Buka-bukaan di hari ke-8

from dupre.co.uk

Sambil ngantre di KPP Pratama, mari kita berusaha selesaikan tantangan hari ke-8 ini yg ternyata lebih sulit dibanding hari ke-5….. Padahal hari ke-5 itu disuruh ngayal doang. Sementara hari ini disuruh nulis fakta πŸ˜€

THE GOOD

Sejak tahun 2005-an, aku berusaha untuk menjadi pengguna internet yg cautious, berhati-hati. Kesannya memang paranoid krn meski memajang foto pribadi di blog dan dimana-mana, tp aku nggak berani menyantumkan:

1) Nama asli. 
2) Tempat & tanggal lahir (termasuk yg di FB itu palsu, pemirsa, hahaha).
3) Apalagi sampe ngelist nama ibu kandung di FB atau di blog.

3 info itu bs dipakai untuk mengakses banyak akun pribadi terutama perbankan lho (lewat phone banking, misalnya). Jadi waspadalah! Waspadalah!

Selain fotoku, aku masih berani majang fotonya Abi. But that’s it. Foto ortu & adek, aku batasi bgt.

Sampai akhirnya punya anak pun, meski di blog satunya bs curhat ttg anak tiap hari, tp mempublikasikan foto B, sangat aku batasi. Apalagi nama lengkap. No no no. Padahal hasrat ingin pamer berbagi kan begitu menggebu ya bow. Namapun anak pertama yg dinanti sekian lama. 

Ya akhirnya posting bbrp foto di blog & sosmed tp untuk ukuran pengguna internet (sangat) aktif kayak aku, jumlahnya sedikit lah. Bukan cuma kuatir foto anakku dicolong orang (udah kejadian di bbrp temen, kayak Arman & Lisa), tp aku juga kan takuuuuuuut sama penyakit ain, huhuhu 😦

Pas B genap setahun, aku mulai memberanikan diri posting foto wajah full (biasanya cm nampak belakang) plus video!! Ya! Daku yg paranoid ini posting video anak di Path dan blog, hahaha. Warbiyasak, kemajuan banget.

Tapi gak lama kemudian, ada kejadian terbongkarnya grup FB yg menghebohkan dunia (khususnya dunia parenting). Dan menurutku, itu jadi tamparan bagiku supaya kembali ke jalan semula. Oiya aku gak bilang bahwa jalan yg aku ambil itu adalah jalan yg benar lho ya. Whatever floats your boat alias pilihan masing-masing, sesuka & senyaman tiap orang aja.

Ya sudah. Akhirnya foto dan video yg udah diposting di Path pun dihapusin lagi, qiqiqiqi πŸ˜‰ Untuk saat ini aku berusaha memuaskan diri dengan berbagi foto B cukup di grup WA keluarga inti saja πŸ™‚

THE BAD

Kadang aku merasa bahwa I am being too cautious. Jadi pernah waktu itu aku ngasih surprise ke temen grup WhatsApp di Jakarta (temen bloggerku para The MamahMuda). Klo aku mau ke Jakarta & ngajak kopdar. Ngasih kejutannya berupa foto tiket pesawat SUB-CGK. Tapi saking apanyalah ya, masak itu foto cuma diposting di grup temen deket, tp bagian namanya aku edit/tutupi dulu, astaga. 

Orang lain mah boarding pass aja diposting di sosmed, sosmednya gak digembok pulak. Lha aku sampe segitunya 😦 padahal sama temen sendiri. Maap yak, ini sih force of habit aja, hehehe. 

Btw aku pernah juga kok posting foto boarding pass Garuda tp bagian nama & barcode nya ditutupi.

THE UGLY 

Ini ngebahas apaan sih bagian The Ugly? Fisik ya? Apa gimana? Klo fisik sih alhamdulillah sehat normal (kecuali kadar kolesterol yg nyeremin dikarenakan obesitas *upss*). Klo yg dimaksud The Ugly ini adalah mengungkap suatu hal jelek yg pernah aku lakukan? Hmmmmm……

Ya tentu ada, banyak. And they haunt me whenever I remember them, hiks. Kesalahan yg blm dimintai maaf ke ybs, banyak orang, ya ada banyak. Aku terlalu malu untuk minta maaf.

Oiya ada lho doanya di Zikir Pagi Petang, minta supaya Alloh tutupi aurat dan aib dan apapun yg tak layak dilihat orang. Itu klo dibaca, hmmm lgsg inget dosa bejibun yak. Semoga Alloh ampuni, aamiin.

================

Baiklah, and the antre continues. Masih di kantor pajak & berapa nomer lagi lah ini. Abis ini makan dimana dan makan apa ya demi mengembalikan kesetrong-an eykeh, qiqiqi.

22 thoughts on “Buka-bukaan di hari ke-8

  1. Thanks banget mba Reminder nya, aku juga mulai mengurangi nih posting foto Rey sendirian. Rata-rata harus foto yang ada aku atau ayahnya. Semoga bisa makin mengurangi πŸ™‚

    Like

  2. Iya nih sekarang mesti ati2 nyantumin identitas atau foto2 keluarga. Soalnya kejahatan zaman sekarang cangih2. Klo dulu saya takutnya ada yg ngaku2 menggunakan nama saya. Parno banget pokoknya. Kenal aja nggak, eh ngaku2 deh untuk melancarkan aksi tipu2nya. Nama saya kan jadi jelek. Hiks……..

    Like

  3. Naaah ini penyakit ain. Aku udah diwanti wanti pak sumamik soal ini. Tapi yegimana ye sis, ijk kan anaknya narsis parah sis. Ga bisa donk ga crita crita di blog yekan πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    Like

    • Cerita aja tp gak usah pake foto, hahaha. Berat memang. Kan anak kita yg terkasih kan anak yg terrupawan sedunia yak (menurut makbapake masing2, lol). Jd rasanya pgn dipajang di blog & dimana2.

      Liked by 1 person

      • Ho oh. Anak terrupawan terkasih yang nunggunya juga lama. Bahaha.
        Akhirnya iya, kesepakatan sama sumamik, aku cuma crita crita aja dulu. Kalo foto, kan ini bayik dalem perut emang belum punya foto close up πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

        Like

  4. Anda produktif sekali mam bahkan lagi ngantre KPP pun sempet2nya nulis wkakaka πŸ˜† Gpp sih security sistem tiap orang beda2, demi kenyamanan dan keamanan keluarga sendiri yekan..
    Aku juga nih lg rajin puasa krn lagi ada hal yang harus didiskusikan dengan yg Di Atas *halah* hahaha

    Like

  5. Mbak aku jg masih berusaha keras untuk gak posting yg ada gambarnya apalagi anak yaa. Tapi.. tapi.. susah kalo nulis gak pake poto. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Kalo kaya IG walau kita udah lock, masih bisa keliatan org juga ya?

    Like

    • Klo IG dilock sih mestinya ga bs diliat selain sama followers ya πŸ‘πŸΌ iya nih aku jg jadinya klo posting, semisal cerita anak sakit, yg dipajang foto termometer nya aja dah, hahaha. Yg penting ada foto meski cm 1.

      Like

  6. kalo nama anak, kami gak masalah mem. Wong nama anak kami sederhana aja kok. Shafiyyah dan Hanzhalah

    tapi kalo masalah foto, no no no. Orangtua dan anaknya tidak memajang foto

    Like

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

