Skincare (mulai) September

September kemaren produk skincare yg kubeli bbrp bulan lalu, mulai banyak yg habis atau menipis. Dikarenakan ada rejeki lebih, maka akupun membeli cukup banyak produk skincare baru.

Tp monmaab nih, harganya nggak aku cantumin dimarik simply karena aku males cek di histori belanjaan Tokopediaku. 😁😁

Untuk produknya, ada yg repurchase, tp lebih banyak yg perdana nyobain. Aku share dimari tp jangan berharap tulisan ini akan jadi review ya. Sama sekali nggak.

Knp nggak ngereview? Krn reviewnya udah banyak bertebaran, tinggal cari aja di blog orang lain atau di aplikasi Female Daily.

Plus aku bingung klo disuruh nulis pengalaman before and after nyobain suatu produk. Apakah jd lebih mulus, kinclong apalah apalah– Aku gak bisa menilainya.

Orang lain yg bisa menilainya. Tsaaah.

Aku taunya cuma cocok apa nggak dan alhamdulillah mostly emang cocok-cocok aja setiap nyobain produk baru.

Btw kulitku normal cenderung kering ya.

Oke berhubung udah kepanjangan intro, tanpa banyak cingcong tambahan, mari kita langsung aja masuk ke daftar produknya.

CLEANSING

Wardah Cleansing Micellar Water. Seri Seaweed.

Aku nggak tiap hari pake ini. Hanya jika abis pake bedak aja. Jd pake ini dulu baru ps mandi pake facial wash. Klo dipake di bibir trs kejilat, micellar water ini agak pait rasanya. Makanya klo keseringan pake ini (dan lalu lupa gak dibilas air) aku kasian juga ama M. Klo dia kasih aku SKKS (sun klomoh-klomoh sayang), ntr di dia terasa pait donk?

Wardah Hydramild Facial Wash. Seri Aloe Vera.

Kupake tiap hari waktu mandi. Diklaim cucok untuk kulit kering. Dan di aku emang cocok sih meski gak lantas sesudahnya bikin terasa lembut laksana marshmallow. Pokoke krasa enak dan gak meninggalkan sensasi ketarik-tarik. Tau kan maksud w?

NGGAK! (begitu jawaban pemirsa) #bhaique

TONER

Exfolliating toner: Wardah Lightening Face Toner (botol biru)

Sungguh kutakfaham apa beda seri lightening ama white secret. Aku milih toner seri ini sebage exfolliating toner krn ada kandungan AHA (glycolic acid).

Tutup botolnya nggak flip dan terlalu mudah untuk dibuka anak kecil (waspadalah!). Hanya ada 1 size yaitu yg besar ini. Pengaplikasian ke wajah menggunakan kapas yg digosokkan pelan aja ke wajah dan leher. Ingat, ini muka– bukan lantai kamar mandi. Ngegosoknya woles bae.

Aku pake tiap habis mandi. Selain pake exfolliating toner, aku udah gak pake facial scrub lagi.

Hydrating toner: Wardah White Secret Pure Treatment Essence (botol transparan)

Aku pilih merk ini krn halal dan merk lokal. Plus harganya sangat jauh lebih masok akal dibanding SKII. Yaaaa nggak perlu sampe ngegadein integritas, harga diri atau bahkan sampe jual organ.

Organ tunggal maksudnya. Bukan organ tubuh.

Meski ini essence, tp aku memakainya sbg hydrating toner. Di aku, gak tercium bau apa-apa yg mengganggu seperti kebanyakan review yg kubaca. Dituang ditangan trasa agak licin tp pas ditepokin ke wajah, awalnya akan ada rasa macam pliket lengket gitu. Udah biarin aja, ntr jg ilang sendiri.

Hampir setiap habis mandi, aku pake kedua toner diatas; yg exfolliating toner duluan. Si essence ini aku pake dgn cara dituang ketangan sesuai anjuran pemakaian di kemasan tp kadang ya pake kapas juga. Aku pake kurang lebih 3 mingguan dan udah habis sesenti.

Konoooon katanyaaaa (klo ga salah, kata review Female Daily)…. ini produk merupakan dupe dari SKII dimana kalimat ini mendapat bantahan dari sepupu guah. Mana mungkennnn Wardah disandingkan dengan SKII; katanya doi gitu, wkwkwkwk.

