Membacalah, Nak….

Jaman kita kecil dulu, gmn ya ceritanya kok bs survive tanpa gadget? TV pun channelnya cm dikit amat. Ada sih game console kek macam Atari atau Nintendo, tp kan ga bs dibawa keluar rumah. Dan jaman dl jg kan ga semua punya game console.

Jawabannya, klo dr pengalamanku yg pernah aku bagi di tulisan ini, adalah dengan membaca buku (atau majalah). Adalah hal biasa jaman SD dulu, aku dan adekku diajak bepergian (misal ke rumah temen ortu) dan kami membawa buku masing-masing. Ya tenggelam dalam bacaan masing-masing; aku dgn Lupus & Olga, adekku dgn Doraemon.

Semirip lah pemandangannya dgn anak jaman skrg (plus ortunya) yg nunduk melulu dimana-mana. Bedanya klo dulu, ya nunduk krn sibuk membaca buku.

Nah sebage ex booklover turned into gadgetholic, deep down inside aku mah punya cita-cita ingin membesarkan anak yg gemar membaca buku. Buku beneran loh, bukan ebook πŸ˜€

Meski tentu ortu kan membesarkan anak kudu sesuai dgn jamannya masing-masing ya. Jd hare gene klo pengen bener-bener bebas gadget, rasanya kok gak mungkin (apalagi klo ortunya semodel aku & Abi yg gadgetholic married to gadgetmaniac). Bebas TV masih mungkin. Krn orang gak punya TV itu biasa dan bisa.

B skrg usianya hampir 16 bulan dan sdh bs menikmati aktivitas ‘membaca buku’. Pake tanda kutip krn membaca di usia segini ya ala-ala anak toddler lah ya.

Tp dalam kondisi terpaksa, ya tetep YouTube to the rescue. Daripada anak belepotan pupi, kabur ketika hendak diganti popoknya? Kan mending dianteng-in pake tontonan di YouTube, bhahahaha. Jorok yak? Maab tp emg sering kejadian.

Nah kapan hari aku bepergian berdua aja sama B. Oke bertiga deng, klo strollernya diitung, hihihi. Cerita ttg pengalaman penuh derai dan isak airmata ketika bepergian bertiga doang itu, sdh ditulis di sebelah yak πŸ˜› Nah I gotta admit that it was an ambisiyeus project; nekad pergi tanpa suami dan tanpa ajak simbak plus ketambahan niat untuk gak menggunakan HP sebagai penghibur dikala B mulai bosan.

Ambisius kan?

Tp lumayan sakses kok di bagian ‘no henpon’-nya. Walo ya gitu. Bundanya kudu ngoceh panjang lebar ngajak B ngobrol, spy dia bs terdistraksi. Plus bawa-bawa bukunya dia. Dan bukunya dibacain Bunda dgn gaya heboh lho ya. Bukan cm dikasih ke dia dan berharap dia bs bebas bosan dgn membuka-buka sendiri buku bergambarnya. Pokoknya Bunda kudu full entertainment lah.

Klo udah gedean dikit, ntar kemana-mana ga cm bawa buku tp jg bawa washable crayonnya dia (plus setumpuk kertas bekas yg salah 1 sisinya masih kosong). Biar dia bs corat-coret. Atau klo udah bs mewarnai ya bawain buku mewarnai. Bisa jg cari gambar di Pinterest trs diprint sendiri. Tetteup pake kertas bekas πŸ˜‰

Back to B’s books. B ini kebiasaannya makan sambil digendong. Kenapa? Krn yg nggendong ada (bukan akuuu tentuuu) dan emg suka nyuapin anak sambil nggendong. Klo aku aslinya kan aliran highchair (HC) ya. Tp sama mbak di rumah jg sering ditaroh di HC kok klo emg pas anaknya mau.

Spy betah duduk di HC gmn? Ya kasih buku atau flashcards. Jgn ditanya kondisi buku ama flashcardsnya gimana……. maksudnya: gak usah tanya– tp bakal guah jelasin, hihihi. Namanya buku dan flashcards B? Hmmm belepotan ceceran makanan, dan udah mengering, OMG lol. Tp biarin lah. Buku yg lecek kan artinya memang sering dibuka dan dibaca. Malah seneng liatnya. Asal jgn disobek, aja. Kotor boleh– sobek JANGAN!

*Bunda lgsg melotot*

42 thoughts on “Membacalah, Nak….

  1. mba aku juga book lover banget waktu kecil. dulu waktu kecil juga demennya ke toko buku dan kemana2 bawa buku wkwkwk. aku jg bertekad ngenalin buku dari kecil ke axel, sekarang juga dia (sepertinya) suka buku sih, tapi ya itu suka di abuse buku nya, dan malah ga terlalu suka kalo dibacain, cuma demen bolak balik buku aja. aku juga bercita2 tuh kalo uda gedean kemana2 mau bawa coloring crayon sama buku biar ga kecanduan gadget. tapi ga tau deh bisa ato ga hihhi. semangat mba!!

    Like

    • B juga skrg lbh suka baca buku sendiri kok. eh maksudnya: mbolak-balik buku sendiri trs diamati, kadang bersuara ngoceh–pura2 baca buku mungkin, hihi…. ya gpp lah, yg penting kita udah niat dan ada usahanya. klo mo lepas dr gadget sepenuhnya jg aku ga ada ekspektasi demikian krn aku sendiri lengket bgt ama HPku….

