Cerita Adek M cek lab

Minggu kemaren selain diisi dengan Mas B batuk jemegruk (baca: batuk berdahak), juga diisi dengan bingung kenapa kok Adek M badannya panas sampe 39,6.

Diminumin obat, turun dikit tp ga lama panas lagi. Klo pas panas ya ga mau makan. Tp waktu suhunya menurun, makan seperti biasa.

Minum mau seperti biasa, mimik ASI juga. Pee dan pup juga kayak biasanya. Nggak batuk ataupun pilek, ketularan Masnya.

Hari keempat akhirnya cek lab. Yg dicek: darah lengkap, DBD (ini mahal beudz! Hampir 450rb), tipes, dan cek urin. Total habis Rp 820.000. Ampun dah! Semoga bs diganti kantor.

Cek darahnya ya tentu nangis lah. Emaknya udah segede ini aja, nervous saben disuntik buat cek darah. Tp cerita serunya ini pas nampung urin buat cek urin (ISK apa nggak).

Jd krn anakku ini 2-2nya kan laki ya, dan Mas B pernah cek urin juga di Lab; jd aku udah ada bayangan bakalan diapain dan butuh berapa lama.

Untuk nampung urinnya bayi (laki), ada semacam plastik steril yg dilengkapi kayak double tape gitu. Trs ditempelin lah di area genital dan kita tinggal tunggu aja sampe bayinya pipis.

Butuhnya minimal 10 mL. Sementara kapasitas si plastik penampung ini maks 50-60 mL aja. Jd kudu sering dicek, jangan sampe bablasss kebanyakan.

Proses nempelinnya juga mayan dramak ya malih. Kelar ditempel (eh monmaab nggak ada ilustrasi), pakein celana langsung. Jgn dipakein popok.

Pas Mas B dulu, nunggu dia pipis itu sekitar 60 menit. Selama itu ya anak dikasi minum dan digendong keliling Lab. Ya M juga begitu.

Setelah sejam dan ngecek berkali-kali, akhirnya M pipis juga dan langsung full aje plastiknya. Sayang petugas Lab lg sibuk sama pasien lain, jd urin Adek M keburu luber tumpah tembus sampe baju simbaksus yg kuajak ke Lab.

Ya krn M pasti ga nyaman juga ya bagian anunya kerendem urin jd dia gerak dan ya begitulah nasib urin yg dinanti-nanti.

Astaghfirulloh…. udah nunggu sejam buat pipis, sekarang luber habissss…. sisa dikit. Ga memenuhi syarat! Akhirnya kami disuruh pulang aja dgn membawa plastik tampung urin yg baru beserta wadah buat nanti urin dr plastik dipindah ke wadah tsb.

Lha ternyata bs dilakukan di rumah toh proses nampungnya? Yowes pulang akhire. Nyampe rumah, M makan, dan sejam sejak terakhir pipis itu, kami masang si plastik eta. Lalu dilapis macam popok kain tp yg tipis. Aku pake universal covernya Ecobum.

Alhamdulillah ga sampe sejam nunggu, M pipis juga meski ga sampe penuh. Lgsg buru-buru kupindah ke wadah lain, diliat ternyata skitar 30 mL, so aman lah. Memenuhi syarat minimal. Lgsg order GoSend untuk ngirim sampel urin M ke Lab.

Sorenya hasil Lab diantar ke rumah dan alhamdulillah ga ada yg bahaya kecuali Adek M masih aja kekurangan zat besi. Jd kudu lanjut minum suplemen.

Lega banget kan Bundaaaaa!

Advertisements

Ketika B ga mau bobo siang

Astaga ntah apalah yg terjadi pada anakku si Mas B ini (usia 2 thn + 9 bln) =______=\ sepertinya dia sedang bermain dengan hashtag #menolaktidur !

Udah 2 hari berturut-turut nggak mau bobo siang. Padahal biasanya sehari minimal 2 jam bobo siangnya (sehari sekali).

Mosok iya sih dia udah memasuki fase toddler who drops their naptime to none. Wuopoooo?! Wakssss! Sungguh kami serumah belom siyapppp dengan ketiadaan naptime-nya B, hehehe.

Krn sejujurnya, saat B bobo siang itu adalah saat kami juga bisa beristirahat atau melakukan pekerjaan rumah tangga.

Kemaren itu B ga mau bobo siang, mungkin karena kebanyakan mainan HP Bunda atau main game console punya Abi. Ok, my bad. Salah Abi juga kok anak dibiarin megang gembot terlalu lama….

((((GEMBOT)))) 🤣🤣🤣 ngakak sampe kepipis-pipis denger kata ini diucapkan di tahun 2018.