Ya buat rakjel alias rakyat jelita jelata macam ai niii, yabolehlah sedikiiiit berharap produk seharga Rp 120.000-an ini bisa bikin muka ai kinclongan dikit. Ya banyak juga gpp sih. Kali-kali aja beneran dupe-nya SKII…. #tetteup

Bismillah aja deh 😁😁

PELEMBAB

Day cream: Wardah Sunscreen Gel SPF 30.

Sebagai penonton YouTube-nya Female Daily, selain keracunan double toning, pastinya lgsg pake sunscreen juga donk ya yg terpisah dr pelembabnya. Pilihan tergampang ya jatuh pada si Wardah ini.

Tutupnya flip, tekstur lebih mirip losion dibanding gel yg biasanya bening. Agak lengket di wajah pada awalnya tp gak meninggalkan efek putih-putih di wajah yg kadang ditimbulkan oleh sunscreen.

Cukup lembab krn kandungan aloe vera dll nya. Jd kuputuskan untuk gak pake pelembab terpisah. Kecuali klo siang abis wudhu, kulit terasa kering– barulah aku apply pelembab terpisah.

Sari Ayu Moisturizer seri Mawar. Untuk kulit kering.

Lumayan ringan di kulit tp cukup melembabkan. Nyaman di kulit. Bentuknya losion. Tutup semodel si Wardah toner yg Lightening– gampang dibuka.

Repurchase krn tertarik dgn kemasan barunya.

Night cream: Natur-E seri Advanced.

Usia udah 36. Tanda penuaan makin nampak. Saatnya pake produk anti aging supaya tiada sesal di usia 50an nanti….

Yang penting usaha dulu ☝🏼☝🏼Klopun gak bs aging gracefully kek Widyawati ya itumah takdir Illahi.

Btw si produk anti aging ini adalah seri (lumayan) terbaru dari Natur-e. Kemasan 30 mL dgn harga sekitar 110ribu. Cukup mahal bagiku yg kantongnya tipe 36. Gajian tgl 3– tgl 6 udah ludes.

Aku sekalian minum sama vitamin E-nya tp yg ijo aja krn murah meriah. Konon vitamin E ini bs skalian bantu ngurangi rambut rontok.

Bismillah semoga klaim 2 produk Natur E diatas nyata terbukti. Klo nggak, tervaksa aku ganti night cream merk lain.

Pelembab tambahan: (repurchased) Minyak Zaitun Mustika Ratu.

Serbaguna dan tahan lama cynnnn! Botolnya aja gede. Aku udah 3x beli (ini yg ketiga) dan selalu beli yg kemasan isi 175 mL. Di aku berguna sebagai:

(1) Tambahan pelembab
(2) Buat ngobatin tumit pecah-pecah.
(3) Pijat oksitosin.

Jadi ya serba guna lah ya.


Oke untuk part 1 ini cukup sekian dulu. Berikutnya aku akan bahas sedikit ttg produk make up apa aja yg kupake. Beneran dikit kok, haha. Trs klo gak males ya lanjut bahas ttg skincare lagi tp yg kupake klo aku mandi di lantai bawah.

Thats all for now! Boleh banget mbak-mbak yg baca ikutan sharing di kolom komen: abis beli produk skincare apa nih? 😘😁

Advertisements

Rekomendasi clodi untuk pemula

Lanjut ya buibu ngebahas ttg clodinya! Mumpung masih sempet dan semangat nih aku buat sharing pengalaman. Tadinya postingan ini mo buat next week. Tp abis diajak ngobrol ttg clodi ama salah seorang saudara, di WA. Jd kupublikasi skrg aja deh tulisan ini πŸ™‚

Btw…. Tentuuu… pake clodi nggak sepraktis pospak! Kid you not, buibu! I’m not gonna lie nor sugar-coating the fact that clothdiapering your kid(s) need more effort. 

Dibanding dengan pake popok sekali pake/ pospak yg kayaknya aku bakalan β€˜cuma’ effort/modal ngeluarin duit aja. Let’s say perbulan klo aku mau full pake pospak (B cocoknya pake Mamypoko pants, kuning, size L) abisnya sekitar Rp 370.000/bulan. Itu asumsi perhari pake 7 pcs @ Rp 1.750-an. Banyak bgt sehari 7?!? Ya soalnya ni bocah, pupnya aja sehari min. 3x, hehehe.

Merk lain ada yg lbh murah per-piece-nya & cocok di anak ibu? Alhamdulillah dong ya!

