List Kebutuhan Bayi

Cerita ttg the mystery of my unexplainable infertility, nyusul ya. Hari ini ngetik ini dulu krn ada ex murid yg tanya ttg ini. Disusun based on my experience as a rookie mom. My son is now almost 3 month old. Ok here we go…..

FOOD

* Bersihkan payudara (puting) sejak sebelum melahirkan. Supaya ga ada penyumbatan. Googling aja caranya ya.

* Klo bekerja dan mau ninggal ASIP, miliki pompa ASI, sedari awal. Aku udah beli sejak masih hamil. Rekomendasiku, beli yg relatif murah dulu kayak Medela Harmony, harga 400an. Ini pompa manual namun tuasnya nggak keras. Nyaman sekali. Klo blm mau beli, sewa dulu (jika berkenan). Merk lain ada yg lbh murah tapi tuasnya keras. Aku beli di ITC Kuningan, FANY. Murah. Lebih murah daripada di Tokopedia. Aku beli yg Medela Harmony with Nipple Calma.

* Botol yg insyaalloh ngga bikin bingung puting: Piegeon Peristaltic Plus, ada di Farmers Market & Carrerfour. Selain itu ada Tommee Tippe Close To Nature, Medela Nipple Calma (ini dapet bawaan Medela Harmony– tp klo yg Medela Harmony Light, tanpa nipple calma). Yg termurah? Yo yg Pigeon. Enak, bisa punya bbrp botol sekaligus. Aku pake Medela Nipple Calma & cuma mampu beli 3 krn mahal, hahaha.

* Beli wadah penyimpanan ASIP. Bisa botol kaca dgn tutup plastik, bisa juga pake plastik ASIP spy lbh hemat space di freezer. Rekomendasi temanku: plastik ASIP merk GABAG.

* Belajar cara marmet spy lbh ringkes & gak usah beli pompa, hehehe. Marmet = merah pake tangan.

* Klo bayinya mau minum pake selain botol, katanya lebih baik untuk mencegah bingput (bingung puting). Bisa pake cup feeder, sendok dll. Ya semau bayi DAN…. Senyaman pengasuhnya saja.

* Untuk steril botol, bisa pake yg tradisional alias direbus. Bisa juga beli alat steril. Rekomendasiku: Panasonic Dish Dryer. Harga 700-800rb. Setelah disteril, skalian dikeringkan. Agak besar jd buat steril alat makannya klo ntar sudah 6 bulan — waktunya makan.

* Bantal menyusui is my best friend!! Merk yg aku rekomendasikan: Cuddle Me. Beli aja di Tokopedia, banyak pilihan warna. Kenapa merk ini? Karena bentuknya datar seperti meja. Harga sekitar Rp 170.000

CLOTHES

* Awalnya kupikir lucu ya klo bayi bajunya warna all white. Knapa putih? Supaya netral aja, gitu. Sapa tau bisa diwariskan ke adeknya kelak. Kenyataannya? Aku kapok beli baju warna putih, hahaha. Air di tempat tinggalku kayaknya ngga begitu bagus, baju putih jadi lekas menguning. Meski aku jg ga 100% yakin itu salah airnya.

* Jadi saranku untuk diriku sendiri: say no to baju warna putih. Mending beli baju warna-warni aja. Klo mau yg netral, kan bs biru, kuning, ijo toska atau merah. Merk yg termurah: Libby lalu atasnya Miyo & Fluffy.

* Untuk newborn: kebutuhanku waktu itu, aku perlu 1,5 lusin atasan lengan pendek. Plus setengah lusin atasan lengan panjang. Beli aja yg size 0-3 bulan. Size ini kepake cuma 1 bulan sih di aku, hahaha. Terus kependekan.

* Selanjutnya, aku beli sedikit size 3-6 bulan. Sisanya size SMALL aja deh. Bedanya size 3-6 bulan dan size SMALL? Panjangnya selisih 3 cm. Berhubung anakku tipikal badan panjang, jd lbh cocok pake yg SMALL. Klo bisa, cari yg kancingnya 4 ya.

* Jelang usia 3 bulan, aku udah mulai belikan dia atasan size MEDIUM yg sayangnya gak nemu yg kancing 4. Aku beli merk Fluffy.

* Merk yg kurekomendasikan, klo mau warna putih: merk LIBBY. Belinya di Tokopedia, nama tokonya: Everlasting Baby Shop. Dia mostly cuma jual merk LIBBY. Murah bok, merk ini. Secara cuma dipake sebulan yah. Atasannya harganya cuma 9ribu apa 10ribu gitu ya.