Trs hari ini benernya di mobil sepulang dr rumah eyangnya, dia udah nguantuuuuk bgt tp aku bangunin trs krn berabe klo sampe ketiduran di mobil. Meski cm 15 menit. Krn nyampe rumah lgsg grengggg gak mau bobo.

Lha rasaan td jg ga sempet ketiduran. Kok tetep weh gak mau bobo siang?! Nyampe rumah mainnnnn sama mainannya yg baru, hasil sitaan dr rumah eyang. Truk punya sepupunya diakusisi secara sepihak (mumpung yg punya nggak ada). Awas ente ye, klo diminta balik trs rewel, wkwkwkwk…..

Nyampe rumah main dan gak mau makan. Helloooo? Kagak laper apa ni bocah??

Abis ngacak-acak kamar kayak begini. Tenaganya super amat Nak?

Tapi kemudian emang sih, 2 hari ini tidur malemnya jd lekas. Kemaren abis azan dia udah merem. Hari ini malah jam 4 udah bek-slep (alias molor nyenyak).

Kemaren meski bobo dalam perut kosong, nyenyak sampe pagi. Lha malam ini, beuhhhh bismillah semoga gak rewel. Soale malam ini Abinya gak bs nemenin bobo krn kerja.

Beralih ke popok sekali pakai

Lama gak cerita ttg perjalanan berclodi dengan 2 anak ya 🙂 Mas B usia 2 thn + 9 bln. Adek M hampir 11 bln.

Dalam rangka musim mendung dan kadang disertai hujan, maka nasip cucian di rumahku ya sama aja kayak cucian di rumah tetangga-tetanggaku: lama keringnya!

Jadilah ini saat yg kuanggap pas untuk si M sementara beralih ke popok sekali pakai; yg mana kadang disebut pospak, dispo bahkan cukup pampers aja meski yg dipakai bukan merk Pampers 😀

B gimana? B tetep pake clodi aka popok kain sih kecuali saat bobo malam. Kenapa ga sekalian pake pospak aja si Mas B? Selain alasan irit duit dan gak sanggup hati Jubaedah menyumbang tambahan sampah plastik; juga karena si anak besar ini pupnya sehari bisa 4x.

Anyway, jatah clodi/popok kain adeknya, aku pakaikan ke B supaya stoknya tambah banyak dan gak kehabisan dikala jemuran tak kunjung kering.

Emang bisa popok adek dipake ama mas? Ya bisa aja. Tinggal kancing setelan lingkar paha disesuaikan dan insert/isian popok ditambah 1 lagi. Ya karena badan B lebih besar toh dibanding M dan pipisnya juga lebih banyak.

Btw si M ini aku pakein pospak juga karena sakit punggung/tulang ekorku ini (atau kata dokter: SI JOINT) gak memungkinkan untuk per-2 jam nguber-nguber bayi untuk ganti popok kainnya. Klo B kan ganti popoknya sama simbak 😀

Jd sebagai emak realistis, dengan berusaha legowo, qu kan menjalani hari-hari berpospak ini 😀

B & kuwwe Bunda

Percakapan antara aku (36 thn) & B (2 thn +9 bln) kemaren pagi….. (napa emaknya kudu disebutin juga dah, brp umurnyahhh):

Aku: Hmmmm B, bikin kue yuk?
B: Mau kuwwe (emang dia melafalkannya gitu).
Aku: Oke. Bunda pinjem HP bentar dong, mau liat resep.

Padahal itu kan HP Bunda, napa Bunda yg minta pinjem yhaaa…

Aku: *nyalin resep dr HP ke selembar kertas*
B: Mau pinjem HP Bunnda!
Aku: Iya bentar masih Bunda pake.
B: Mau pinjem HP Bunnnnnnda! *sambil tangan ditengadahkan*
Aku: Iya bentar. Ntar gak selesai-selesai lho nyatet resepnya!

Untung aja yg namanya resep muffin kan pendek yah jd nyatetnya cepet. Lalu bangkit lah aku dr dudukku & mulai bikin kue.

B: Mau kuwwe!
Aku: Ya bentar. Ini masih dibikin.
B: Mau kuwwe!
Aku: Iya bentar Nak. Baru mulai ini…. *sambil ngaduk telor + gula*

Beberapa menit kemudian:
B: Mau kuwwe!
Aku: =________= 😒😒

Lalu Bunda pun ngaduk adonan basah plus kering sambil terus direcokin anak yg either laper atau udah ngebet berat pengen ngemil: “Mau kuwwe! Mau kuwwwweeeeeee!!”