Oiya. Pertahunnya abis berapa? Sampe akhirnya lulus toilet training (katakanlah: total berpospak 2,5 tahun), silahkan diitung sendiri ya. 

Yg jelas tiap pilihan ada effort/modal nya sendiri-sendiri yg BEBAS DIPILIH & DIJOGED’IN SENDIRI-SENDIRI, wkkwkwkw…. Dosa eke udah bejibun, buibuuu…. not gonna add the numbers by judging you, the pospak mommies! Sueeer!

Kembali ke clodi. Ya bagiku sih, selama 19 bulan ini, more effort-nya berclodi itu tetep equal with less money in total, jika dibanding dengan full pake pospak. Yup, meski udah ditotal dgn biaya air, listrik mesin cuci. Plus tenaga untuk jemur & lipetnya.

COBAIN AJA DULU

Klo blm terlalu yakin sanggup berclodi, beli aja dulu 2-3 pcs. Beli berbagai macam varian & merk.

REKOMENDASI UNTUK PEMULA

Note that: my writing are purely based on my own experience/research; (sayangnya) bukan advertisement atau paid-review atau sponsored post

Oke. Rekomendasiku untuk pemula.

Coba beli masing-masing item dibawah @ 1 pc, jd total percobaan awalβ€” punya 3 pcs. Semua aku beli atau cek harga di Tokopedia dan sorting result berdasar harga termurah. Ini pilihanku berdasar model gusset dan jenis insert:

1) Babyland model pocket (snap) yg tidak memiliki inner gusset atau double leg gusset. Tapi di bagian belakang pocket sdh erdapat flap/penutup. Dapat 2 pcs insert microfiber @ Rp 48.000. Aku beli di: Raisa Baby Store, Tangerang. 



2) Ecobum varian pocket (+ snap) yg memiliki double leg gusset dan flap/penutup pocket di bagian belakang. Dapat 2 pcs insert hemp. @ Rp 118.575. Aku bln lalu beli di: Clodistoresurabaya.


3) Pempem (velcro) double leg gusset tanpa penutup pocket di bagian belakang. Dapat 1 insert litty. @ Rp 63.000-an. Hasil riset harga di: Clodi Murah dot com, Wonogiri. Atau coba ke Fits 4 U, Malang.



Berdasar pengalamanku, yg TIDAK kurekomendasikan:
A) Ecobum Universal Cover (UC). Mending beli yg model pocket, ntah yg bahan PUL atau minky, altho I prefer the PUL ones. Pokoknya jangan beli yg UC. I’ll post about this, later.


B) Merk apapun dgn inner gusset krn rempong jaya boook nyemprotin pupnya!! Mending model double leg gusset (rekomendasi no. 2&3) atau yg tanpa tambahan gusset sama sekali (no. 1).


C) Ecobum model pants/celana, kecuali klo nemu yg harga Rp 110.000-an TAPI dapat 2 insert hemp. Klo harga 100rebuan cuma dapet 1 insert, aku sih NO. Gak tau klo Mas Anang…. mungkin YES??

Setelah dibeli, silahkan dicoba…. dirasa…. dihayati adegan nyemprot pup-nya, wakakakak…. Klo kemudian oke, bearable…. ya yeuk lanjut.  

Baca juga: Tips sukses berclodi ala ndutyke.

Btw, klo nyari olshop di Tokopedia yg menjual semua rekomendasiku diatas, dlm 1 toko (spy bayar ongkir cm sekali doank), coba ke ririclodi deh. Dia ada opsi kirim pake Wahana lho (murah meriah!).


Semua rekomendasiku diatas, plus liner, habisnya di ririclodi Rp 253.560 (blom ongkir). Aku pribadi blm pernah transaksi dgn toko ini krn emg blm jodoh aja sih. Baru sebatas nanya-nanya doank di kolom diskusi dan menurutku doi relatif fast response. Klo kalian masih kurang yakin, bs dibaca-baca dulu ulasan dr pembeli lain.

Naaaaah….. klo udah beli &  nyoba seminggu & males ngadepin ribetnya? Simpen aja dulu cynnn clodinya…. ya kan kali aja bbrp bulan kemudian (atau di anak berikutnya?) ente berobah fikiran πŸ™‚ 

BEROBAH FIKIRAN? BISA, GITU??

Aiiiih yabisa aja dong. Ntah berobah fikiran krn:
1) Penasaran.
2) Sayang amat udah terlanjur beli kok cm dicobain seminggu.