      Like

  2. aku book lover parah sampai harus perlu declutter., tapi belakangan suka yg instan2 dan tipis2. gawat juga ya padahal hrs ngajarin anak suka baca…btw mba kalau anak kecil bukannya suka ada jual buku yg tebel dan anti robek itu ya?

    Like

    • boardbook ya maksudnya? aku ada banyak, hasil beli bekas di Sydney….., tp jg ada bbrp yg jenis kertasnya ya buku biasa (krn peruntukannya untuk older children–tp tetep dibeli krn colorfull dan mureeeee! 50sen/buku, hihi).

      Like

  3. Aku juga suka baca mba tik. Sampe sekarang ngeliat buku2 enid blyton di gramed masih maju mundur beli apa ngga, soalnya belom bisa dinikmatin reia. Rasanya kecepetan… tapi kok ya mamanya pengen banget beli krn nostalgia dulu baca begituan πŸ˜€

    Like

    • Aku udah beliiik hahaha. Yg boxset serial kumbang. Tp tiap buku masih diplastikin. B suka duduk di HC sambil liatin covernya yg colorful n gambarnya bagus. Anakmu kan perempuan ya. Pasti seru klo SD ntr baca2 Mallory Towers πŸ˜‰

      Like

  4. Teona kenal gadget, kenal YouTube tapi Alhamdulillah tidak addict. Nonton TV dijatah. Mainan edukatif diperbanyak. Langganan majalah. Pak’e mak’e Teona lumayan cukup kompak entertain anak. Hehe.

    Like

  5. Setujuh.. dulu asal maen kerumah temen, selain belajar kelompok, pasti baca buku cerita. Entah bobo, komik doraemon, topeng kaca, candy2. Banyak macem. Hahaha.. jaman dulu gak gosip ya. Hahahaha.. aku jg lagi nerapin ke clay buat liat buku. Tapi kadang aku sendiri sodorin yutub, biar bisa istirahat. Hahaha. *Ngaku*

    Like

    • Ya bangeeet! Kapan itu aku jg kasih HP ke B spy dia mau anteng. Akunya ngantuk banget boooo! Doi masih ON aje. Sayangnya B tipikal yg tambah rese klo dikasih HP. Diputerin YouTube, eh tombol homebutton dipencet2; ya bubar YouTube nya. Trs HP dikasih ke aku, aku kudu klik aplikasi YouTube lg. Trs tombol homebutton dipencet lg, exit app YouTube lg. Trs HP dikasih ke aku, aku kudu klik aplikasi YouTube lagi. DAN SETERUSNYA. Gmn lah Hayati bs curi2 tidur klo gt ceritanya, HAHAHA. Nah klo dikasih buku, dia lbh anteng.

      Like

  6. Di sini si bayik juga kenal gadget gara2 kakak2nya, kakaknya kenal gadget dari ortunya 😁😁 tp buat pencitraan di depan khalayak yaaa tetep bawa buku kalo jalan2 😁

    Like

  7. Aku demen banget baca buku dan majalah! Suka gambar2 juga imajinasi ketinggian hahaha… sekarang mau mulai baca cari waktunya susah 😦 sedih! Makanya ada Kindle ini diusahakan buat membaca sebelum tidur

    Like

  8. dulu gua juga kirain asal dibiasain dari kecil, hobby baca itu bisa diturunkan ke anak. ternyata gak juga. si andrew dari kecil udah dibiasain dengan buku tapi sampe sekarang gak suka baca. huhuhu.

    gua suka heran ama orang yang gak suka baca buku padahal kan nikmat ya. tapi ternyata emang ada orang2 yang gak suka baca. hehehe.

    btw bacaan kita dulu sama.. lupus dan olga. πŸ˜€

    Like

  9. http://blog.fentyfahmi.net

    membuat anak jadi pecinta buku itu gampang2 sulit sih, katanya yang terpenting orang tuanya dulu keliatan selalu baca buku, jadi anaknya ikutan suka baca buku, secara ini bapak ibunya selalu pegang hp dan laptop, ya anaknya lebih suka liat hp dan laptop, hahaha, tapi setiap sebelum tidur alhamdulillah selalu rajin baca satu buku cerita sih, tantangan selanjutnya adalah membuat dia suka belajar baca huruf, hmmm … bismillaaah ….

    Like

    • Nah ya itu dek. Krn aku n Abi jg masih sulit bs lepas dr gadget, jd akupun ga muluk2 anak bs gadgetfree. Yg penting klo di kamar lg sama dia, aku usahakan gak HPan. Jd hiburan doi klo di kamar ya cm buku aja. Diluar kamar ya lain lg hiburannya, hehehe. Biasanya dia curi2 nonton TV di ruangan lain.

      Like

  10. Mbaaa, aku jg generasi yg hobi baca dan beralih ke gadget (aku gamers). Trus sekarang, pengen banget anak2 niruin kebiasaan aku yg baca buku. Tp susah euy.. Karena mereka lebih sering liat aku kerja dan ngegame pake gadget. LOL

    Like

  11. C kayaknya juga gak suka buku. HIks… Tapi kadang dese minta bacain buku, akunya yang nggak bisa. Lagi masak atau ruwet sama Bree. Masih nyari-nyari pola asuh yang bisa meng-handle keduanya. Seringnya karena aku ruwety dengan adiknya, dia dikasih gadget biar diem.

    Like

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

