(another) Clodi story: the tale of two sons

Halo. Alhamdulillah aku udah melahirkan sekitar seminggu yg lalu. Screen name untuk anak keduaku adalah M atau Adek M πŸ™‚

Nah….. Untuk cerita perdana ttg Adek M, paling asik ya cerita ttg clodinya dia (plus Mas B-nya).

Pas jaman B newborn dulu, kami tinggal di apartemen dgn ukuran balkon yg menurutku pas buat jemuran sekluarga. Tp emang kudu gantian antara– pagi: menjemur baju bayi dan handuk mandi orang serumah…. dan agak siang: menjemur baju orang dewasa (aku, Abi & ortuku).

Clodi newborn B yg jumlahnya cuma 12 pcs pun mencukupi buat sehari semalam. Krn cover clodi merk Cluebebe Coveria Petit milik B boleh dicuci dgn deterjen biasa, alhasil tiap siang pun aku bs nyuci at least 5 cover clodi kotor bersama dengan baju orang dewasa. Jadiin satu kali cuci aja barengan, gitu.

Karena nyuci clodi newborn yg cuma 12 pcs bisa 2x sehari, kurasa itu yg membuat stok B jadi alhamdulillah cukup-cukup aja.

Kondisi beda dengan sekarang, saat M newborn. Nyuci cm sehari sekali plus M pup lebih sering kayaknya. Padahal stok clodi newborn-nya ada 15 lho, tp bbrp hari yg lalu, masaaaaa blm ada 24 jam, udah habis semua stok ke-15 clodi M tsb!

Aku lgsg rada panik & ngeluarin stok disposable diapers yg sisa dari RS kemaren. Alhamdulillah masih ada 10pcs lah. Bisa buat seharian mestinya?

Alhamdulillah pas baru kepake selembar, aku lgsg inget klo emg ada rencana cadangan buat makein M clodi merk Ecobum bekasnya B.

Si Ecobum ini udah ga bs kepake lagi ama B krn pasti bocor; ya emg udah agak rusak sih krn selama setahun lebih dipake, aku ga bener cara ngejemurnya. Tp asumsiku, klo dipake newborn mah bisa laaaah…..

Jadi deh aku ambil 7 pcs clodi Ecobum tsb, diisi pake Alas Ompol merk Baby Oz (disingkat AO Boz) dan bisa dipake sama M. Meski yaaah, emg ini clodi kan cuttingnya gede dan emg bukan khusus untuk newborn. Jadi ya kegedean gitu. Trs krn bekas dipake B dr usia 4 bulan sampe sekitar 18 bulanan, karet bagian pahanya jg udah molor πŸ˜€

Tp gpp aaah…. yg penting kan ga bocor. Apalagi anak segini, pipisnya jg cm dikit-dikit banget. Meski dipake dalam kondisi tidur miring pun insyaalloh ga bocor samping πŸ™‚

Sehari setelah aku nyoba makein Ecobum bekas B ke adeknya dan berhasil; aku mendapati bahwa popok B yg relatif baru (aku beli Agustus 2017 buat gantiin Ecobumnya yg dipensiunkan) yaitu Pempem velcro, nggak bs lagi dipake ama B karena bagian velcro/prepet (perekat pinggang) nya sering lepas sendiri dan akibatnya ya bocor lah pipisnya dgn sakses.

Ntahlah apa yg terjadi, hehehe. Mungkin dilepas sendiri ama B krn emg perekat clodi model velcro/prepet kan lbh gampang dilepas anak.

Akhirnya kuputuskan untuk merolling stok clodi kakak beradik ini. 6 pcs clodi Pempem velcro milik B akan dipake ama adeknya. Dan lumayan pas aja sih si Pempem dipake ama M yg usianya baru sekitar 2 mingguan.

Pinggangnya pas di settingan terkecil, tapi yah emg lingkar paha gak boong yaa πŸ˜‰ ada sedikit celah gitu. Namanya jg newborn, pahanya kecil gitu kan ya.

B akan dipakein clodi Ecobum yg baru, milik adeknya, yg bulan Agustus kemaren dibeliin ama Abi. Dimana semua Ecobum perekat pinggangnya pake kancing yg kuat & susahlah dilepas sendiri ama B.

Trs masa M ga kebagian Ecobum yg brand new? Cm dapet lungsuran doank? Oh jangan kuatir. Kan aku ada lumayan banyak stok Ecobum yg baru-baru krn dapet kado dr teman, ehehehe πŸ™‚ Makasih ya, you know who you are!

(Kado dr teman-teman blog yg baik hatinya: gendongan ringsling merk Nana dan clodi Ecobum)

Advertisements

Sabtu sore di pusat kota

Mau cerita ttg weekend waktu itu.

Suami lg browsing arloji (jam tangan) baru dan kepengen ke Seiko di Jalan Tunjungan. Udah lama ga ajak B pergi naik mobil (specifically: duduk di carseat) untuk durasi perjalanan yg lbh dr 10 menit. So tentu Bundanya deg-deg’an juga. Ni bocah betah di carseat apa nggak ya?

