Kamu pengen anakmu jadi gimana?

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Hari ini kembali diingatkan lewat tausyiah salah satu ustadz: Kamu pengen anakmu jadi apa? Klo berdoa jangan nanggung.

Aku pun jd mikir lagi nih sebelum tidur: aku pengen anakku jadi apa ya? Dan sudah siapkah aku sebagai orang tua, mendidik dan mendampingi mereka untuk bisa menjadi seperti apa yg aku harapkan? Dan yg terutama: untuk mereka bisa menjadi apa yg mereka cita-citakan?

Sebenernya dr segi akademis, aku basically bukan yg tipikan high achiever tiger mom. Sama sekali bukan. Yah masuk 10 besar aja udah cukup lah buatku. Itupun klo mereka bersekolah di tempat yg menerapkan sistem ranking.

Dan awalnya aku mikir: yg penting anak-anakku soleh-solehah, happy menjalani kehidupan bersekolah. Meski tentu hidup isinya ya gak happy selalu (kita realistis ajalah krn emang kenyataannya kan gitu). Ya intinya anak-anakku bisa physically AND mentally survive their school years and beyond– yg mayoritas isinya ya kebahagiaan (tetteuppp emaknya doain yg happy-happy😉).

Anywayyyy… bagiku: Nilai itu nomer 2. Yg nomer 1 bisa jujur dan berusaha dalam meraih (nilai) yg terbaik yg mereka bisa.

Tapi setelah mendengar pesan bahwa klo berdoa jangan nanggung, meski akhirnya gak kesampean; aku kan jadi mikir lagi. Apakah doa dan harapanku kurang tinggi ya buat anak-anakku?

Apakah aku harusnya berdoa semoga anakku ranking 3 besar terus, gitu? Eh maksudnya juara 1 terus….. Atau gimana sih?

Aku sadar kok bahwa untuk menjadi orang kaya tuh gak kudu modal prestasi gemilang ranking 1 terus selama 12 tahun bersekolah. Dan iya, aku pengennya punya anak-anak sholeh-sholehah yg kaya raya.

Kenapa kaya raya? Ya sederhana aja: orang kan makin banyak duitnya, zakatnya makin besar. Dan mestinya infak sedekahnya juga makin gede dong? Ya gak?

Mau sedekah dan infak gak pake mikir 3x. Bral brul bral brul, enteng weh ngeluarin duit.

Meski sedekah dan infak emg sama sekali gak harus nunggu kaya…. tp sekali lagi, ini mestinyaaaa: makin kaya ya makin banyak dong ngasihnya?

Ini tulisan makin melantur kemana-mana ntar. Ah ya udah kita tutup dengan menulis ulang poin penting sebagai kesimpulan:

Aku pengen punya anak sholeh-sholehah yg memuliakan orang tuanya. Anak yg cerdas bijaksana (bijaksana ini penting!). Sehat. Kaya raya supaya makin banyak zakat, sedekah, infak dan wakafnya.

Bisa bangun masjid & musholla dimana-manaaaaa deh pokoknya!

Trs selama bersekolah, menjalani proses belajar dengan jujur dan bahagia.

Aamiin ya Rabb.

2 thoughts on “Kamu pengen anakmu jadi gimana?

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s