Manajemen gawai ala pencandu internet

Tuliskan apa yang Bunda ketahui tentang Manajemen Gawai dan ceritakan bagaimana manajemen gawai a la Bunda selama ini?

Ini topik sensitif buatku yg merupakan pencandu internet. Dicek terakhir (kemaren), aku tercatat menghabiskan waktu sampai 7 jam perhari didepan HP.

Dan HPku kan terkoneksi ke internet dong ya. Krn klo nggak ada wifi atau kuota mah, 90% kemungkinan HPnya bakalan dicuekin olehku. 😁

Manajemen Gawai (gawai = gadget). Hmmm apa pulak itu? Hal yg asing bagiku.

Intinya sih adalah bagaimana caranya supaya kita bisa mengatur waktu dengan baik dalam menggunakan gadget. Bukan kebalikannya: kita yg diatur atau disetir oleh kegilaan bergadget gadget.

Sehingga gadget aka smartphone ini bisa membuat kita menjadi lebih smart. Smart dalam hal durasi penggunaannya juga untuk apa penggunaannya.

Sebelum yg baca bosan dgn gaya tulisanku yg mendadak serius (monmaab pemirsa, anaknya lagi bikin PR), udahlah kita langsung baca aja tips-tips manajemen gawai ala pencandu internet yg ingin sembuh seperti diriku ini.

    Yang pertama. Sadarilah bahwa kamu sedang dalam posisi kencanduan internet. In my case: aku sadar. Sadarnya sih sadar, tp blm bisa merehabilitasi diriku.
    Kedua. Beritahu orang terdekat (misal: Suami) bahwa aku ini dalam kondisi kecanduan internet dan ingin sembuh. Dukungan mereka sangat berarti krn mereka lah yg bisa membantu mengingatkan jika aku udah nampak sering megang HP sampe nyuekin anak.
    Mulai buat rencana gimana cara menuju kesembuhan dari kecanduan ini. Suami udah kasih 1 ide simpel: setiap pagi, kami berdua gak boleh ada yg megang HP sebelum mengaji dapat 1 lembar.
    Batasi penggunaan HP didepan anak. Coz monkeys see monkeys do: anakku yg besar tiap ngeliat aku megang HP, dia bakalan rewel minta pinjem HP. Meski aku ini pecandu internet tp aku tetep ingin anakku yg blm genap usia 3 tahun ini nggak terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar gawai. Dan aku sebel klo liat dia mainan HP meski tentu dia juga sebel liat aku sibuk sendiri ama HPku.
    Cara ekstrem: putus hubungan dengan internet provider di rumah. Mulai bulan depan, aku udah nggak langganan First Media (FM) lagi. Jd ya di rumah udah ga ada wifi lagi deh. Cuma andelin kuota di HP aja yg mana pasti jauh lebih sedikit dibanding unlimited internet dari FM.
    Kalah lah sama ngantuk. Jd kan aku biasa ya bawa HP ke kasur. Tp alhamdulillah, kegilaanku berHP ini so far selalu kalah sama ngantuk. Pokoknya tiap ngantuk, ya udah lgsg taro HP dan merem deh. Jd ga ada cerita kurang tidur gara-gara browsing.
    Uninstall aplikasi yg terbukti menjadi time-waster. In my case: Instagram. Juga jangan setiap saat login IG dari browser. Kalo pas ada perlunya aja. Misal: pas mau posting atau mau hubungi orang lewat DM.
    Letakkan HP di ruangan yg berbeda dengan posisi ku banyak beraktivitas. Insyalloh klo gak keliatan mata, akan mengurangi persentase kemungkinan tergoda. Tp jangan juga HPnya disilent ya spy klo ada yg telpon, bisa terdengar.
    Manfaatkan Apple Watch (jika punya) untuk melihat notifikasi HP. Pesan yg masuk bisa dibaca di Apple Watch dan bisa juga dibales drsana meski agak ribet. Menerima dan melakukan panggilan juga bisa dr Apple Watch; kecuali WhatsApp call ya yg gak terdeteksi di arloji keluaran Apple ini.
    Sibukkan diri dengan hobi lain yg tak kalah menarik. Misal: membaca buku. Kalo kau tidak menyibukkan diri dengan hal yg bermanfaat, niscaya kau akan sibuk dengan yg tak bermanfaat.

