List Barang untuk Melahirkan di RS

Disclaimer: Postingan ini ditulis awalnya sebagai masukan untuk bestfriendku yg tempo hari abis melahirkan. Dan hanya berdasar pengalaman pribadiku yg baru 2x melahirkan (anak pertama di RSIA YPK Mandiri Jakarta dan anak kedua di RSIA Lombok 22 Jalan Flores– Surabaya).

Silahkan disesuaikan dgn kondisi masing-masing krn setiap momen melahirkan (bahkan dr ibu yg sama) pasti berbeda.

Baca juga: List Kebutuhan Bayi ala Ndutyke (link). Ini tulisan tahun 2016. Mungkin one day akan diupdate.

Okelah….. mari kita cek daftarnya!

KEPERLUAN IBU:

◦ Bantal atau guling ekstra spy nyaman tidurnya. Krn di RS cm sedia 1 bantal perpasien. Kenyamanan ibu melahirkan dan menyusui juga kudu prioritas ya! Jangan cuma merhatiin babynya aja. Tolong keluarga mengondisikan demikian. Krn klo ibu nyaman, senang, itu faktor yg memperlancar ASI. ASI lancar— Anakpun kenyang. Tp bukan berati jika memilih sufor lantas ibunya jd gak diperhatikan kenyamanannya lho ya.

◦ Jilbab panjang (jika berjilbab). Atau jilbab yg pake lengan.

◦ Daster restleting depan, yg restletingnya panjang sampe perut. 3-4 pcs. Dasternya lengan pendek aja gpp. Kalo ada tamu, bs pake jilbab lengan.

◦ Pembalut yg panjang. Nggak usah yg khusus nifas, gpp.

◦ Di RS, apalagi RSIA yg khusus bersalin, biasanya ibu melahirkan dipinjami baju RS yg modelnya kimono dgn tali depan. Model kimono ini memudahkan untuk dipakaikan ke pasien yg tangannya ada infus. TAPI biasanya size-nya allsize ya. Jd buat yg beratnya 70 keatas, pasti nggak nyaman karena kekecilan. Klo ada budget lebih, coba beli aja yg size besar. Atau jahit aja untuk koleksi pribadi (sekalian yg gede dan agak panjang sebetis supaya nyaman), pake kain bahan katun. 3-4 pcs gitu krn perhari butuh at least 2. Kan bisa dipakai di rumah juga. Nggak hanya saat di RS aja. Dan selama pake infus, biasanya juga pake kateter untuk pipisnya. Jadi nggak usah jahit atau beli kimono yg ada celananya. Toh klo udah lepas infus, barengan sama lepas kateter, kita bisa pake daster biasa.

◦ Baju dalam (bra dan celana dalam). Selama pake kateter, ibu gak pake celana dalam ya. Jd siapkanlah mentalmu. Trs bra dipakai pas perjalanan pulang dr RS ke rumah aja. Di RS nggak usah. Ribet pas belajar menyusui.

◦ Klo melahirkan vaginal delivery, butuh energi lebih banyak. Kudu nyetok cemilan dan makanan selagi nunggu bukaan komplet. Krn makin nambah bukaannya, udah makin gak napsu makan. Jd selagi masih ada napsu makan, makanlah bu, nabung energi.

◦ Setelah melahirkan, siapkan stok air minum yg banyak yaa. Gpp bolak-balik pipis, apalagi klo masih pake kateter. Losss aja bebaskan, wkwkwk. Nanti pas kateter udah lepas, bolak-balik jalan ke kamar mandi untuk pipis, itu juga membantu kondisi kita cepat pulih lho. Apalagi yg lahiran csection (caesarean delivery), kudu dilatih jalan sejak pas masih di RS lho.

◦ Toilettries, shower cap, hairdryer dll keperluan mandi dan keramas ibu.

Oke sekarang menuju pembahasan ASI.

◦ Bantal menyusui. Rekomendasiku adalah yg merk Cuddle Me. I highly reccomending using bantal menyusui bagi yg melahirkan firstborn atau anak pertama. Krn belajar posisi menyusui itu bisa sedikit tricky dan keberadaan bantal menyusui sangatlah membantu.

