Decluttering: mengapa terhenti

Lagi-lagi terhenti. Saatnya introspeksi kenapa bisa begini.

Tsaaaah… berima banget.

Mungkin. Mungkin lho ya…. krn niatku nggak lurus. Niatnya cm krn mau pamer. Pamer di blog, buat ngisi blog aja. Ya sekedar mejeng di sosmed wae.

Jadi ya lebih baik, aku luruskan niat dulu aja. Supaya Alloh ridho, nanti DIA yg mempermudah.

Btw jd ingat bahwa jika kita memudahkan urusan orang lain, maka Alloh akan memudahkan urusan kita.

Mungkinkaaaah….. aku selama ini sadar–nggak sadar, mempersulit urusan orang?

Hmmm another thought to be put into consideration.

Cek-cek bulan Januari

Supaya nggak kendor nih, semangat awal tahun 2019, bolehlah awal Feb ini kita cek-cek pencapaian bulan Januari apa aja. Terkait isi postingan ini, lho ya.

(1) DECLUTTER

Sejak postingan terakhir terkait declutter, blm ada pergerakan lagi nih. Tp untuk membesarkan hati (supaya ga patah semangat), secara keseluruhan sih, aku udah cukup oke lah beberesnya di bulan Januari kemaren itu.

(2) CERDAS FINANSIAL

Hmmm yg ini….. (no komen).

(3) JUWALAN

Aku sibuk ngurusin printilan ngontrakin rumah yg blm kelar ampe sekarang. Rumah sebiji doang, ya Alloh, ternyata gini rasanya. Gpp, latian buat masa depan yg mau jadi juragan kos-kosan. Ngurusin kontrakan ini bisa dong disebut sebagai JUALAN, hehehe. Iyain aja dah biar seneng atiku.

(4) SKINCARE

Waduh kok mengendor kurasa-rasa semangat berskincare ini. Pake daycream dan nightcream mulai jarang. Padahal yo nggak menerapkan 10 steps skincare regime ala mbaksis Korea lho. Simpel banget padahal: double toning lanjut pelembab. Tp biasanya kelar double toning trs udah aja gitu. Pantesan pelembab wajah kok awet. Lha jarang dipake.

(5) RAJIN MENGAJI

Sama Abi udah bikin kesepakatan: pagi hari ga boleh pegang HP jika belom mengaji minimal selembar. Eh sehalaman doang deng, hehehe.

(6) BERCLODI & TOILET TRAINING.

Masih berclodi during the day. Mulai jam 9 malam sampe kira-kira jam 6 pagi, anak-anak ganti ke pampers/popok sekali pakai.

(7) KE DOKTER

Huhu blm serius merencanakan kapan-nya nih.

(8) BAYAR HUTANG PUASA

Alhamdulillah cukup rajin.

(9) RAJIN POSTING BLOG

Bulan kemaren posting lebih dari 10x kayaknya?


Sekian laporan untuk bulan Januari.

Cek-cek make up & skincare pouch

MAKE UP POUCH

Ya ya meski ngakunya ke kondangan cuma modal lipstik ama eyeliner doang, tp aku punya juga make up pouch yg isinya: BB cream, maskara, eye shadow dan blush on.

2 item yg disebutkan pertama, cuma dipake 1-2 kali, bbrp tahun yg lalu. Dan tentu saja ketika aku cek lagi, ya sudah kadaluarsa. Wow, talk about buying things you only wear once or twice; to impress people you dont really like and not a big fan of you, either.

But thats for another post, ahahahaha. Or not.

Ehem. Yg jelas untuk make up pouch-ku yg merupakan bonus dari majalah Seventeen sing saiki wes wassallam bekerjasama dengan Sunsilk (adakah yg 10-15 tahun lalu pernah punya pouch ungu yg sama?) udah dibersihkan dari produk kadal….uarsa. I did it around 2 months ago.

SKINCARE POUCH

Next. Skincare pouch. Blm dibuka lagi sih. Isinya ya skincare yg kubeli awal tahun lalu. Mostly isinya ya masker. Aku terakhir pake masker kan bulan…. Maret kayaknya? M masih newborn lah.

Dan akupun udah menerima fakta bahwa I probably will never use facial mask again…. karena…. malas. That simple.

Jadi ya, ini masker ada 3 tube, mau dihibahkan saja. Sapa ya yg mau nerima…. wong udah dipake at least 1/4nya. Mau dibuang yo eman. Disimpen yo gak kanggo.

Finding new homes for my clutters

Rencana Sabtu (12 Januari) mau jemput Abi di Juanda Airport. Dianter ama parttime driver langganan kami. Sblm ke airport sih pengenku mampir drop barang di bbrp lokasi dalam rangka mencari rumah baru untuk barang-barang yg ga kepake lagi di rumah. Urutannya dr rumah, sebagai berikut:

  1. Mau ke sebuah yayasan penyantun anak yatm (semacam itu) buat ngedrop balon. B pny banyak bgt balon karakter hasil dikasih ama tukang parkir dokter anak langganan. Seminggu sekali dikasih, at least 2. Dalam sebulan bs dapet 10 balon, hehehe. Krn di yayasan ada skitar 10 anak usia TK, ya harapanku mereka bs senang menerima balon-balon tsb.
  2. Mau ke Bank Sampah untuk ngedrop ceramic trinkets. Barang ybs udah dibahas di postingan kapan hari ya.
  3. Mau ke rumah teman yg searah airport. Untuk drop barang elektronik.

