Salah fokus

Ada banyak alasan mengapa aku suka menenggelamkan diri dalam aktivitas dunia maya; misalnya browsing di Google, atau menghabiskan waktu ku yg berharga di Instagram.

Kadang aku ngerasa: “Duh malesin bgt kudu konsen ke kehidupanku sendiri, krn ada masalah ini itu…. dan ada deadline yg hrs dipenuhi tp aku masih clueless,”

Nah dalam kondisi sperti itu, herannya sih, bukannya aku meluangkan waktu untuk mencari solusi dr masalah tsb; eeeh aku malah sibuk ngurusin hidup orang lain di dunia maya.

Misal: browsing ini itu di Google. Window shopping di Toped. Atau bukain IG dan random aja gitu, buka akun orang yg ga dikenal (hasil dr klik hashtag tertentu). 

Intinya sebener’e: aku melarikan diri dr masalahku sendiri dgn cara memfokuskan diri ke masalah orang lain.


Kelar browsing urusan orang, yg ada akunya malah jd lelaaaah. Ya iyalah, abis buang waktu ngurusin hidup orang & balik ke dunia nyata disambut masalah sendiri. Ya pastinya lelah, menurut ngana? Blm lg merasa bersalah krn udah buang-buang waktu. The precious hours of my life, I will never get back.

Teman-teman ada yg punya pengalaman serupa? Ngatasinnya gimana ya?

18 thoughts on “Salah fokus

  1. Akuuu… klo tangan udah mulai gak bisa gak megang henpon tandanya aku mulai stres, atau klo kepala mulai pusing biasanya hp kuumpetin. Habis itu tiduran ngayal 😀 habis ituagak sedikit lebih hepi

    Like

  2. Saya pernah, bahkan rasanya saya masih mengalaminya saat ini. Walaupun, Alhamdulillah sedikit demi sedikit membaik. Sejak saya sadar, bahwa saya memiliki siklus yang berbeda antara waktu sosial dgn pribadi. Hal itu membuat saya berpikir keras akan solusinya. Dan yang saya dapatkan adalah saya harus membuat prioritas akan hidup saya. Membuang apa yg perlu dibuang (aplikasi handphne termasuk) dan menyimpan apa yang perlu disimpan.

    Like

  3. Ya pernah ngalamin.. Itu sebabnya akun Path, Fb, Line dihapus. Akun IG masih ada tapi aplikasinya dihapus dari HP. Sekarang WP baru aktif lagi. Buatku cara mengatasinya begini: tanamkan di pikiran kita bahwa orang atau hal yg dilihat di online world itu kecil kemungkinan akan membantu apalagi membereskan urusan kita di dunia nyata. Setiap kali hampir mau online window shopping, diingat-ingat berapa saldo tabungan kita, beserta skala prioritas penggunaannya. Kira-kira begitu.. Cara ini ampuh buatku..

    Like

  4. pernah juga kok…cara atasi.jauhi internet kalau ada yg hrs dihadapi didepan mata..kalaupun buka dikasih batasan waktu. karena kepo itu racun dunia lol lol…
    aku nggak mau punya sosmed untuk teman2 di dunia nyata..kalau mau kontak2an kembali ke email dan HP..back to 2000 hahaha..

    Like

  5. Iya ya.. krn memang pegang gadget tuh time consuming banget.. Kalau aku batasain apps cuma ada IG sama Twit (yg jarang dibuka) aja , krn pernag nyasar ke keramaian twitter. Dan nggak belanja online, walaupun nggak tahu, kayaknya ini banyak membantu buat aku..

    Like

  6. istriku juga sering kayak gitu kok mem. lelah menghadapi dua krucil. akhirnya ya menenggelamkan di sosmed. kadang” aku takjub sendiri kok bisa dia nemu foto unik di ig. wkwkwk

    Like

  7. nina says:

    ini semacam aku yg kalo bosen dg masalahku sendiri trus buka akun pergosipan di IG mbak… huhu. caraku mengatasinya sih lebih ke mengalihkan ke yg lain, donlod2 buku/majalah online gitu, atau nonton video2 di youtube…

    Like

  8. Wah, aku sering banget ngalamin, haha…. habis itu jadi menyesal, karena waktu mulai habis, sementara masalah atau tanggungan kerja masih belum beres….

    Sampai sekarang masih belum dapet solusinya, haha… baru sebatas tindakan preventif, yakni berusaha menjauhkan diri dulu dari dunia maya

    Like

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

