Cerdas finansial

Tahun 2018 ini aku mencanangkan gerakan bebas kebokek’an cerdas finansial (ada ga sih istilah gini? Anggep aja ada, yaa). Udah kebayang sih bbrp cara untuk mewujudkannya. Meski masih yah, ragu untuk memulai krn takut gagal.

Mari kita coba list bbrp diantaranya:
(1) Lebih ketat dalam mengontrol uang yg keluar. Pokoknya duit buat bayar tagihan, nggak boleh diutak-atik.

(2) Berusaha lbh ngirit listrik. Agak sulit ya dimasa-masa Surabaya panasnya kayak gini. Musim hujan, mendung melulu, tp sumuknya ya Rabb…. sedappp pemirsaaaah!

(3) Mulai berdagang lg secara serius. Kan katanya 8 dr 10 pintu rejeki, ada pada perniagaan yg Islami.

(4) Jangan pelit bersedekah harian. Ini penting bgt krn setahun ini aku sering abai. Juga perbanyak istighfar untuk minta ampun atas dosa yg menghambat rejeki. Trs klo berdoa, isinya jangan minta melulu tp banyakin juga bersyukur. Krn nikmat untuk manusia ditambah olehNYA bukan krn banyaknya minta tp banyaknya syukur.

(5) Kurangi jajan/makan diluar/delivery. Selain kulit makin tak tahan dgn MSG, kantong jg tak tahan dgn pengeluaran ekstranya.

(6) Kurangi belanja tak perlu. Pikir lagi sebelum beli-beli barang:
– butuh banget atau cuma pengen?
– klo kemaren-maren bisa hidup tanpa barang ini, knapa skrg harus punya?
– ada tempatnya nggak buat nyimpen? Coz storage is also an issue, here.

(7) Marilah menabung jika dapat pemasukan tak terduga. Pemasukan tak terduga bukan alasan untuk spend more tapi untuk save more.

(8) Yakin bahwa rejeki udah ada yg ngatur, dan tiap anak manusia lahir ke dunia udah ada rejekinya sendiri-sendiri. Tinggal gimana akunya aja sbg ortu, pinter gak ngejemputnya? Niat dan caranya udah sesuai yg Alloh suka?

==============

So far segini dulu aja rencanaku buat masa depan finansial yg lebih cerah, hehehe. Semoga berhasil yaaa.

Advertisements

35 thoughts on “Cerdas finansial

  1. Wah klo kecerdasan finansial saya termasuk boros. Tetapi klo pingin sesuatu, biasanya mesti nabung dulu biar kesampaian. Syukurlah kondisi keuangan masig plus nggak sampai ngutang. Kecuali ngutang kopi dan rokok di warung karena nggak punya uang kecil ha ha ha…. πŸ˜€

    Like

  2. Semoga tercapai mba. Semangat!!

    Jadi inget diriku yang sudah membagi pos blanja di amplop, tapi masih sering minjemin uang di amplop tabungan, hikss….yang mana minjemnya gak dibalikin lagi πŸ™‚ #ehCurhat

    Like

  3. Mba, cobain pake aplikasi Money Manager deh, aku pernah bahas di blog. Lumayan banget bisa bantu kita kontrol keuangan. Soalnya di aplikasi ada fitur di mana kita bisa liat total pengeluaran di aspek mana aja, jadi bisa ngerem kalo udah lewat batas, hihi.

    Semangat terus, yaa! Semoga tahun baru akan jauh lebih baik dan rejeki lancar terus *amin* (:

    Like

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s