Dekmas sekolah tahun ini?

Lain anak, lain cerita. Itu bener banget. Jangankan sama anak tetangga atau anak saudara, yg sama-sama anak kandung kita aja nih ya…. Bisa beda modelannya.

Contoh, Dekmas (my secondborn) dan MasB (my firstborn). Waktu MasB usia 4 tahunan, aku gak ada rencana untuk masukin dia ke PG (playgroup) aka KB (kelompok bermain). Dalam pikiranku: langsung TKA aja (TK nol kecil).

Banyak lah yg mendasari keputusanku untuk skip PG bagi MasB. Dan tentu pemikiran yg berbeda mendasari keputusanku untuk memasukkan Dekmas ke PG, di tahun ajaran 2022-2023. Sebelum akhirnya dia memasuki jenjang TK di tahun ajaran berikutnya.

Kebutuhan dan karakter Dekmas, membuatku terpaksa memasukkan dia ke PG. Ini long story, lah.

Gampangannya sih, masukin aja Dekmas ke yayasan sekolah yg sama dengan MasB sekarang bersekolah TK. Tp sayangnya jadwal kepulangan anak PG dan TK berbeda. Ada selisih 30-90 menit, tergantung model PTM-nya.

Pre-Covid era, selisihnya 90 menit. Tp pas pandemi begini, kondisi PTM 100%, selisihnya 30 menit.

Seandainya cari parkir di sekolah MasB gampang sih, tinggal asik aja Bapaknya yg bagian anjem (antar jemput), untuk parkir dulu lalu jemput Dekmas di pintu trs mereka nunggu jam kepulangan MasB sambil leha-leha di gazebo sekolah atau masjid. Atau di mobil.

Lha masalahnya nyari parkirnya ini gak bisa. Gak ada spot. Dan perkara parkir atau nggak, ini rumit. Saking rumitnya, aku gak bs jelasin di blog.

Solusinya? Ada sih. Masukkan ke PG di yayasan lain aja dulu, yg dekaaaat dgn rumah. Jd urusan antar jemput, gak lagi jd masalah.

Walo tetep masalah deng, ahahaha. Krn di yayasan satunya lg yg deket rumah ini, usia Dekmas masuknya ke TKA. Udah lewat usia PG. Padahal aku maunya dia start di PG. Krn aku maunya dia masuk SD nanti di usia 7,5 tahun.

Jd klo Dekmas tahun ajaran 2022-2023 ini mulai sekolah di yayasan yg sama dengan MasB, dia masuk PG-B.

Klo dia kumasukkan ke yayasan lain yg deket rumah (asli deket banget), dia masuknya terpaksa TKA.

Ya gpp lah TKA nya nanti bisa ngulang, jd totalnya tetep sekolah 3 tahun sebelum masuk SD. Taaaaapiii…. TKA ini kan masuknya setiap hari yaa. Sementara PG itu sepekan 3x.

Secara fisik dan mental, apa Dekmas yg nanti di tahun ajaran baru akan berusia 4,5 tahun, suda siyap sekolah tiap hari? @ Durasi 3,5 jam lho. Aku kok kasian.

Jd solusinya apa? Setelah dipikir lg, ya let it flow aja. Terserah doi sebagai yg menjalani. Klo dia mau sekolah tiap hari, ya berangkaaaat. Klo pas nggak mau atau enggan, yawda gaosah sekolah. Skip aja, emang napa…

Kunciannya kan di emak yg tida bowle ambisiyes ya sama anak, ahahaha. Rumit ughak ea masalah sekolah anak nih. Tp gpp lah, klo gak rumit ya gak seru. Yg penting rejekinya ada dan ngalirrrr lancar buat urusan sekolah dan asthma-tits nya (baca: tetek bengek).

Aamiin….!!

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s