So far baru itu aja tips dariku yg udah aku praktekkan. Tips lain banyak….. tp klo blm kupraktekkan sendiri kan kurang afdhol ditulisnya, gituuuu…..

24 Replies to “Manajemen gawai ala pencandu internet”

    1. Hihi klo yg sering kontak dgn klien atau kolega lewat whatsapp, ini cara yg kurang bs dipraktekkan ya. Aku sih paling yg mengontak 1-2 orang aja tp sifatnya urgent. Jd ya memanfaatkan apple watch yg sudah ada untuk ngecek notif dan membalas pesan masuk, tanpa harus memegang HP

      Like

  1. Semangat Tyk! 7 jam lumayan lama juga ya. Mengurangi intensitas penggunaan internet di Hp apa masuk rencana 2019 juga? Kapan itu aku pernah baca katanya dirimu wes ga nduwe IG, tapi iki intensitas terbesar penggunaan buat IG. Rodok bingung aku. Ayok moco buku ae Tyk. Btw, boleh koreksi kah? Pencandu kalau sesuai KBBI.

    Like

    1. Aku masih punya akun IG tp jarang install app nya. Baru2 ini install lg krn mau promosiin postingan blog lewat IG. Tp wes uninstall maneh krn jadinya ngglambyar kemana-mana sekalinya buka IG. Selain IG, timewaster ku yg terbesar adalah browser tp kan Safari nggak bisa diuninstall dr iPhone hehehe

      Like

  2. 7 jam lumayan…aku buka internet biasanya krn harus update blog,BW, dan posting medsos demi nama branding ((apaaan sihhh🤣)). Jarang bermedsos krn alasan pergaulan. Pernah juga ada masa tertinggi berinternet. Pas sadar besoknya langsung detox, alias nggak pegang internet sama sekali. Bisa sehari atau dua. Jadi memutus siklus dorongan kecanduan yg disebabkan oleh dopamine. Setelah dirasa netral, baru mulai dg siklus biasa. Kalau ada gejala psikis tdk bisa berhenti dan tingkat kecanduan dirasa mengganggu, saranku minta bantuan ahli minimal ada org lain. Supaya penyebabnya bisa diselesaikan. Semua kecanduan itu ada sebabnya, biasanya justru di dunia nyata. Yg seperti itu tdk bisa ditangani sendirian..

    Like

  3. Peganganku nih hp.. Tp disilent total.. Notif yang nyala jg cm yg penting aja.. Soalnya sempet terlalu pusing sama notifikasi.. Org2 suka kzl sm aku krn megang hp mulu tp gak respon wa/dm.. Haha.. Kan hp jg bs utk baca buku, nonton video, dll yes.. Aku jg gak pakai laptop.. Jdnya pakai hp lalu koneksi ke bluetooth keyboard.. Jd memang kayak hp-an mulu..

    Like

  4. Sadar sih sadar tapi belum rehabilitasi, hahahaa. Sama banget mba. Sebenernya pengen banget mengurangi intensitas main hp, tapi kerjaanku juga mengharuskan aku koordinasi sama orang2 dan kebanyakan via hp. Pernah aku ga megang hp seharian pas sekalinya buka chat numpuk yang nanya soal kerjaan 🤣🤣
    Tapi socmed juga ngaruh ya, udah harus mengurangi intensitas buka IG dan twitter nih

    Like

  5. aku sadar aku kecanduan. yang paling menyita waktu tentu saja Viu. tapi sejak harus manajemen waktu dengan pulang kerja tet jam 4, maka hp taruh meja seperti biasa. dan kita berusaha fokes kerja. kalo di rumah.. eerr… yang paling banyak menyita waktu itu balesin wa call atau wa video call. maklum yaaa…para mbah pengen vc karo putu lanang :)))

    btw,pantesan mas B udah jarang “hallooo tante nana.” eh ternyata pegang hp dikurangi ya 😛

    Like

  6. kalo aku sih uninstall aplikasi seperti ig dan twitter mem
    sering” ngobrol sama anak juga
    soalnya dia suka protes kalo kami pegang hp

    Like

  7. Aku kalau di rumah udah gak terlalu pegang Hp seh, karena udah puas di kantor, jadi aman di depan anak, hahahaha.

    Yang susah itu malah suami aku, di rumah pegang HP terus karena katanya di kantor gak sempat, aku sering bete.

    Like

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s