Selamat Lebaran Haji: cerita Sholat Ied 2 tahun terakhir

Hai Kisanaque….

Met Lebaran Haji. Iya iya ini udah lewat bbrp hari sejak Sholat Ied. Tapi semoga nggak basi lah ceritanya. Apalagi mo nyeritain juga Sholat Iedul Adha taon kemaren, wkwk. Kurang basi apalagi, coba.

Anyway…. udah bulan Dzulhijjah ajah. Padahal hutang puasa Ramadhan kemaren aja blm berkurang 1-pun. Hiks….

Lebaran Haji tahun ini, beda dgn tahun lalu. Kita simaque cerita dr yg tahun lalu ya sekalian kenang-kenangan yg basi. Jd tanpa smakin kepanjangan preambule, cekidotzzzz!

Sholat Iedul Adha 2018

Aku pergi cm bertiga ama Abi dan Adek M. Mas B ditinggal di rumah. Ntahlah waktu itu perginya pamit apa nggak (kayaknya sih nggak, krn pasti doi nangis krn ditinggal). Tp udah dijanjiin klo sepulang dr sholat Ied, dia bakalan diajak pergi jalan-jalan (ya paling ke Supermarket doang siy).

Pas di Masjid Manarul Ilmi ITS Surabaya, aku naroh Adek M di stroller dan aku sholat di sebelahnya. Plan awalnya seperchi ichiuwww….. Ya seperti biasa, aku membiasakan membriefing anak-anakku: abis ini mau kemana, ngapain, dan kalian nanti kudu bersikap seperti apa.

Tapi manusia boleh berencana, Tuhan juga yg menentukan. Netyjen Ytj (yang terjulyd) tinggal komentar.

Begitu mulai sholat, Adek M mulai gelisah. Makin lama makin rewel. Lalu nangis. Hingga akhirnya pas baru masuk rokaat kedua, aku membatalkan sholatku dan menggendong si anak bayek yg waktu itu baru berusia skitar 6 bulan.

Alhamdulillah mbak sebelahku manis banget. Setelah selesai sholat, dia ngajak ngomong Adek M. Trs aku tanyain, si mbak kuliah dimana (ya di Kampus ITS lah– guah juga nanyanya aneh. Ini pan masjid kampus), dulu SMAnya dimana. Oooh ternyata eks SMAN 8 Jakarta, wuihhh pwinter dong. Udah pinter, cantik, baik lagi.

Kelar sholat, pas mau ke mobil, aku papasan ama saudaraku, trs beliau ngajakin foto dulu. Trs kami heboh krn ternyata namanya Adek M itu sama kayak nama cucunya sodaraku itu. Usia jg selisih sedikit.

Pas nyampe mobil, Abi bilang klo abis ini mo ngedrop aku di rumah dan lgsg mo ke rumah Ibu (mertuaku). Krn mereka dadakan mau keluar kota. Yaudah, aku cm diturunin di pagar, Mas B menyambut dgn sukacita di teras, tp bapaknya lgsg werrrr…. meluncur pergi naik mobil dgn tergesa.

Meledak lah tangisan anakku yg besar 😦 Bunda juga jd miris dan sedih banget, Nak. Maaf ya.

Udah gitu aja pengalaman sholat Iedul Adha tahun lalu. Pokoknya mah 2x Sholat Ied tahun kemaren itu, ceritanya kurang mengenakkan lah. Ya jadi pelajaran berharga. Tp tetep lmyn traumatis klo diinget lagi.

Sholat Iedul Adha 2019

Tahun ini Mas B udah mulai diajak sholat Ied. Diawali dgn Iedul Fitri yg dia duduk di shaf lelaki bersama Abi dan Adekku. Aku nggak ikutan sholat krn bingung gimana cara sholat sambil ngegendong M. Krn ditaroh di stroller nanti mewek.

Nah pas bbrp hari sebelum sholat Iedul Adha minggu lalu, aku udah ngebriefing anak-anakku.

Mas B: nanti duduk sama Bunda, Mamahku & siMbak di rumah. Duduk di shaf perempuan dan boleh pegang iPad (ini gadget andalan buat ngerayu yg keluar blm tentu sebulan sekali, wkwk). Abi duduk di depan.

Adek M: nanti duduk di stroller ya, boleh pegang HP Bunda.

Pas mo berangkat, B sempet ngeyel klo siMbak nggak boleh ikut. Krn dia tau, itu artinya dia nggak duduk sama Abi– tapi sama kami yg perempuan. Tp akhirnya siMbak dibolehin ikut juga sih dan di mobilnya harus duduk depan ama dia. Errr ok deh. Rapmaklum ya, namanya balita emg kadang kurjel (kurang jelas).

Di Masjid alhamdulillah kedua anakku ga ada yg protes ditinggal bapaknya ke shaf para lelaki. Adek M bahagia amat dikasih iPad, wkwkwk. Anteng di stroller. Mas B cm liat video bentar di samping adeknya. Sisanya sibuk mengamati sekitarnya lg apa. iPadnya ama dia ditaroh di tas (pas Adek M gantian megang HP).

Akhirnya pas rokaat kedua, Mas B ikutan sholat juga. Ya sholat ala-ala anak usia 3,5 tahun gitulah, alhamdulillah.

Kelar sholat lgsg minta siMbak anterin dia liat kolam ikan koi di belakang tempat wudhu. siMbak padahal baru pertama kali ke Manarul Ilmi dan gak tau dmn tempatnya.

Akhirnya dikasih tau ama Mas B. Ciyeeeeh Mas B udah gede ajah, udah bisa ngasih petunjuk jalan menuju cahaya kebenaran. Semoga kamu gedenya gak kayak Bundamu yg so lame when it comes to give direction, krn suka keliru ngasih petunjuk kanan dan kiri. Zzzz…..

Adek M gak lama kemudian pun ribut pengen menyusul Masnya. Yaudah lalu kami berempat akhirnya liat ikan sebentar trs lanjut masuk ke masjid. Wow berasa anak sultan yg punya masjid, yes? Krn orang laen diluar masjid, cm kami berempat yg di dalam masjid, wkwkwk.

Trs kelar khotbah, yowes kumpul di mobil dan pulang deh. Alhamdulillah 🙂


Ya sud Kisanaque. Gitu aja ceritanya.

Advertisements

7 Replies to “Selamat Lebaran Haji: cerita Sholat Ied 2 tahun terakhir”

Leave a Reply to Frany Fatmaningrum Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s