Ekspektasi demi ekspektasi

Mumpung lagi nggak nangis si jagoan bunda nomer dua YANG HABIS SUNAT td pagi (ceritanya nyusul); maka aku mau posting dikit seputar ekspektasi-ku terhadap Baby M yg mungkin ketinggian atau ga realistis.

EKSPEKTASI NO. 1 : TIDUR

Ekspektasiku sebenarnya sederhana: masalah tidur.

Seingatku, waktu anak sulungku si B masih newborn kan ga pernah ngajak begadang yg sampe berjam-jam semalaman nggak tidur. Nyusuuuu terus. Ya si B mah seharian (24 jam), seingatku lho ya…. polanya ya tidur 2 jam lalu bangun untuk mimik dan ganti popok– REPEAT.

Makanya pas dihajar dgn kondisi Adek M skrg ini, aku syok warbiyasa. Padahal sebenernya ya normal aje kali yeee namanya newborn usia itungan minggu (blm juga sebulan) yg pola tidurnya masih beda jauh sama orang dewasa.

Trs waktu itu baca artikel ttg tidurnya newborn, katanya anak baru lahir itu tidurnya bs sampe 16-17 jam perhari. Aku lgsg mencak-mencak abis baca tulisan itu, muhahahaha. Krn kenyataannya ya M nggak gitu! B dulu gitu tp M nggaaaak!

Jadi ya ekspektasiku yg membuat kondisiku sendiri jadi lbh berat. Coba deh baca tulisan dibawah ini , sorry aku lupa sumbernya drmana:

Tulisan ini mewakili perasaanku banget!

Trs gmn? Ya aku cm bs berharap semoga kondisi kami bs jadi jauh lebih baik. Dan lumayan lah 2 malam terakhir, M bs tidur agak lamaan. 2 jam lebih, ya kan lumayan dibanding sebelom-sebelomnya.

Sampe aku ngerasain, wah ini PD (payudara) udah minta dikosongin nihhh, krn udah 2 jam lebih nggak menyusui. Jadilah jam 12 malem, rada maksain M untuk menyusui sampe terasa enteng. Daripada malem-malem kudu mompa kan yaaa? Ngantuk sis! Sok gak butuh, padahal stok ASIP udah habis 🙂

Anyway….. klo nggak dikosongin, ntar bengkak lagi kayak tempo hari. Jadi ayolah Nak mimik Bunda dulu ya.

Oke. Trus ekpektasiku apalagi ya?

EKSPEKTASI NO.2 : GENDONG

Adek M ini kan klo digendong dia merem. Dipangku di bantal menyusui juga tidur ayem. Giliran ditaroh di kasur? Hmmm ga sampe 5 menit, bangun & nangis lah doi. Minta mimik lagi. Dan seterusnya.

Gak sesuai ekspektasiku yg kudasarkan pada kondisiku dengan si sulung B waktu masih newborn dulu. Yg abis mimik, ditaroh di kasur trs tidur aje doi sampe 2 jam’an sebelum bangun lagi.

Lha dengan kondisi adeknya ini, klo kelamaan duduk sambil mangku, panas nian kurasa-rasa pantatku ini, hihihi. Dan ntah lah kemana ajaaaa diriku ini. Baru sampe 2 harian yg lalu aku tersadar: KENAPE LU KAGAK NYUSUIN SAMBIL TIDUR AJE MALIIIIH!!

Wkwkwkwk……. baru dapet ilhamnya sekarang, setelah berepisod-episod pantat panas, tidur sambil senderan sampe kepala miring, badan mo jatoh ke samping & bikin suami kaget dll.

Meski masih kesulitan memposisikan, tp akhirnya ya bisa juga lah malem-malem menyusui sambil tiduran. Alhamdulillah, kelar menyusui kan kami berdua bs tidur ya. Eh biasanya doi trs pup deng, atau ganti popok lah paling nggak.

============

Ya udah sekian postingan kali ini. Postingan ttg sunatnya si Adek M ntr menyusul yah!

