Istirahatlah

Kemaren itu, Selasa, ya biasalah mak-emak tanpa ART, kan kebanyakan urusan. Tp sejak malamnya (malam Selasa) kok badanku pegel-pegel buwanget.

Selasa pagi udah enakan tp siangnya krn udah cape seharian beraktivitas, ya capek lagi. Capek yg tidak biasanya, terutama di bagian punggung.

Siang bolong udah niat mo leduk-leduk (baringan). Eeeh sama Abi disuruh ngurusin carseat yg tengah terdampar di ruang tamu. Disuruh mindah kesana kemari. Plus bocah rewel minta gendong. Hadehhhh merepetlah mulut istri ini kan. Aku bilang ke dia: “Nanti ta’ beresin. Sekarang aku mau istirahat!”

Dan yo memang tetep ta’ tinggal baringan sih. Lha wong memang pegelnya punggungku itu lebih-lebih dari biasanya! Aku beneran kuatir. Mau maksain bangkit dan beraktivitas pun gak bisa. Selain pegel warbyazaque, juga klo dipaksain ya bawaannya mo kerjain ini itu sambil nyolot krn badan sangat tidak nyaman.

Gak sampe 30 menit kok aku istirahat, santai-santai. Menyamankan punggung, kayaknya cuma 15 menit doang deh. Begitu badan terasa lebih enak, aku coba bangun. Eh udah gak pegel… punggung udah gak sakit?

Alhamdulillah…. plus bonus Mas B juga ketiduran. Dia sekarang jarang bobo siang; jd sekalinya dia bobo– aku merasa sangat senang & bersyukur krn berkurang sejenak satu keramaian di rumah, hahaha. Ngerjakan urusan rumah tangga bisa lebih cepet kelar krn tanpa interupsi bocah.

Yowes krn badan udah enakan, dan kulihat Adek M juga tengah asik mainan HP Abi, akhirnya aku angkatlah 2 carseat ke mobil. Masang, nyetel. Damai tanpa gangguan bocah. Mau lanjut nyuci galon sesuai rencana kemaren itu tp akhirnya gak jadi.

Begitu beres dgn 2 carseat yg telah terpasang di mobil, aku laporan dgn bangga ke Abi. Aku bilang ke dia, pokoknya asal gak kemrungsung, gak nggupuhi, aku dikasi kesempatan istirahat dulu sebentar sampai badan enakan, insyalloh beres kok urusan. Mbok koen opo ae yo kelakon.

Tapi ya gitu. Klo badan lg gak enak, jangan dipaksain. Nanti recoverynya bisa jadi akan makin lama klo nunggu makin ambruk– baru istirahat. Lha kayak kemaren, alhamdulillah cm istirahat 15 menit doang, udah dikasih fit lg sama Alloh.

Dan kerja dalam kondisi fit kan enak. Gak pake sambat, gak pake ngomel. Bisa lebih ridho ngejalaninnya.

So, gitu ya wahai emak-emak, bapak-bapak dan anak-anaknya juga yg mungkin membaca tulisan ini.

Poin pentingnya adalah: ISTIRAHATLAH. Berikan kesempatan bagi dirimu, bagi mereka untuk rehat di siang hari , walau cuma 20-30 menit. Mengertilah bahwa jiwa dan ragamu, jiwa dan raga mereka, semua punya haknya untuk diistirahatkan sejenak. Ini rumah tangga! Bukan modern-day-slavery!

4 thoughts on “Istirahatlah

  1. Bener mbak! Istirahat puenting banget. Saya ada penyakit lambung (gerd), gampang banget capek. Cuma kadang kalo lagi ada orang yg pegang anak2, kebablasen istirahatnya. Mosok tidur siang sampe 1 jam. Antara balas dendam dan aji mumpung. Hehehe

    Like

    1. Wah klo cuma sejam mah wajar atuh mbak. Yg gak wajar klo sampe 3 jam, wkwkkw. Nikmatilah mbak, selagi ada kesempatan itu. Tidur siang sejam itu jelas gak bisa terjadi saben hari lhooo di kita2…

      Like

  2. Bener bangeeeet itu kalo aku mulai gampang naik darah pas di rumah atau di kantor biasanya butuh istirahat sebentaaaar doang. Istirahat means beneran tutup mata tiduran sejenak ya, bukan sambil liat liat hape baca wa dsb atau sambil baca buku , karena kadang emang perlu gak ngapangapain nggak mikir apa apa nggak ngomong apa apa nggak denger apa apa. Ya tidur sebenernya obatnya hahahahha dan emang cuma 15-30 menit maksimal. Power nap bukan sih gitu namanya

    Like

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s