Wow Bunda berasa chef ternama ak kitchen superstar, yg ditunggu penggemar….. Trs ngegendong Adek M (aku gendong pake ringsling) sambil nuang adonan ke loyang muffin.

B: Mau kuwwe!
M: aiaiaiaiaiaiaiaiaiaiaiaia! *berusaha meraih spatula*
B: Mau kuwwe!
M: aiaiaiaiaiaiaiaiaiaiaiaia! *berusaha meraih spatula*
B: *berusaha nyolek adonan kue pake tangan*
M: Aaaaaaaaaaaa!!*tangan masuk ke adonan kue*

Alhasil jemari Adek M belepotan adonan, haduh hebohnya. Lgsg dijilat sama Bunda. Eman soale, wkwkwkwkwk…..

Gak sampe 1/2 jam, kue mateng. Lgsg diserbu sama B padahal masih panas.

Aku: Masih panas lho….
B: MAU KUWWE!
Aku: Yo wes ini…. *suapin secuil yg udah anget*.
B: Hammmm…. *kemudian kabur ke pintu dapur lalu teriak* HMMM ENAQQQ KUWWE NYAAA!
Aku: Wkwkwkwkwk…. *ketawa bahagia*

Bolehlah jumawa tipis-tipis; Cuma dia doank yg ngomong gitu, soalnya. Aku kan gak begitu bakat di dunia perdapuran ya, bahkan Abi aja jarang suka apa-apa (kue/masakan) yg kubuat. Jd sesungguhnya, mendapatkan apresiasi berupa anakku mau makan buatanku bahkan sampe nagih-nagih dan bilang ENAQQQ, tentu kebahagiaan tersendiri.

Kemudian aku suapin kue sambil dia naik-naik kursi di kamar nenek buyutnya.

Nenek: Boleh minta kuenya?
B: Dak uyah! (gak usah)
Nenek: Hihihi….Sekek! (pelit)
Aku: Eh nenek boleh minta kuenya gak?
B: DAK UYAH!
Aku: wkwkwwkwkk….

Gak usah pake foto ya. Ntar pada minta! Kan B posesif ama kue buatanku 😀 Resep bisa dilihat di blog dapurku….

Balada raibnya krim anti ruam popok

Aku punya 2 krem buat obatin diaper rash aka ruam popok. Yg merk Mustela kutaroh di lantai 1– kondisi terkini: missing in action (MIA) alias tak tentu rimbanya.

Yg di lantai 2 merk Cussons– barusan ketemu setelah bbrp lama keselip. Bukan di selipan sofa sih ternyata ketemunya; tp di tempat penyimpanan barengan ama skincare-ku.

Kasiannya Adek M. Tempo hari sempet merah-merah ruam popok tp krn kedua krim diaper rash ku raib ntah dimana…. terpaksa aku olesin minyak tawon.

Ini adalah saran dr salah satu DSA (dokter spesialis anak) untuk mengobati ruam popok. Aku tanya pas jaman B bayi sih dan emang ampuh. Cocok lah si B ditotol minyak tawon. No complain from his side.

Lha kok ternyata di M nggak cocok!! Kerasa perih gitu kayaknya! Alhasil anaknya malah nuangis, hiks hiks. Kesiannya anakku.

Ya emg sembuh tp kan kasian klo pake acara perih dulu.

Anyway. Kenapa si krim yg Cussons ini dgn sengaja kusembunyikan di tempat yg aman? Lha bahkan saking amannya– aku sampe lupa narohnya dimana.

Gara-gara dulu sih aku taro di kotak yg isinya peralatan ganti popoknya anak-anak. Barengan ama tisu basah, kain alas, perlak mini dll.

Dasarnya anakku yg gede, si B ini ancene nglithis (tangannya suka menjamah barang yg bukan mainannya), suatu ketika doi tertangkap basah lagi mainan krim tsb!!

Untung ga dimakan atau kena mata. Sama dia cuma dioles ke wajah sampe belepotan sambil doi berseru: “Uuuhh hayuuuum!” (harum). Wkwkwkkw kocak bet. Nggak jadi dipelototin Bunda deh klo lucu begini 🙂

Rejeki pagi ini

Adalah Adek M (usia 10,5 bln) mau lama anteng di highchair bahkan setelah selesai sarapan:

Lalu kelar mandi, mau ditaroh di box:

Dan ketika bosen di box, mau main di apolo aka babywalker:

Bunda lagi gak bs terlalu banyak gendong atau bahkan gerak kejar sana sini ya Nak. Pinggang, pinggul, sampe tulang ekor lagi nyeri bangetttt!

