Resep: pasta panggang ekstra sayur

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Ini gara-gara liat Chef Willgoz bikin pasta panggang (Baked Pasta Rigatoni), aku jd puengen juga. Ada stok jamur champignon banyak pula.

Tapi ternyata bawang bombayku habis jd yaudahlah bikin pasta panggang laen aja yg gak butuh bombay.

Foto diatas itu versi yg nggak dipanggang. Loyangku gak muat nampung semua pasta saus kejunya jd yg gak keangkut masuk oven, bisa langsung dimakan aja.

Bedanya dgn yg dipanggang? Yg dipanggang kan ditaburi keju cheddar mozarella. Udah gt doang bedanya.

Aku bikin pasta panggang dengan saus keju, resep asli dari blog Cerita Mami Kenzie.

RESEP SAUS KEJU

Bahan:

1. 2 sdm mentega atau margarin
2. 2 sdm tepung terigu serbaguna
3. 500 ml susu cair putih
4. 200 gr keju cheddar parut
5. 1/2 sdt merica
6. 1 sdt garam
7. 1 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat:

1. Panaskan panci, masukkan mentega atau margarin. Tunggu hingga desisannya menghilang dan kemudian kecilkan api
2. Masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga rata. Hati-hati jangan sampai gosong
3. Masukkan susu, aduk-aduk di atas api kecil hingga larut
4. Masukkan keju parut, aduk rata, tambahkan merica sesuai selera
5. Aduk terus hingga saus mengental. Matikan api, dinginkan sebentar, masukkan dalam wadah tertutup dan simpan dalam lemari es. bertahan sampai 1 minggu.


Trs cara bikin pasta panggangnya gimana yg ekstra sayur?

PASTA PANGGANG EKSTRA SAYUR

Bahan:
1. Saus keju seperti tsb diatas.
2. Pasta jenis penne, makaroni atau fusilli. Sekitar 350 gr. Aku ngerebus fusilli kemasan kotak 225 gr, 2 kotak– tapi gak kepake semua.
3. Jagung 1, disisir.
4. Paprika 1, potong memanjang.
5. 1 bonggol selada keriting atau bayam atau sayur model berdaun gitulah. Iris daun tanpa bonggol
6. Jamur champignon 20 buah.
7. Bawang putih 5, geprek dan cacah sehalus mungkin.
8. Garam 1 sdt.
9. Italian seasoning atau oregano 1 sdm.
10. Keju mozarella sekitar 150 gr.

Cara membuat:
Setelah selesai membuat saus keju dan memotong semua sayuran, panaskan oven di suhu 200 dercel sebelum lanjut ke step dibawah ini.

1. Rebus pasta tapi gak usah sampe mateng. Agak keras juga gpp, ntr kan dipanggang lagi.
2. Tumis bawang putih dgn minyak goreng secukupnya. Jika sudah harum, masukkan jamur yg sudah diiris tipis.
3. Saat jamur mulai layu, masukkan selada.
4. Selada mulai layu dan mengempes (apasih bahasanya hahaha), masukkan paprika dan jagung. Tumis santai, gak usah sampe empuk banget paprikanya, nanti kan dioven lagi. Terutama klo kalian suka dengan paprika yg masih kriyes-kriyes saat dimakan.
5. Taburi garam dan Italian seasoning atau oregano.

6. Masukkan sayur-mayur plus jamur, kedalam panci yg berisi saus keju. Nyalakan kompor, aduk dan icipi. Tambahkan garam, agak asin sedikit gak papa karena nanti kan pastanya masuk.
7. Masukkan pasta secukupnya saus. Gak mutlak harus 350 gr juga sih, ya pokoknya balance aja. Aduk rata. Cicipi lagi, apa kurang asin.
8. Olesi loyang dengan minyak goreng. Aku pake loyang bulat, diameter sekitar 22 cm dengan tinggi 5 cm.
9. Tuang pasta diatas ke dalam loyang, lalu taburi permukaan dengan keju
10. Panggang di suhu 200 dercel selama 20-30 menit sampai keju leleh.
11. Keluarkan dari oven jika sudah dirasa cukup leleh, bisa ditorch lagi permukaan keju supaya kecoklatan. Aku gak punya torch sih.

Demikian baking hari ini! Alhamdulillah.

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s