Advertisements

Keluar rumah tanpa newborn

Hai. Ini adalah kali kesekian (mungkin ketiga) aku terpaksa keluar rumah agak lamaan dan gak bisa membawa Baby M. Semuanya pergi kontrol atau periksa ke dokter sih, di RS. Jd kurasa riskan klo kudu bawa newborn. Sambil antre dokter, enaknya posting ajalah drpd bengong.

SpJP

Yg pertama pas aku hipertensi bbrp hari setelah pulang dr RS. Aku dirujuk sama obgyn (SpOG) untuk ke spesialis jantung. Ngebut lah dr Subuh mompa ASIP (asi perah) untuk M. Blm ada stok sama sekali tuh.

Klo gak salah cm dapet less than 70 ml untuk 2x mompa. Jadilah aku ke RS membawa pompa ASI, dgn niat mau mompa dan klo perlu ya di Gojek ke rumah. Lha ga ada persiapan Sufor (susu formula) sama sekali. Ada sih Frisolac yg dibawain dr RSIA tempat melahirkan. Tp itu bukan preference ku.

Di ruang tunggu, sampe mewek deh krn kuatir anakku gak cukup ASIPnya. Duile monmab, baru kelar begadang 2 malam, otomatis daku ya bawaannya emosional.

Alhamdulillah cukup 70 ml. Aku tinggal M selama kurang lebih 5 jam an lah. Ya emang usia M aja blm ada seminggu toh, jd ya mimiknya blm banyak.

SpOG

Kemudian pas seminggu lewat dikit pasca lahiran. Aku kudu lepas perban di obgyn ku. Ini sih ga pake antre dan RSnya relatif lengang. Beda lah ama RS yg ke spesialis jantung sebelumnya yg sungguh crowded!

Aku lupa M kutinggalin brp ml ASIP tp yg jelas alhamdulillah lbh well prepared lah waktu itu. Klo ga salah stok botol susu udah nambah dr 2 menjadi 3. Stok plastik ASIP juga udah beli lagi 2 kotak krn yg sebelumnya habis (emg itu sisa dr thn 2016).

Oiya aku pake Pigeon Peristaltic Plus (wide neck). Nggak takut bingput alias bingung puting? Wes akunya mah bismillah– allahu akbar aja. Pas B dulu nggak bingput, dan alhamdulillah M juga nggak.

Oiya klo abis pergi gitu, pulangnya ntr kudu mompa ASI jg dah slain nyusuin lgsg. Berasa ‘utangan’ byk bgt, kyk ga cukup klo dikeluarin lewat nyusui doank.

Sp.B

Hari ini aku sampe bolak-balik ke spesialis bedah. Ngapain ke spesialis bedah? Agak kurang keren alasannya: BISUL in unfortunate and unmentionable location, hahahaha apaan deh.

Well it cud be worst, jadi aku masih sangat alhamdulillah dgn kondisiku skrg ini. Tp tetep aja ni bisul kudu diobati krn mengganggu kenyamananku sebagai seorang ibu dgn newborn yg kadang masih ngajak begadang plus ganti popoknya ntah brp kali sehari.

Stok ASIP udah lumayan ada tabungan meski ragu-ragu mau nurunkan dr freezer ke pintu. Kuatir klo ntar kebanyakan malah kebuang. Ihhh padahal kan drpd kurang ya, malah berabe. Mending mah lebih. Toh stok tabungan jg ada kok. Perhitungan bener sama ASIP 😦

Btw ini semalam abis begadang lagi jd ya mood agak berantakan dr pagi. Semoga hasil periksanya ntr ok-ok aja deh. Aamiin ya Rabb.

Update : ternyata ambeien pemirsaaaaah! Salah satu penyebabnya adalah krn tekanan abis hamil kmrn. Duh yowes. At least bukan bisul deh alhamdulillah.

(another) Clodi story: the tale of two sons

Halo. Alhamdulillah aku udah melahirkan sekitar seminggu yg lalu. Screen name untuk anak keduaku adalah M atau Adek M 🙂

Nah….. Untuk cerita perdana ttg Adek M, paling asik ya cerita ttg clodinya dia (plus Mas B-nya).

