itu, qiqiqi. Beli di Sydney thn 2014. Beli 3 pasang, yg item udah jebol, LOL. Tau gitu beli item semua yhaaa! Sungguh penyesalan itu datangnya emg di belakang. Krn klo di depan, namanya pendaftaran.
  2. Coklat. Tp tenggorokan lg gak enak.
  3. Gorengannya bakso dicocol ke sambel kecap, yumzzz! Benernya td udah makan ini tp trs habis, hihi. Padahal aku jg yg habisin.
  4. Makan sateeee yg lewat depan rumah. Td mo belik sate tp si Abi maunya beli bakso/bakwan (apasih bedanya?).
  5. Semangka! Ha…. padahal td juga udah makan semangka semangkok dipangan dewe (dimakan sendiri). Tp selalu seneng makan semangka kemriyes adem.

Random post sambil nunggu Maghrib tiba…..

Rejeki itu….

….bukan ttg pangkat seberapa tinggi atau gaji seberapa besar. Tp tentang BAROKAH. Krn kalo barokah maka akan cukup.

Gaji 100 juta tp pengeluaran/kebutuhannya 120 juta, kan ya nggak cukup.

Rejeki juga bukan sebatas uang. Tapi pny anak dan keluarga sehat, hubungan dgn sesama manusia yg harmonis, itu semua sedikit contoh dr bentuk rejeki.

Rejeki juga ttg manfaat, bkn cuma manfaatnya bagi ku tp apakah aku bs berbagi dgn orang lain. Krn disaat aku mampu berbagi dgn orang lain itulah, yg merupakan tabungan buat hari akhir.

Kudu juga diingat bahwa syarat bertambahnya rejeki adalah banyak bersyukur instead of banyak meminta.

Juga yg penting adalah rasa syukur dan sadar bahwa semua itu titipan. Jadi ga perlu ada yg disombongkan krn mana ada ceritanya tukang parkir yg dititipi mobil trs menyombongkan kemewahan mobil tsb. Aneh kan? Mosok nyombongkan yg bukan miliknya.

Dan klo udah ada syukur sama rejekinya sendiri, ga perlu iri apalagi dengki sama orang lain.

Last but not least, dilindungi Alloh dr orang yg dengki & doyan drama (curhat! hahaha!), itu juga bentuk rejeki 🙂

.

.

.

Sekedar tulisan weekend drpd lama nggak posting 😀

Bayi kluget-kluget

Warning: ada pembahasan ttg poop anak.

======

Anakku yg kecil, si M, alhamdulillah udah gak pernah ngajak tidur di kamar sebelah lagi. Bukan berati klo malam udah nggak gassy dan kluget-kluget gelisah. Tp udah ga seberisik dulu.

Atau mungkin level keberisikannya udah turun dikit dan level kecuekan/PD-ku juga naik dikit. Maksudku, selama doi nggak yg beneran jerit atau nangis, ya aku gak merasa perlu memindahkan dia ke kamar sebelah. Meletakkan dia di box dan aku duduk di sofa sebelahnya.

Kupindahkan dia ke kamar sebelah spy klo dia ngeden (berusaha passing gass or pooping) lalu berisik atau nangis, ga sampe membangunkan Mas B. Krn dulu itu dari ngeden sampe ke akhirnya poop atau kentut, bs makan waktu sampe sejam.

Stress aing klo naroh dia yg lagi gelisah dan ngeden, di kamar bareng ama Mas B nya. Krn klo malam-malam kebangun, Mas nya ini dulu kadang sulit tidur lagi. Lgsg ON & ngajak bapake main.

Lha tapi klo dipindah ke kamar sebelah, jujur aja…. aku baru ngebayangin kudu tidur di sofa, rasanya udah, well kan ya beda sama tidur kasur…, ya gak Sis? Meski alhamdulillah sofanya lumayan nyaman sih. Sofa Joey aku nyebutnya, refers to reclining chair/sofa punya Joey & Chandler di Friends.

Trs skrg klo M gelisah, jam berapapun itu, maka aku duduk bersila di kasur, nyalain Netflix, lalu dekap dan gendong dia sampe tidur. Dalam kondisi aku duduk bersila ya 🙂 Kuat dah biar mo sampe 10 menit, hihi. Klo gendong sambil berdiri kan 10 menit serasa sejam. Tp biasanya ga sampe 5 menit digendong, anaknya jg udah merem kok. Mayan kan Bunda bs sambil nonton NCIS kek, Blue Bloods kek…. atau Brooklyn Nine-Nine.

Gak nonton kdrama Bu? Kagak. Males ah ntar baper. Mending nonton police procedural TV shows aja, nggak bikin baper, hahaha.

Jd yah lumayan lah. Derita emak newborn yg kemaren, insyaalloh udah mulai berakhir.

Memang blm yg pules sleep thru the night tp gpp lah. Namanya juga masih usia dibawah 6 bulan. Bangun tiap 2 jam trs mimik pun aku ga keberatan (sekalian ganti popok klo diendus udah pesying, LOL).

