Gak sempurna, gak papa

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh.

Klo kalian udah cukup umur dan hopefully cukup banyak pengalaman yg mendewasakan, tentu lama-lama ya sadar juga bahwa: HIDUP KITA MASING-MASING INI GAK SEMPURNA. Dan gak papa.

Banyak idealisme yg beredar diluar sana, harus begini begitu. Banyak sosok yg berusaha mengejar keideal’an itu, lupa bahwa mencoba untuk ideal itu boleh dan bahkan mungkin wajib tp manusia itu bukan tempatnya kesempurnaan.

Baiknya aku tuliskan dulu bahwa ini bukan mau ngomongin soal ibadah doang lho ya.

Kembali ke perihal checklist yg harus dicentang untuk bisa merasa ideal: meniatkan untuk menjadi yg terbaik dimata Alloh, niat untuk jadi yg baik dimata manusia (diri sendiri kan termasuk manusia).

Itu semua gak papa. Tp ingatlah bahwa hidup ini harus bisa fleksibel. Ada 26 abjad, dari A sampai Z. Jadi klo Plan A nya gagal, ya no worries. Dan ada baiknya mempersiapkan Plan B dan C atau seenggaknya: menyiapkan mental bahwa it’s okay to be fail in your Plan A– nah sekarang Plan B nya mau ngapain nih?

Fleksibel lah. Fleksibel lah wahai anak manusia. Krn manusia boleh berencana tapi Alloh juga kok yg menentukan. Dan gak semua orang ditakdirkan untuk ngelakoni Plan A. Selama Plan B sampai Z itu tetap diusahakan berada dalam koridor yg Alloh ridhoi, ya udah jalankan.

Fleksibel dan satu hal lagi: SADAR bahwa manusia lain di sekeliling anda itu jumlahnya ada buanyak. Mulai dr Ring 1 (pasangan, anak, ortu, mertua) sampai Ring 2 dst.

Klo mau ngejar spy hidup ini disenangi sesama manusia, meski itu cm segelintir dari Ring 1– yg ada hanyalah CAPEK.

Kejar hidup ini supaya Alloh ridho. Hablum minalloh dulu yg diberesin. Nanti hablum minannas (hubungan dgn sesama manusia), DIA yg akan perbaiki. Itu udah janjiNYA, jd percaya aja.

“Tapi gimana klo ada orang yg sholatnya 5 waktu di masjid terus– eh sama ortu dan temannya kok jahat?” Ya brati ibadahnya blm sampe diperbaiki ke kualitas. Ibadahnya blm ikhlas, blm krn Alloh. Dan ya masih kudu diperbaiki lagi hablum minalloh nya.

“Lha tapi klo orang itu baik sama sesama, namun dia atheis? Dia gak percaya Alloh dan membenci Rasulnya?” Nah ini aku agak sulit jawabnya. Hahaha. Mungkin ada yg bisa bantu jawab?

2 thoughts on “Gak sempurna, gak papa

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s