Anyway. Jam 3 sore lewat dikit, kamipun meluncur ke Seiko yg berjarak tempuh kurang lebih 25-30 menit dr rumah. Ngajak simbak atau bahasa kerennya: NANNY…. nanny-nya B.

Ahahaha ciyeeeeh akhirnya punya nanny sendiri, nggak numpang suster Kakeknya B (Kakeknya B pasien pasca stroke yg skrg lumpuh & kesulitan berkomunikasi). Ga pake istilah mbaksus krn ntr ketuker sama mbaksus’e Kakek.

Biasanya klo pergi-pergi apalagi ke mall dsb, ga pernah ajak simbak. Cuma bertiga aja (atau berempat klo pas ada supir harian yg dipake). Tp krn ini dalam rangka Abinya pasti konsen mo nyari barang, dan repot klo sambil gendong & gandeng B, jd nanny-nya diajak saja.

Apa? Aku? Momong bocah di tempat umum? Jalan bawa badan sendiri aja udah susah skrg ini klo guah mah, apalagi ladenin bocah riwa-riwi, wkwkkwkw….

{Yeah well I’m the fat one. Bigger, ofkors.}

Perjalanan pergi, alhamdulillah B mau duduk di carseat sambil aku berusaha suapin makan krn emang jamnya makan. Nyampe sana, awalnya ya minta gendong Abi. Tp kemudian si bocah terpesona melihat begitu banyak jam dinding.

Di rumah ku kan emang ada jam dinding besar dan B ngefans ama jam tsb. Ya B emg suka sih liat jam dinding apapun. So you can imagine how thrilled he was when he saw lots and lots of clocks!

Wes jan ndeso tenan anakku, hahaha. Tiap berapa menit dia berseru (kenceng bener): “Waaaaaauuuuw…..” Seneng deh keliling toko yg emg lumayan gede itu buat liatin jam dinding dimana-mana, jam tangan apalagi. Dan syukurnya mau digandeng aja ama mbaknanny (tetep manggilnya pake mbak, hahaha).

Disana hampir 30 menit tp sayangnya Abi ga dapetin arloji yg dia mau. Trs ngajak B pulang tp doi ruewel gak mau pulang. Ya salah kami juga sih. Mestinya dari 10 dan 5 menit sebelum pulang, dibilangin dulu pelan-pelan: “Abis ini pulang ya Nak….” diulang beberapa kali. Barulaaaaah mari kita pulang. Jd jangan mendadak. Apalagi B lagi having fun liatin jam dan arloji.

Alhasil berusaha strap dia di carseat, susahnya minta ampyun! Udah didudukin di carseat pun masi nangis heboh. Akhirnya Abi minta nepi di Taman Apsari aja. Eh taman sebrang Grahadi situlah pokoknya. Turun lah mereka tp cuma berdua dan B digendong tentunya krn ga mau pake kaos kaki atau sepatu.

Lumayan juga, ada kali 10 menit mereka menghilang di tengah kerumunan tanaman di Taman tsb. Aku, mbaknanny & pak supir nunggu di mobil. Benernya aku udah mau beli iced chocolate di gerai Coffee Toffee yg di kantor pos sebelah Taman Apsari. Tp kuatir ntr pas turun, tau-tau hujan. Udah mendung gelap gitu soalnya.

B dan Abi, balik-balik dr taman malah nongkrong di tukang bakso doronh yg mangkal di depan mobilku. Beli es degan dulu rupanya buat orang semobil, termasuk B yg emg suka air kelapa (beserta kelapanya).

Sayang aku ga ikut turun jd ga bs motretin asrinya Taman Apsari yah. Lagian udah gelap juga siy.

Beres semua urusan, B udah happy duduk di carseat. Aku bilang ke Abi, gmn kl sekalian melipir ke Bakso Jalil yg katanya deket-deket Taman Apsari situ deh. Aku blm pernah kesana atau makan baksonya tp langganan temen-temenku. Menurut mereka, rasanya TERPUJIKAN.

Sayangnya dicariin kok gak ketemu dimana letaknya si Bakso Jalil ini. Jd ya udah lgsg pulang aja deh.

Buat yg bosen ngabisin waktu di mall, bs deh park-hopping keliling taman di Surabaya yg jumlahnya gak 1-2. Tapi banyak banget. Taman Apsari ini one of the oldest krn udah ada lama sejak sebelum Bu Risma menjabat. Sekitar Taman Apsari jg banyak jajanan enak sekelas warung gitu tapi. Mau makan di resto ber-AC juga ada tuh rumah makan Padang; yg kayaknya siy harganya jg ga bs dibilang murah yaa, jd jgn kaget klo ntr makan disana.

Just remember that….