◦ Pompa ASI manual (non listrik). Rekomendasiku: Philips Advent atau Medela Harmony. Ini dibeli sebelum melahirkan lalu dicuci- disteril dan sediakan wadah (semacam tupperware) untuk penyimpanan ya. Lalu dibawa ke RS. Jaga2, siapa tau baby butuh disinar, nanti kan dikasih minum ASIP (ASI perah). Ya kita merah sendiri atau pake donor ASIP. Bisa sih klo mau belajar merah pake tangan tp baiknya di RS pake pompa aja krn baru banget melahirkan toh.

◦ Botol susu bayi 2 pcs. Rekomendasiku: Pigeon Peristaltic yg WIDE yah. Pompa dan botol susu, klo aku dulu sih bisa minta tolong suster untuk mencucikan dan mensteril.

◦ Nah ASI setelah diperah, sebelum dimasukkan ke botol susu kan disimpan dulu di wadah terpisah dan ditaroh kulkas. Wadahnya bisa botol kaca khusus ASI (bawa dari rumah dalam kondisi bersih & steril) atau pakai plastik untuk kantong ASI (rekomendasiku merk Gabag, beli aja yg kecil— 100 mL). Plastik ASI ini sdh dalam kondisi siap pakai ya.

◦ Untuk tata cara penyimpanan ASIPerah di rumah , bisa digoogling sendiri yo. Oiya klo ASIP hasil perahan di RS masih sisa, kita bawa pulangnya pake coolerbag; dan es khusus buat di coolerbag (aku pake merk Gabag).

◦ Spidol buat ngasih label di plastik ASIP.

KEPERLUAN BAYI

◦ Selama di RS, biasanya sih urusan popok (& memandikan bayi) itu menjadi tanggungan pihak RS. Ntah itu mereka memakaikan popok kain (pihak RS juga yg nyuci) atau popok sekali pakai (disingkat pospak atau istilahnya: pampers).

◦ Baju dan bedong juga dipinjamkan dari pihak RS. Tapi baiknya ditanyakan ke RS tempat rencana melahirkan, apa-apa saja yg perlu kita siapkan sendiri.

◦ Kita siapkan aja stok pribadi: baju, bedong, topi dan kaos kaki untuk perjalanan pulang ke rumah. Siapkan 2 stel (minimal).

◦ Untuk saat membawa pulang bayi, siapkan popoknya juga 3-4 pcs ya. Krn newborn sering poop.

8 thoughts on “List Barang untuk Melahirkan di RS

    1. Yeppp. Diaper atau ada forum mak-emak nyebutnya dispo (disposable diaper). Disini pampers koyoke wes gak cm jd merk tp sudah jd noun (nama benda). Macam ‘beli softex merk charm’ atau ‘buk aku tuku rinso, merk opo sing diskon? attack yo?’. Gitu2 deh, ngeh nggak? Wkkwkw

      Like

  1. Masalah pembalut bersalin bener banget mbak. Aku udah bawa ygn khusus kan, akhirnya beli pembalut biasa edisi malem juga yang bersayap. Karena pembalut nifas yang aku beli nggak bersayap, panjang banget dan tebel. Bikin nggak nyaman, wkwkwk

    Like

  2. pompa asi penting banget… waktu lahiran jayden aku ga bawa pompa karena kayaknya keluarnya ga banyak, dan jayden juga nyedotnya langsung cepet, jadi ngandelin nyusu langsung terus…

    sementara pas lahiran emily… anaknya disinar karena kuning, lalu nyedot juga ga jago2 amat, sementara kayaknya produksi aku lebih banyak dibanding jayden dulu, jadinya kan rembes melulu, akhirnya dipompa deh… dan aku ga bawa pompa asi karena pikir mau nyusuin langsung kayak jayden dulu… ternyata aku uda lupa gimana caranya nyusuin newborn hahahaha… jadinya sewa pompa asi dari rumah sakit yang harganya lumayan banget hahahaha…

    Like

  3. Pembalut nifas.. Emang yg penting yg nyaman. Pembalut biasapun oke. Chan dulu pake hers protex yg tebel itu sih. Abisnya enak nyaman. Rasanya empuk aja daripada yg tipis.

    Padahal sekarang kalo haid gak pake pembalut haha

    Like

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s