Setelah ditimbang-timbang jarak dan waktu tempuh, diputuskan untuk ke rumah teman thok ae yg bener-bener sejalan sama airport. Kebanyakan rencana wira-wiri kuatirnya malah telat sampe di Juanda. Sisanya kapan-kapan. Next week insyaalloh kan panggil supir lagi.

Strategi declutter 2019

Berhubung ini masih awal 2019, ya masih hangat tentunya tulisan seputar revolusi eh resolusi tahun baru. You know: “New year new me, bla bla bla….”

Akupun tak ketinggalan ingin meramaikan blogosphere dengan posting Rencana 2019 ku. Udah diposting kan ya kemaren itu.

Postingan kali ini aku mau ngebahas tentang bagaimana usahaku, strategiku, untuk menjalankan dan mensukseskan rencanaku untuk decluttering. Ya ya ya ngebahas ini lagi.

Yg mendasari bisa bergerak dan mulai aja dulu (macam Toped ye?) meski gak menggebu tp yg penting api semangat kudu tetep ada dan menyala.

Klo semangat terlalu membara sementara daftar yg kudu dilakukan ada banyak (hello? Aku kudu declutter almost the whole house lho!), kuatir nanti kayak 2018: bingung mau mulai darimana.

Overwhelmed, gitu lhoooo.

Alhasil ya bisa dibilang aku nggak bergerak. Ya gerak sih. Toh jumlah barang yg udah keluar dr rumahku sejak hamil M di 2017 juga udah banyak kok.

Tp ada masa dimana aku bisa berbulan-bulan cuma setiap hari merasa sumpek dan dikejar target…. but I did nothing. Itu laci penuh berisi barang ga kepake cuma dipandangi isinya, tp ga aku sortir apalagi disingkirkan.

Yg ada begitu B ngacak-acak laci tsb, aku sebel bgt. Sebel ama bocah tukang acak (hei itu tanda anak kreatif!) tp lebih sebel lagi ama diriku sendiri!!

Oke.

Dari pengalaman itu, 2019 ini aku berencana untuk melakukan hanya 1 hal besar setiap harinya. Dan bisa jug dibatasi waktu (durasi). Misal (per-poin untuk perhari):

(1) Mau jualin barang elektronik bekas yg udah mati: keyboard dan laptop. Hari pertama hubungi pihak yg sekiranya bersedia menampung barang tsb.

In this case aku berencana pake jasa Nurul Hayat. Hari kedua (yg ntah berjarak brp hari dari hari pertama) barulah eksekusi

(2) Malam Senin kemaren berhasil ngerapihin koper besar dan kecil. Banyak amat sih koper di rumah ku. 3 terbesar diantaranya yg kupake mondar-mandir ke Sydney dulu. Nah selain yg besar kan ada yg medium dan yg cabin size. Cara beberesnya ya yg lebih kecil dimasukkan ke yg besar. Jadi macam koper beranak, hehehe.

koper ijo yg terbesar
didalam koper ijo ada koper item
Didalam koper item ada koper cabin size

Eeeh tapi sebelumnya berati koper yg masih ada isinya kudu dikosongi dulu dong ya? Aku tau ada bbrp koper yg penuh berisi barang gak kepake tp bingung mo digimanain. DISITULAH LETAK PUSINGNYA, ahahaha…..

pantes berat. ada isinya.

Naaaah….. untuk aktivitas yg blm apa-apa udah bikin pusing ini, saatnya timer dipake. Set aja: aku cuma mau beberes isi koper selama 10 menit. Walo kemaren sih jadinya ya total sampe beres sih, butuh 30 menit juga.

dapet 1 tas besar isi pakaian untuk didonasikan

Dan semisal klo gak selesai dlm 10 menit tsb ya lanjut next time (besoknya, gitu). Klo ternyata bisa lanjut sampe 15-30 menit ya bagus. Apalagi klo sampe selesai 1 proyek or in this case: beberes koper.

Biasanya siiiihhh…. beberes begini ini yg berat itu awalnya. Sekali mulai, lancaaaaar…. semangat berkobar insyaalloh! Hanya tangisan Adek M yg bisa menghentikanku, LOL.

Nah.

Kalo hari itu jadwalnya aku bebersih kamar mandi atau ngepel lantai 2, ya declutternya libur dulu. Membayangkan ada begitu banyak hal melelahkan yg harus kulakukan dalam sehari, blm apa-apa udah males duluan.

So intinya sih, setiap harinya tetep ada yg dicapai atau diselesaikan meski goal-goal kecil 🙂 Krn dari pencapaian kecil yg teratur itu, yg bakalan mendongkrak rasa PD dan semangat kita.


