Ketika itu 38 minggu kamu dalam perutku…..

10 Juli 2015. Waktu itu jam 2 pagi, klo gak salah sudah masuk 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Untuk kedua kali di bulan puasa tahun lalu, aku test pack. No expectation sih. Cuma karena disuruh sama Mamak Sondang saja, bhahaha πŸ˜‰

Soalnya aku ada janjian makan siang sama dia, begitu datang hari dimana aku tak berpuasa. Makanya pas di hari yg kuperkirakan bakalan datang bulan, tp ternyata gak datang juga…. sama Mamak disuruh test pack. Ternyata 1st trial hasile masih 1 setrip. Tp ya nggak lantas mens juga. Kata Mamak: Coba lagi bbrp hari….

Dan inilah hasil tes kedua yg selisih 2-3 harian. Akunya mah wesbiyasak ngeliat hasil test pack negatif toh ya. Jadi begitu ngeliat ada 2 garis, ostosmastis daku bengong di kamar mandi. Aihhhh tumben inimah garisnya 2, hahaha. Lgsg manggil Abi yg lagi tiduran di sofa depan tipi:

“Bi…. abi….”
“Hmmm…….”
“Abi! Abi sini!”
“Hmmm…….” *masih merem manja*
“Sini Abi!”

Trus akhirnya si Abi nyamperin aku di kamar mandi. Trus aku kasih liat lah test pack ini. Dan kami berdua ketenggeng’en eh apasih bahasa Indonesianya? Termangu? Tertegun? Ya pokoknya gitu. Percaya gak percaya gitu lah.

Klo gak salah hari itu juga lgsg ke obgyn (dokter kandungan). Obgyn yg ada di MMC , adanya laki-laki. Pas di USG, eh kagak muncul di layar itu yg diharap-harap. Ya akunya mah juga lempeng aja. Blm berani berharap apa-apa.

Pulang dr RS ya dibeliin lagi test pack merk lain. Besok paginya dicobain lagi dan pas pake merk Sensitip, eh garis keduanya samar-samar. Ighhhh kezel aku! *banting test pack* Bikin drop ajeeeehhh! Soale aku pernah punya pengalaman dgn hasil test pack yg positif samar & ternyata janinku gak berkembang (it was on 2010). Makanya aku cedih deh. Trs aku berzumpah gak akan mau pake merk Sensitip lagi krn hasilnya kok samar; nggak kayak merk lain yg hasilnya lebih pasti.

*lah*
*ko nyalahin test pack nya, hahahahaha*

Tgl 14 Juni aku ke dokter lagi dan kali ini dokter perempuan. Ya aku jelasin gini gini gitu gitu, udah nikah 7 tahun dan baru hamil sekali tp keguguran 5 tahun sebelumnya. Trs sama dokternya di USG trans-v (USG dalem). Daaaaan udah keliatan itu titik kecil yg diharap-harap. Alhamdulillah positif hamil deh πŸ™‚

Pas ke dokter yg tgl 14 ini, pas sendirian krn Abi ke kantor. Wah wah rasanya pas jalan menuju kasir, campur aduk. Masih tetep sih nggak mau terlalu happy. Pengalaman sebelumnya yg abortus spontan di usia kandungan dibawah 7 minggu, membuat aku blm berani terlalu berharap dan bahagia berlebihan. Ya pokoknya banyak doa aja minta sehat dan selamat.

Akhirnya tiket mudik ke Surabaya aku cancel deh karena terlalu riskan untuk terbang pas hamil masih muda banget.

Dan jadilah sejak saat itu, setiap minggu aku menghitung hari eh minggu. Begitu sampai 6 minggu, lega…. lewat 7 minggu, lega lagi. Lewat 10 minggu, alhamdulillah. Tiap minggu aku & Abi bersyukur bs melewati week by week kehamilan dgn sehat selamat. Sambil mantengin aplikasi pregnancy di HP yg ngasih liat: perkembangan janin dr minggu ke minggu. Dr segede kacang ijo sampe lemon sampe melon, hehehe.

Kami juga pindah RS dr MMC ke YPK dan begitu kelar periksa perdana di YPK Mandiri…. syok ngeliat tagihannya… SELISIHNYA LUMAYAN YA BOK, hahahaha….. MMC mahallll…. πŸ˜› emang waktu itu milih MMC krn deket bgt dr apartemen yg kami sewa. Tp YPK juga naik Uber pulang-pergi kadang gak sampe 35 rebu kok.