Pas jaman B newborn dulu, kami tinggal di apartemen dgn ukuran balkon yg menurutku pas buat jemuran sekluarga. Tp emang kudu gantian antara– pagi: menjemur baju bayi dan handuk mandi orang serumah…. dan agak siang: menjemur baju orang dewasa (aku, Abi & ortuku).

Clodi newborn B yg jumlahnya cuma 12 pcs pun mencukupi buat sehari semalam. Krn cover clodi merk Cluebebe Coveria Petit milik B boleh dicuci dgn deterjen biasa, alhasil tiap siang pun aku bs nyuci at least 5 cover clodi kotor bersama dengan baju orang dewasa. Jadiin satu kali cuci aja barengan, gitu.

Karena nyuci clodi newborn yg cuma 12 pcs bisa 2x sehari, kurasa itu yg membuat stok B jadi alhamdulillah cukup-cukup aja.

Kondisi beda dengan sekarang, saat M newborn. Nyuci cm sehari sekali plus M pup lebih sering kayaknya. Padahal stok clodi newborn-nya ada 15 lho, tp bbrp hari yg lalu, masaaaaa blm ada 24 jam, udah habis semua stok ke-15 clodi M tsb!

Aku lgsg rada panik & ngeluarin stok disposable diapers yg sisa dari RS kemaren. Alhamdulillah masih ada 10pcs lah. Bisa buat seharian mestinya?

Alhamdulillah pas baru kepake selembar, aku lgsg inget klo emg ada rencana cadangan buat makein M clodi merk Ecobum bekasnya B.

Si Ecobum ini udah ga bs kepake lagi ama B krn pasti bocor; ya emg udah agak rusak sih krn selama setahun lebih dipake, aku ga bener cara ngejemurnya. Tp asumsiku, klo dipake newborn mah bisa laaaah…..

Jadi deh aku ambil 7 pcs clodi Ecobum tsb, diisi pake Alas Ompol merk Baby Oz (disingkat AO Boz) dan bisa dipake sama M. Meski yaaah, emg ini clodi kan cuttingnya gede dan emg bukan khusus untuk newborn. Jadi ya kegedean gitu. Trs krn bekas dipake B dr usia 4 bulan sampe sekitar 18 bulanan, karet bagian pahanya jg udah molor 😀

Tp gpp aaah…. yg penting kan ga bocor. Apalagi anak segini, pipisnya jg cm dikit-dikit banget. Meski dipake dalam kondisi tidur miring pun insyaalloh ga bocor samping 🙂

Sehari setelah aku nyoba makein Ecobum bekas B ke adeknya dan berhasil; aku mendapati bahwa popok B yg relatif baru (aku beli Agustus 2017 buat gantiin Ecobumnya yg dipensiunkan) yaitu Pempem velcro, nggak bs lagi dipake ama B karena bagian velcro/prepet (perekat pinggang) nya sering lepas sendiri dan akibatnya ya bocor lah pipisnya dgn sakses.

Ntahlah apa yg terjadi, hehehe. Mungkin dilepas sendiri ama B krn emg perekat clodi model velcro/prepet kan lbh gampang dilepas anak.

Akhirnya kuputuskan untuk merolling stok clodi kakak beradik ini. 6 pcs clodi Pempem velcro milik B akan dipake ama adeknya. Dan lumayan pas aja sih si Pempem dipake ama M yg usianya baru sekitar 2 mingguan.

Pinggangnya pas di settingan terkecil, tapi yah emg lingkar paha gak boong yaa 😉 ada sedikit celah gitu. Namanya jg newborn, pahanya kecil gitu kan ya.

B akan dipakein clodi Ecobum yg baru, milik adeknya, yg bulan Agustus kemaren dibeliin ama Abi. Dimana semua Ecobum perekat pinggangnya pake kancing yg kuat & susahlah dilepas sendiri ama B.

Trs masa M ga kebagian Ecobum yg brand new? Cm dapet lungsuran doank? Oh jangan kuatir. Kan aku ada lumayan banyak stok Ecobum yg baru-baru krn dapet kado dr teman, ehehehe 🙂 Makasih ya, you know who you are!

(Kado dr teman-teman blog yg baik hatinya: gendongan ringsling merk Nana dan clodi Ecobum)