Namanya bocah, masih toddler pulak. Blm terlalu bisa dibilangin (meski tetep kudu telaten ngasih tau), krn emg blm having the ability to completely understand. Jadi kadang bikin hayati lelah (meski sambil senyum geli) ngeliat polah-tingkahnya.

Yg gak mau berhenti jejeritan lah. Yg minta gendong (simbak atau Abinya) terus lah. Yg kayaknya gak ngantuk padahal udah jamnya bobo, dll.

Emaknya mulai dr senyum geli sampe senyum asem deh pokoknya, hehehe.

Tp alhamdulillah. (hampir) Setiap ngeliat kelakuan si doski yg ada-ada aja itu, Tuhan mengingatkan aku untuk BERSYUKUR:

Bahwa anakku ini bisa jejeritan, bisa jalan nonstop mondar-mandir kek setrikaan, bisa nunjukin emosi dan apa maunya (well, sesuai standar anak usia segitulah ya)…. itu krn anakku SEHAT.

Repeat after me, pemirsa: SEEEEHAAAAT! Mari kita bernyanyi bersama: β€œHarta yg paling berhaaarga, adalah? KESEHATAAAAN…..”

*udah kek seminar MLM* 

Jadi ya udahlah. Yg penting anak(2)ku mah SSC aja : sehat, soleh, cerdas (mestinya soleh ditaroh di depan ya?). Mau tingkahnya kayak apa, asal memang nggak ada pembiaran dr kami, yg menyebabkan dia bs jd liar, wes rapopo.

Kadang, sbg orang yg lebih dewasa, mau ga mau kudu nyerah sama excuse: β€œYaudalahyaa…. namanya juga anak-anak….”

*tempel koyo*
*kopi mana kopi*

Dia hapal lho….

Tiap orang, keluarga…. pasti ada kebiasaan atau rutinitasnya masing-masing. 

Aku benernya penasaran sama perbedaan antara kebiasaan dan rutinitas; apalah daya Surabaya sedang panas bgt hari ini (samalah kek kemaren-maren) jadi aku males mo browsing πŸ˜‰ #teunyambung

Anyway, sebelum ngelantur…. mari lanjut cerita ttg gimana si B ini udah hapal sama bbrp kebiasaan-kebiasaan kami/kebiasaanku.

CERITA 1: BOBO GAYA KUCING

Semalam, jam 6.15 selepas Maghrib, B udah masuk kamar. Udah disusuin tp kelar mimik kok masih usreg bae si bocah. Ya udah aku biarin, biasanya jg glebak-glebok di kasur mainan bantal, naik turun bantal. Ntar lama-lama (20-30 menit) bobo sendiri (biasanya sih aku yg duluan ketiduran, hihihi).

Eeh ini baru 5 menit main di sebelahku, kok ndadak merengek-rengek minta keluar kamar. Alesannya: LAPER. Hmmm aku udah hapal ama kebiasaannya dia yg suka pura-pura laper, ntr pas keluar kamar malah ga mau nyemil– malah main+merengek gak jelas (maklum, udah ngantuk!) πŸ˜› Alesan aja nih bocah.

Trs si bocah aku ingatkan lg kebiasaan kami, bahwa klo udah malem tuh bukan waktunya main di luar kamar; tp waktunya tidur. So semalam aku tegur agak tegas: “Udah nggak usah main keluar kamar, udah malem! Sana, bobo aja kayak kucing!” Sambil nunjuk ke bantal.

Eeeeh emg dasarnya doi kan hapal ya bahwa jam segini ini gak ada cerita main di luar kamar…. doi lgsg merangkak balik ke bantal tanpa perlawanan lhooo, dan nirukan gaya kucing depan rumah klo lg bobo, bhahahahak. Ntahlah butuh brp menit untuk dia akhirnya bs tidur. Yg jelas (aku tidur duluan &) ketika aku terbangun jam 7.15 malam, dia udah tidur.

CERITA 2: BACA BUKU INI SAMBIL MENYUSUI

Udah lama B ga minta disusui klo pas pagi bangun tidur. Padahal dulu biasanya jam 3 dini hari dia bangun, netek Bunda trs tidur lagi sampe jam 4 lewat pas adzan Subuh.

Eeh td pagi jam 4 dia (seperti biasa) bangun duluan. Biasanya sih dia bs anteng ngoceh sendiri di sampingku sampe 15 menit sambil goleran di kasur. Lumayan kan aku bs nambah waktu merem dikit. Td pagi jam 4 dia merengek minta minum. Abis minum, kok tepuk-tepuk dadaku……. lalu ngasih buku zikirku ke aku.

Owalah doski minta disusuin sambil aku disuruh zikiran, qiqiqi…. 


Biasanyaaaa…. (klo ga males), emg klo abis Maghrib aku menyusui dia, aku sambi baca buku ini. Dan sehari-hari narohnya ya emg di kasur, dibawah bantal. Spy gampang ngambilnya.

Duh ni anak bisa aja bikin bundanya ngikik sekaligus amazed deh πŸ™‚ masyaalloh anak soleh….