Begitu si #babyTangguh dinyatakan beratnya melewati 2,5kg di dalam kandungan, kembali lega. Itu berati, he wont be too small. Jadi aku gak bingung nyari baju bayi yg lebih kecil dr size 0-3 bulan toh.

Pas masuk minggu ke-30 juga kembali berdebar-debar. Kuatir prematur, jujur aja. Melewat minggu ke-32 dgn kelegaan. Apalagi pas lewat minggu ke-35. Abi udah siap menyambut kehadiran #babyTangguh begitu masuk 36 minggu dan beneran deh anak lanangku lahir di minggu ke-38 kurang sehari, wakakakak….. gak genap 40 minggu doi.

Awalnya dijadwalkan caesar krn simfisiolisis, di hari Senin. Dari Senin seminggu sebelumnya lahiran, aku udah masuk RS tuh, rawat inap krn panggulku meregang & gak bisa jalan. Sip banget dah seminggu di RS tanpa boleh turun ranjang sama sekali! Mandi pipis pupi…. semua di tempat tidur!! Total 8 hari aku di RS. Sama obgyn ku sampe dipanggil “Ibu RT” saking lamanya, qiqiqi.

Anyway. Abi sih pengennya punya anak lahir hari Jumat. Udah minta ke dokter supaya caesar dijadwal Jumat aja, jangan Senin apalagi Selasa. Tp dokterku maunya sedekat mungkin dgn minggu ke-38. Lha kok malam Jumat dicek detak jantung si #babyTangguh, udah agak melemah. Hari Jumat, seharian tensiku naik naik terus. Dokternya pas visit Jumat siang, memutuskan jadwal caesar dipercepat menjadi malam itu juga.

Jreeeeeng. Kesampean lagi deh maunya Abi *lirik bapake bayik*. Lahirlah Jumat jelang tengah malam ini anak gantengku tersayang.

Ada 1 lagi maunya Abi yg butuh 17-25 tahun kedepan untuk bisa tahu apakah jadi nyata apa nggak. Yaitu doi pengen anaknya kuliah di Boston Uni. Sampe udah dicariin kos-kos-an loh mulai dr sekarang, zzzzzz groook =____= Jauh amat sik Bi. Nggak bisa (disuruh cari beasiswa) di UNSW aja apah yg deket-deket. Atau ITS yg luebihhhhhh deket lagi sama rumah, naik sepeda pancal juga masih kuat lah emaknya nyamperin (sekalian olahraga), wakakakak πŸ˜‰

Jadi ya demikianlah pemirsa, sekilas balik cerita hamil lahiran #babyTangguh. Ntar kapan-kapan diposting cerita lengkapnya πŸ™‚ eh sama aku masih utang cerita yg ttg penyebab lama br bs hamil ituyah, hmmm….. *dijitak pemirsa yg nungguin*

23 thoughts on “Ketika itu 38 minggu kamu dalam perutku…..

  1. Alhamdullillah, selamat atas kelahiran putranya mbak! Aku ikut seneng… Aku daftar jd potensial ibu kosnya mau lho. Kami di Medford, yah 20 mnt dr Boston University πŸ™‚

    Like

  2. Tuh kan..πŸ˜‰ Hamil dan melahirkan gak horor kayak cerita ibu-ibu itu kanπŸ˜„ Yang “horor” tuh ngurusnya.., apalagi kalo udah temper tantrum.. Beuuuhhh😁 Ini si Bear lagi musim tantie (nickname-nya TT) Untung emaknya punya siasat jitu😝 Oh ya si Bear juga lahir minggu ke-38 kurang bbrp hari..

    Like

  3. Mbak Tykeeeee.. Aku pun sumringah pas tau Mbak uda melahirkan. Huahahah.. Secara aku ikutan sediiiih banget kalok baca postingan Mbak yg nyerempet. Huhuhu.. Ya udah deh, ucapkan alhamdulillah πŸ˜€

    Like

  4. Cut Isyana says:

    alhamdulillah.. selamat ya Mbak atas kelahiran baby tangguh. Aku dan suamiku pas pertama kali liat testpack strip 2 juga bengong hahaha. Semoga baby tangguh tumbuh menjadi anak yang soleh ya.. aamiin

    Like

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