Oiyahhh….. Pasca gagal makein pospak kemaren itu (postingan sebelumnya), aku bbrp malam sempet sukses sih makein dia pospak sampe 6 jam-an. Dr jam 9-10an sampe kira-kira jam 3 pagi waktunya dia poop.

Lumayan lah, berkurang 1 clodi kotor buat disemprot, wkwkwkwk…..

Cerita popoknya si M

Di usianya yg ketiga bulan, rata-rata anak keduaku, si M, dalam sehari memakai 10 clothing diaper/clodi alias popok kain. Udah berkurang jauh jumlahnya dibanding waktu masih newborn (sebulan pertama) krn frekuensi poop juga udah ga sesering dulu.

Merk yg sekarang dipake: Ecobum, Pempem velcrow dan Cluebebe Pocket Large.

Yg Cluebebe Coveria Petit udah dipensiunkan sejak usia sebulan krn ribet nyemprot pupnya. Ya resiko model cover kan begitu. Tp di foto bawah itu masih dipajang aja Cluebebe Coveria Petitnya krn buat cadangan klo pas hujan bbrp hari & clodi lama keringnya.

Nah seiring dgn bertambah bulan, bukan cuma perkara popok yg mengalami perubahan; namun juga urusan tidur malam yg sdh bs lebih nyenyak dan bs tidur sampai 3 jam nonstop sebelum akhirnya gelisah.

Gelisahnya kadang krn waktunya ganti clodi, dan setelah popoknya diganti trs lgsg pules lagi. Dan kadang juga gelisah krn minta ganti clodi plus mimik.

Kapan hari (Sabtu last weekend), jam 4.30 sore M ada appointment dengan tukang pijet langganan. Pastinya kesana dipakein pospak (popok sekali pakai) dong ya. Nyampe rumah jam 5.30an, pospaknya gak aku ganti dan dia jg lgsg bobo aja.

Lumayan sih malam itu baru jam 12 lebih aku ganti pospaknya ke clodi, hahaha. 6 jam lebih. Mestinya ga boleh gitu yo? Kata dokter Sp.A- (spesialis anak)nya temenku, pake popok apapun, kudu ganti per-3 jam.

Tp aku keenakan tidur, LOL.

Jadilah bbrp hari kemudian, pas jelang waktu tidurnya M yg berkisar Maghrib, aku ada ide untuk makein M pospak ajalah. Spy dia bs tidur lebih lama tanpa terganggu clodi basah. Hmmm aslinya sih aku jg pengen bobo lbh lama, qiqiqi. Modus Bundanya.

Jadilah jam 5.30 sore aku ambil pospak dan pakein ke M dgn janji: ntr jam 12an Bunda ganti popoknya.

Dan apa yg terjadi berikutnya?

Blm 15 menit dipakein pospak….

bruuut bruuuuuuuuut……

DOI KENTUT DAN POOP AJE GITU, BHAHAHAHAK!

Padahal biasanyaaaaa, gak pernah lho poop jam segituuuu! Ihhhh uwel-uwel nih yaaaaa! Gemes!

Akhirnya dengan dongkol aku gantiin popoknya dan pake clodi lagi aja daaaaah! Kezzeul Hayati!

#clodiLyfe

Changing the type of my list

Aku udah 2 mingguan ini kembali pake semacam notebook atau agenda yg tulis tangan lho. Inspired by Mbak Fanhar’s blogpost ttg bullet journal.

Aku manfaatin ada agenda tahun 2016 dengan cover kulit imitasi warna tan, bagus deh, punya Abi yg baru dipake bbrp lembar doank (dia dapet souvenir dr vendor). Jd itu agenda, 1 hari = 1 lembar. Udah ada tanggalnya, misal : Tuesday, 6 April 2016. Nah ntr tulisan hari, misal Tuesday, aku coret dan ganti dgn nama hari ini.

Sekalian memanfaatkan barang bekas, drpd dibuang kan sayang. Wong masih bagus dan baru kepake depan-depannya aja.

Awalnya ya nulis to do list. Tiap hari at least ada 6-10 itu isi to do list nya. Dan yg bisa di-tick atau dicentang, at the end of the day, cuma separohnya, hahaha.

Makin kesini, tambah bikin stress aja ini to do list?!? Soale kok tiap hari nggak pernah full dr atas sampe bawah yg dicentang. Lets say, dari 10, yg kecentang cuma 4. Weleh weleh kamu ngapain aja seharian? Alhasil aku malah jadi demotivated (iya aku anaknya gampang mutung, qiqiqi).

Akhirnya aku merubah metodenya. Dari to do list menjadi achievement list. Apaan tuh? Isinya adalah hal-hal yg berhasil aku lakukan dalam per-hari-nya. So, every night I’d just write down all the important things (or even just a routine) I have done. Trs aku kasih centang, LOL.

Jadi list-ku isinya ya dr atas sampe bawah, kecentang semua, hahaha. But it works lho! Works really well on me! Beneran bikin motivated gitu.

Jadi semangat ngelakuin ini itu, krn mikirnya: ntar bs ditulis di agenda dan aku jadi bangga sama diriku sendiri krn udah melakukan banyak hal hari itu (anaknya gampang disenengin amatttt!).