Alhamdulillah, anaknya kooperatif.


Cerita singkat aja drpd nggak posting; karena gak terasa udah 8 hari berlalu sejak terakhir kali update di blog ini. Bhaiquelah….. Semoga teman-teman sehat selalu ya!

Tambahan:

Makasih tebak-tebakan buah manggisnya tp ehhhh bukan lg hamil kok akunya!

JJS Rabu

Kemaren sore mendung, tp tak menghalangi kami ber-4 untuk jalan-jalan sore aka JJS. Niat awal mau ke ATM doank sih; tp krn sudah keluar rumah ya sekalian puter-puter lah, asal gak terlalu jauh.

Awalnya mau ke ATM yg di minimarket. Aku udah kadung janjiin klo B boleh ikut turun ke ATM buat pencet-pencet. Tp Abi mikir praktisnya aja, drpd kisruh di ATM yg notabene berada dalam minimarket– mending dia aja yg turun. Kami bertiga nunggu di parkiran Indoapril (nama disamarkan).

Ok lah, asal gak lupa beliin Bunda permen Woods ya krn tenggorokanku gatel-gatel amat.

Trs B pastinya rewel donk ditinggal Abi turun! Yo akhirnya becanda ketawa-ketiwi juga sih ama Bunda, ngebahas si domar:

Bunda: B, liat itu apa (di pintu masuk). Itu namanya si domar. Bukan upin ipin.
B: Itu namanya upin ipin…. *sambil nyengir lebar*
Bunda: Ah masak sih? Itu si domar, logonya Indoapril!
B: Itu namanya upin ipin!
Bunda: Oooh oke…. #terserah #ygpentinganteng Upin ipin mau minum apa?
B: yuyu (susu).

Kalo ditanyain susu apa, ntr jawabnya yuyu ultra mimi rasa tobeli, wkwkwkwk…..

Lanjoooot…. Kita beranjak menuju Kenjeran untuk liat KODOK alias patung kodok di pinggir perempatan jalan Kenjeran, deket area masuk Kenjeran Park. Udah liat kodok sampe puter balik (iye ini gak pake berhenti– sembari mobil jalan aja), kami meluncur ke…. pulang, wkwkkw…. ngono thok ta Bi? So sour alias kecutttt!

Mengarah pulang lewat jalan MERR means lewat Kampus C Unair. Nah mulai lah disini terjadi percikan kecil berupa B pengen liat bebek di Danau Angsa Unair. Krn kasian liat anak melas lagi sakit & pengen liat bebek, sama Abi diiyain ajalah ke Unair setelah luama sekali gak pernah kesana. Terakhir pas M newborn.

B senang sekali aka excited mau liat bibek, wkwkkw…. anaknya udah bener bilang bebek lha kok seperti biasa Bundanya suka main plesetan: Bebek jadi bibek.

Turunlah bapak dan anak sulungnya untuk duduk-duduk liat bebek (atau angsa sih??) dari pinggir danau. Bunda sama M ya di mobil aja.

Lumayan 20 menitan mereka turunnya. Dan seperti biasa, B nanges meronta-ronta gak mau pulang. Ditaroh paksa ke carseat, seatbelt diceklek dalam kondisi air mata berlinangan, hadeuhhh…. akhirnya lumayan anteng krn dijanjiin mo beli ice the gun alias es degan.

Lha kok bakul es degan’e wes tutup. Yaeyyalah namanya juga udah sore.

Melipirlah ke bakul bakso krn disana jual es degan toh (plus kacang ijo, es teler dan aneka jus). Pas ditawarin sama Abi: Bunda mau jus apa, eh Bundanya request bakso, wkkwwkwk…. Laper agaknya.

B ikut turun sama Abi pastinya. M ya mainan sama Bunda di mobil. Daritadi tiap berhenti, M mau duduk di carseat tp klo bosen ya sebentar minta pangku Bunda.

Btw cerita ttg anak loro– carseat karo (baca: anak 2, keduanya di carseat) ini enaknya dibikinkan postingan sendiri aja walo ntah kapan. Memang sejak B awal bercarseat ketika bayi, cerita bercarseat ini selalu menarik untuk ditulis.

Kembali ke rombong bakso.

Untungnya mengajak B pulang dr bakul bakso, ga pake drama. Ya iyaaaa…. soale kan dia juga tak sabar pengen nyampe rumah untuk minum ice the gun nya 😀

Yasudah lalu pulanglah kami semua. Nyampe rumah udah gelap…. udah Maghrib aje, udah petheng dedhet klo kata B, hehehe….