3) Krn syedih liat tumpukan sampah banyak bener. (image diatas dari snugglebugz )
4) Krn takjub (takjub & syok bedanya tipis…. ) sama nominal perbulan duit buat beli popok sekali pakai (pospak).
5) Sikon yg berubah, dulu kagak pake ART dan skrg pake.
6) Dulu suami/ortu/mertua kurang mendukung. Eh lama-lama bs menerima anak/cucunya dipakein clodi.

Banyak faktor kan?

===========

Baiklah. Sekian aja tulisan kali ini but expect more to come! Semoga bisa lebih membuka wawasan ibu-ibu sekalian. Sapa tau dr yg awalnya anti popok kain/clodi dan gak pengen nyobainβ€” lantas jadi berminat. 

.

.

.

.

Atau yg awalnya tertarik berclodiβ€” kemudian setelah membaca rangkaian tulisan aku, lha kok malah jadi mundur teratur πŸ˜‰

Sekali lagi, apapun ituuuu: BHEBASIN AJHA SHAAAAY! 

Berdagang itu…. Mudahkan…. Jangan dipersulit (2)

Yak kembali kita jumpa di episod ke-2. Masih dalam serial curhat sebagai pembeli (murni curhat– sayangnya bukan adv, paid promote atau endorsement, LOL) dan dilanjut promosi dikit-dikit sebagai bakul online, hohoho πŸ˜‰

Kali ini mau ngomongin ttg DISKON (& GRATISAN…. tp kayaknya bakal kepanjangan. Jd biar dibagi 2 aja).

Nah dalam rangka memanfaatkan promo Tokopedia yg ini nih:


Hari ini kembali dilanjut belanjanya. Duile yg abis gajian, zzzZzzZzz…. 

Nah kan syarat dapat free ongkir, klo total belanja (bs dr toko berbeda) sudah mencapai minimal Rp 100.000 ya. Td ini aku sempet lupa sama syarat tsb dan mo belanja 2 item di Toko ABC (sebut aja begitu) senilai Rp 40.000. Eh trs sama mbak penjualnya, barangnya didiskon jadi Rp 30.000 untuk 2 item tsb:

“Mbak, klo jadi ambil 2, aku diskon jadi tinggal Rp 30.000. Udah aku buatkan etalase baru,” gitu pesan yg ditinggalkan doi untukku….

Waaah…. sueneng bgt pastinya! Ini pembelian keduaku di Toko ABC & sejak awal emg mbaknya fast response & ramah. Sayangnya paling tinggi bs ngasih rating di Tokopedia ya cm bs kasih bintang 5. Klo bs kasih bintang 7, tentu kukasih ke tokomu deh mbak!! 

*puyer obat sakit kepala kalik aaaah*

Nah kan masih Rp 30.000 nih. Ya sud belanja barang lain di toko lainnya deh. Nemu 1 item seharga Rp 47.500 yg di toko XYZ, yg emg idaman akhir-akhir ini (baca: another clodi, hahaha! #tetteup). Tp ditotal dr Toko ABC (Rp 30.000) dan XYZ (Rp 47.500) blm sampe Rp 100.000. Masih kurang Rp 30.000 lg.

Dudududu beli apalagi & di toko mana lagi dong yaa?

Akhirnya…. kuputuskan mo nambah belanjaan 2 item di Toko ABC tapi…. dgn sungkan & malu-malu kuminta diskon…. dr Rp 34.000, aku tawar jadi Rp 30.000. Asli ini malu-malu & tak enak hati. Lha dr awal udah dikasih diskon loh (padahal aku tak minta). Mosok mo minta diskon lg? Tp yah…. namanya jg usaha yes:

Mbak, maaf…. aku mau nambah 2 item lg, produk yg berbeda. Boleh nggak kalo totalnya jadi Rp 60.000?” begitu kataku…..

Aku nggak bilang minta diskon tp lgsg tembak aja minta total harga di nominal yg aku mau, hahaha. Mestinya Rp 64.000, aku minta jd Rp 60.000.

