(copas) Satu kesalahan

Seorang Guru menuliskan ini di papan tulis :
5 x 1 = 7                5 x 2 = 10
5 x 3 = 15              5 x 4 = 20
5 x 5 = 25              5 x 6 = 30
5 x 7 = 35              5 x 8 = 40
5 x 9 = 45              5 x 10 = 50

Setelah selesai menulis dia balik menghadap ke depan melihat murid – muridnya yang mulai tertawa menyadari ada sesuatu yang salah…

Pak Guru pun bertanya :
“Mengapa kalian tertawa ?”

Serentak mereka semua menjawab : “Yang nomor satu salaaaah Paaakk!” 😃😃😃 (tertawa bareng).

Sejenak Pak guru menatap muridnya, tersenyum menjelaskan : “Saya sengaja menulis seperti itu agar kalian bisa belajar sesuatu dari ini.

Saya ingin kalian tahu, bagaimana dunia ini memperlakukan kita.

Kalian kan sudah melihat bahwa saya juga menuliskan hal yang benar sebanyak sembilan (9) kali, tapi gak ada satupun dari kalian yang memberi ucapan selamat.

Kalian lebih cenderung menertawakan saya hanya untuk satu (1) kesalahan.

Hidup ini jarang sekali mengapresiasi hal-hal yang baik bahkan yang kita lakukan ribuan sekalipun.

Hidup ini justru akan selalu mengkritisi kesalahan kita, bahkan sekecil apapun yang kita perbuat.

Ketahuilah anak-anakku : “Orang lebih sering dikenal dari satu kesalahan yang ia perbuat, dibandingkan dengan seribu kebaikan yang telah ia lakukan. Pilihan kembali ke masing-masing pribadi. Hendak menjadi orang yg fokus pada 1 kesalahan orang lain atau 9 kebaikan sisanya?”

Advertisements

17 thoughts on “(copas) Satu kesalahan

    1. Rasanya segala piring gelas pengen diterbangin ya? Eh nggak deng. Ntr rempong nyapu pecahannya. Eh ya pilih aja piring gelas plastik dong ya? Jd napsu ngebanting tetep dapet tp jg tetep aman. #APAANSIH #DIBAHASBANGET

      Like

  1. ini bener banget. Keluarga aku tuh kalo lagi kumpul, lebih suka ceritain bandel2nya ketimbang manis2nya aku dulu. Makanya aku suka lebih berasa jadi anak bandel ketimbang anak manis 😀

    Like

  2. tergantung sikon dan ekspektasi juga kali ya tyk.

    kalo yang nulis itu anak TK misalnya. gua yakin dia bakal dapet pujian karena nulis 9 perkalian yang bener walaupun ada 1 yang salah.
    tapi berhubung yang nulis itu guru, ya tentu aja 1 yang salah jadi perhatian karena emang ekspektasinya harusnya bener semua dong. 😀

    Like

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s