Ecobum: UC ooooh…. UC


Produk terbombastis dr Ecobum itu, menurutku ya si Universal Cover (UC). Aku sendiri punya 6 pcs UC yg aku beli di bulan April 2016.


Total keseluruhan clodi Ecobum yg kubeli untuk B, ada skitar 16 pcs. Selain UC 6 pcs, ada jg yg model pocket bahan PUL dan Minky. Insertnya 2 jenis: Hemp dan MF (microfiber). 


Untuk adeknya B, aku juga udah nyetok 6 pcs Ecobum (snap PUL dgn Hemp). Kurang ngefans apalagi aku sama si Ecobum ini, hehehe.

Back to UC.

Seperti namanya, UC ini jenis clodi cover (tanpa pocket). Jd insert diselipkan aja di flap depan dan belakang, lalu atasnya dikasih inner tambahan.

Klo mau ngomongin ttg keunggulan UC (& juga clodi jenis cover merk lain semisal Cluebebe Coveria Petit, Bebibum, Gg Lil G), kurasa udah banyak direview oleh blogger lain maupun oleh toko online yg menjual clodi.

Baca juga: pengalamanku dengan Cluebebe Coveria Petit.

So marilah kita fokus aja kepada alasan mengapa aku kapok & gak mau lagi membeli clodi model cover, terutama si UC-nya Ecobum ini. Ditulis berdasar pengalamanku berclodi sejak Februari 2016 hingga sekarang.

KEKURANGAN CLODI MODEL COVER
(1) Jika dipadukan dengan insert jenis microfiber (MF) maka wajib bagian atasnya dilapisi liner tambahan. Krn insert MF ga boleh bersentuhan langsung dgn kulit bayi/toddler.

(2) Liner yg highly recommended adalah yg jenis pocket. Klo pake yg biasa, selalu ada kemungkinan liner akan ketekuk-tekuk saat dipakai. Akibatnya permukaan insert MF bs mengenai pantat anak secara langsung. 


Or yg bikin rempong, pup anak bs bleber sampe ke insert. Bersihinnya itu lhooo! Klo pup cm mengenai permukaan liner doang, kan bersihinnya less ribet & hemat waktu.

Baca juga: cara nyuci clodi.

(3) Kudu dipakein insert yg tebel, or else insert bakalan bergeser atau mletat-mletot. Ujung-ujungnya bocor samping deh. Sampe sekarang usia B mau 20 bulan, insert yg pas dengan UC-nya ya cuma MF yg long. Klo dipakein 2 pcs MF reguler atau 2 pcs Hemp reguler = terlalu tebal. Dipakein Litty = kurang tebal. 1 pc Hemp yg long = juga kurang tebal.

(4) Di usia 19 bulan ini, pupnya B udah makin banyak meski jg makin padat. Tapi….Waktu bulan lalu B bermasalah dgn bowel movement (tp bukan diare), pupnya pernah tetep banyak dan lebih encer dibanding biasanya. 

Jd lah itu pup bleberan sampe bagian bawah liner pocket, flap bagian atas dr si UC. It was a total mess, I’m telling you!! Bersihin 1 clodi kotor tsb durasinya sama kayak ngebersihin 4 clodi kotor yg biasanya. Astaga! It was a nightmare, hahaha.

Baca juga: cara pasang & rapikan liner pocket (with/without PUL).

(5) Harga paketan UC ini mahal ya? Aku beli tahun 2016; 1 paket = UC + prefold Ecobum. Pake sistem PO. Harga perpaket kena Rp 97.000. Lha aku kira insert/prefoldnya dapet 2. Eh ternyata cuma 1?! 

Dgn harga yg sama, klo beli Ecobum PUL insert MF, perpaket dapet 2 insert lho! Apalagi aku juga nggak pake prefold kan krn males lipetinnya. Jadilah 2 bulan lalu prefoldnya aku jual semua, alhamdulillah laku.

Baca juga: review & bedah Ecobum PUL model pocket.

(6) Cuttingnya besar. Klo dipake dr newborn, ya bisa aja sih. Wlo kurang rapi jatohnya, gitu. Aku mulai bs makein UC + insert long MF pas usia B udah 5 bulanan ya kayaknya.


Baca juga: detil insert MF dan perlukah membeli insert cadangan untuk musim hujan?

===========

Sekian sharing pengalamanku dengan clodi model cover, terutama UC. Aku masih pake UC kok, sampe sekarang. Ya lumayan kan 6 pcs buat cadangan, spy stok clodi B nggak mepet-mepet amat. 


Cuma ya gitu, berharap-harap B pupnya (klo lg bermasalah) jangan pas ane apes— pas doi pake UC, hahaha. 

Advertisements

2 thoughts on “Ecobum: UC ooooh…. UC

  1. Keinget dulu saat awal2 makein anak2 clodi. Saya pertama kali belinya 18. Jadi saya bagi kloter A, B, C. Saat A dicuci, pakai B, C buat besok begitu seterus berurutan. Saya perkiraan sehari pakai 6 clodi 😀

    Like

    • Halo Mbak April, thx udah mampir n komen. Iya dulu sempet kok sehari cm pake 6 clodi. Kemudian anakku makin deres pipisnya jd kudu makin sering ganti. Blm lg klo pup, dia sukanya nunggu diganti clodi bersih dulu, qiqiqi. Jadilah 18 clodi cm buat 2 kloter saja.

      Like

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s