Ya begitulah kira-kira strategiku tahun ini. Awal 2019 semangat masih berkobar. Selain efek euforia new year new me that kind of stuff, juga karena aku udah ngeset deadline untuk declutter ini adalah:

MARET 2019, hahaha.

Semangat!!!!

Buat bacaan juga: 10 Creative Ways to Declutter Your Home by Joshua Becker (link)

Jualin bahan jualan

PR besar tahun 2019 sebagai lanjutan dr 2018 yg gagal, adalah: jualan dan juga decluttering.

Keduanya saling berkaitan. Krn rencananya, akan ada bahan-bahan yg dulu dipakai buat bikin aksesoris ndutykehandmade, skrg udah ga kepake. Aku cm sisain buat yg bikin gelang, kalung ama peniti aja.

Malah aku mikir, udahlah ga usah bikin gelang lagi. Fokus ke peniti aja tp yg model charmbracelet gitu.

Nah si bahan ini bejibun banget. Sumpek deh menuh-menuhin rumah dan mau aku jualin aja.

Mauku aku jual dlm jumlah besar (bulk ya istilahnya?) tp murah ajalah sekedar ganti ongkos ngebungkusin paket ama biaya capek jalan kaki ART di rumah ke Wahana (iya pake Wahana doang, no TIKI/JNE).

Murah? Yakin? Iyaaaaa! Kan niatnya juga kan asal itu bahan segunung pada keluar dari rumahku.

Tapi aku udah niat banget ini sebelum Maret 2019, urusan bebersih bahan jualan ndutykehandmade udah kudu kelar.

Klo inget deadline yg begitu dekat, jd semangat lagi deh 🙂

Rencana 2019

Hey hooooo! Ah aku mau bikin list Rencana 2019 ahhh.

Klo kesampean ya syukur; klo nggak ya gpp. Kan kata BudeSumiyati:

Yha seperchi ichu, Bude.

Bhaique bude-bude dan paqde-paqde sekalian, berikut adalah 10 rencana 2019 versi Majalah Trubus versi ndutyke:

(1) Declut……. ter.

Duh serius deh. Klo belom beres ini segala urusan declutter, gak bakalan tenang idup guah! Ya gimana mo tenang klo rumah diisi dengan onggokan barang gak terpakai yg menyerap enerkhi positip kami?

Btw menjelang akhir 2018 kmrn aku kembali nge-gas lho semangat declutter-nya. Alhamdulillah dapet deh 4 plastik gede, berisi barang plastik-plastik dr lemari dapur.

Trus untuk barang berharga yg tak terpakai dan mau dijual (daripada menuh-menuhin lemari), alhamdulillah laku deh Nintendo Switch dan Kindle Oasis.

Sold via Toped.

Sold via WhatsApp Status 🤣

(2) #2019CerdasFinansial.

Hmmm akupun yg saat ini hanya bisa bermandikan haha, juga ingin bergelimang harta. Tp awalnya sih, cukup dgn mengelola uang yg ada dgn lbh baik sehingga tak lagi living paycheck to paycheck.

(3) Juwalan!

Ayo ayo tokonya dibangunkan dari hibernasi! (ini rencana dari sebelum hamil M kayaknya….). Meski ndutykehandmade blm bisa reborn (caelah…. pa’an….) at least aku udah mulai jualan barang-barang si Abi kayak 2 contoh diatas, hehehe.

(4) Masih betah berskincare.

Gak usah muluk-muluk pake masker (jelas, aku malas). Atau essens dan serum (dana-ku pas-pas’an). Yg penting double toning jalan terussss! Udah keliatan hasilnya kan selama 2018 kemaren ini, ya kan Bude?

Wkwkwwk makasih Bude donasinya. Tolong donasi berikutnya dalam bentuk Wardah Pure Treatment Essence yaa!

(5) Rajin mengaji.

Intinya sih perbaiki hubungan dengan Alloh.

(6) Ke dokter gigi.

Budget buat ngurusin kesehatan gigi lumayan gede (dari kantor) tp tahun 2018 kemaren kayak nggak kepake blass. Eman kan.

(7) Mas B mulai toilet training. Udah 3 tahun kan usianya?

(8) Yg masih berpopok ya tetap berclodi.

(9) Ngobatin yg kudu diobatin,

tak ada lagi berlari dari realiti. Jiwa raga sehat semua ya!

(10) Bayar hutang puasa

….sebelum mulai Ramadhan lagi.

Gpp Bude, walo lapar yg penting Alloh ridho ama usaha bayar puasanya yhaaa!

Ditahan dong dua-duanya selagi blm waktu berbuka. Kan lagi puasa, wkwkwkkw.

(11) Rajin posting disini

Minimal 10 post perbulan atau 3 hari sekali. Angka yg nggak terlalu ambisius kok untuk ukuran seorang ndutyke. Asalkan nggak terlalu ribet karepe dewe, bisalah klo cuma posting cerita keseharian aja 🙂


Hmmm apalagi yaa? Kurasa udahlah itu dulu aja. Kalo kamu kamu kamu? Punya rencana apa buat tahun ini?