Cukup lama kutunggu respon si mbak Toko ABC. Aduh aku makin gelisah tak enak hati. Masa sih cm selisih Rp 4000 aja, aku ngerepotin orang? Kan katanya: berdagang itu mudahkanlah…. Mungkin doi jd gak enak hati jg karena kesal ngadepin pembeli macam aku?? Mbok ya bayar aja harga aslinya! Dont rich people difficult dong Jeung! (baca: jangan kaya’ orang susah)

Eeeeh tp akhirnya beneran lhooo dikasih nominal kyk yg aku tawar! Masyaalloh…. mbaknya, jazakillah khairon…. Bintang 7 mana bintang 7?!

Demikianlah pengalamanku berbelanja hari ini. Sebage penutup, mari dijembrengkan gelang-gelang manis (semanis kamu yg membaca) buatanku:


Mau lewat Tokopedia boleh (link). Mau lgsg ke aku jg cuzzz intip IG-nya dimarik. Mau liat-liat doank juga hayuk aja deh monggo πŸ˜‰

Berdagang itu…. Mudahkan…. Jangan dipersulit (1)

Mau sharing pengalamanku sebagai pembeli (setia) di Tokopedia (& ntr baru promosi sbg penjual, hehe). Ehem, ini bukan endorsement whatsoever. Murni testimonial dr konsumen bahagia πŸ™‚

Pagi ini dapet rejeki, bs beli popok kain (clodi) buat B dan……. adeknya. Eits baru 18 minggu kok udah belanja buat si jabang baby? Ya soalnya sekalian belanjanya di toko yg sama, sekalian pas lg gratis ongkir daaaaan….

…..sebelum si Abi sbg Finance Manager (aku kan Purchasing Manager), berobah pikiran pas dikasih proposal total pengeluarannya, bhahahaha. Harap maklum, belanja popok kain emang nggepuk (terasa mahal) di awal.

======

Tapi bukan perkara clodinya yg mau dibahas kali ini. Melainkan: interaksi dgn penjualnya. Btw krn td keburu Abi mo ngantor (& keburu doi berobah fikiran, lol, tetteupp), jd belanjaan dibayar dulu baru ngejapri penjual untuk milih warna dan motif.

Oke pengalaman pertama adalah dengan toko I, salah satu toko clodi yg udah well established (guah anggep begitu krn doi udah ada dr jaman berburu clodi sebelum B lahir):

Aku: Mbak, clodi merk GG untuk newborn, ada warna apa aja?
Seller: hijau, kuning, tosca, biru.

Setelah dipelototin lg fotonya, yg oke cuma yg hijau doang menurutku (hijau botol). Yg lain warna pastel, aku tak syuka.

Aku: Mau warna hijau 3 ya.

Eh trs doi reply….
Seller: Maaf mba hijau nya tosca 1. biru 2 boleh? habis stok nya.

Kecewa sikit lah. Tp dipikir lagi: ah ini kan cuma popok, ntr juga ketutupan celana pendek. Knp mesti dibawa pusing sih? Asal nggak warna PINK, yastralah cynnn! (anakku yg diperut insyaalloh laki lagi, soalnya)

Akhirnya kututup percakapan….
Aku: Boleh mbak. No problem.

======

Klo mau minta refund aja benernya bisa kan ya? Kan barang yg aku mau nggak ada. Tapi pembeli kek aku gini nyebelin gak sih? Aturan tak tertulis kan emg kudu pembeli nanya stok dulu, fix…. baru bayar. Lagian kyk yg aku bilang diatas td, no problem lah. Bukan sesuatu yg krusial BUAT AKU.

Klo bisa mempermudah urusan (apalagi urusan orang lain), knp kudu dipersulit. Apalagi aku jg baru aja balik ke dunia online shop sebagai penjual. Klo aku mudahkan urusan penjual lain, insyaalloh DIA yg akan memudahkan urusanku. Iye iye daku emang pamrih sama Tuhan– tp kan DIA emang janjinya begituuuu πŸ˜€

Btw boleh loh diintip toko aku di Tokopedia:

marik mangpaatkan promonyaaaa!

Gratis ongkir untuk belanja minimal Rp 100.000 dan boleh gabungan belanja di toko yg berbeda πŸ™‚ 

Jualan apa aja cynnnnn? Mostly sih charmbracelet, ya masih samalah kek yg dulu-dulu:

@ Rp 35.000
@ Rp 50.000
@ Rp 80.000

Masih ada bbrp barang yg udah jadi tp blm difotoin. Semoga koneksi di rumah memungkinkan untuk upload more cute stuffs to Tokopedia, this afternoon. Klo mau intip IGnya juga cuzzzz ke @ndutyke yah πŸ™‚