* Baju merk lain yg kubeli, Miyo Red di Tokopedia: Lemari Anak. Velvet size S di ITC Kuningan, Fluffy size M (Rp 53.000/3 pcs) di ITC Kuningan juga. Aku klo beli baju di ITC Kuningan, cari toko yg jual ngga harus sepasang (atasan-bawahan). Kenapa? Liat poin berikut:

* Kalo bawahannya gimana? Anakku dr sejak pulang RS, pake clothing diaper. Jadi kurasa sih ngga usah pake celana lagi yo, kan udah pake cover clodi yg lucu-lucu itu. Lagian klo cover clodinya masih bulky (agak kegedean), dipakein celana juga ngga muat.

* Kadang klo perlu pake bawahan (celana pendek) krn pake pospak (popok sekali pakai), jelang usia 3 bulan dia kupakaikan celana Carter yg size 6m (3-6 bulan).

* Beli jumper gak, merk Carter yg lucu itu? Beli dong yg size 3m (usia 0-3 bulan). Cuma pas doi masih usia 0 sampai sebulan, aku blm berani makein baju yg tanpa kancing. Begitu aku udah berani…. Eh kepalanya dia udah kegedean, ngga masuk di kerahnya, hahaha.

* Jelang usia 3 bulan, mulai kupakaikan jumper Carter kado dr teman, yg size 9m (6-9 bulan). Longgar dikit gpp lah badannya. Yg penting bagian kepala muat masuk ke baju!!

* Kaos kaki size NB (newborn) udah mulai kekecilan jelang dia 3 bulan. Saatnya beli baru, buat klo dipake keluar rumah. Klo di rumah pake yg kekecilan jg gpp πŸ˜‰

* Topi? Aku beliin topi size NB merk Libby dan Mio yg bahan kaos dan gak muat di kepala doi, hahaha. Mau beli topi rajutan aja lah, yg lbh molor kan bahannya. Itu baru muat.

* Aku ngga pakein sarung tangan.

* Bedong, beli merk Fluffy. Itu lebih besar drpd Libby. Klo beli Libby, aku beli di Tokopedia: Everlasting Baby Shop. Klo Fluffy beli di Toped juga: Lemari Anak.

* Sebenarnya aku lebih pilih ngga dibedong klo cuma supaya anget. Mending kupakaikan baju panjang aja. Krn aku butuh liat pergerakan tangannya dia yg diisep, klo pas dia mulai lapar. That’s one of the hunger cues.

* Berhubung anakku Moro Reflex nya agak mengganggu tidurnya, bedong adalah salah satu solusi mengatasi reflex tsb. Silahkan googling for more info.

* Kain bedong aku total punya 6 pcs dan later on dipake buat alas stroller dan selimut.

BATH TIME & CLEANING PRODUCTS

* Perlak. Untuk mandi, aku pake perlak yg gede Rp 70.000an beli di ITC Kuningan. Untuk di tempat tidur, aku pake perlak kecil yg size sekitar 30×40 cm. Beli di Anindita @ Tokopedia. Harga Rp 10.000, aku beli 3.

* Sabun, aku beli yg 2 in 1, top to toe merk Zwitsal. Untuk toilettries, aku pake merk Zwitsal (diluar kado yah). Cuma pake sabun yg td, hair lotion.

* Minyak telon? Baby ku agak sensitip kulitnya, merintis klo kena minyak telon. Jadi jarang kupakaikan, klo ngga butuh banget. Pake merk Konicare.

* Aku nggak pake: bedak, baby lotion, baby cologne. Bedak nggak kupakai based on latest research, lagian ntar mempengaruhi daya serap clodiku. Baby cologne aku punya, Johnsons, kado. Cuma sering lupa ya makeinnya.

* Baby oil cuma klo mau bersihkan sisa plester pasca imunisasi. Nggak kupakai teratur, seperlunya aja.

* Baby lotion juga no need klo menurutku. Kulitnya kan juga masih sangat lembut.

* Ruam popok? Aku pake salep merk Pure Baby Rash Cream. Beli di ITC Kuningan Rp 70.000.

* Klo abis pipis, aku bersihin pake kapas bulat. Rekomendasiku: merk Medisoft beli di Tokopedia. Harga Rp 6900, termurah, ini bisa didapat di toko Bebe Bee. Medisoft ada di Farmers Market tp harganya 12rebu aje, wew! Sekali beli aku biasa langsung 1/2 lusin.

* Setelah pake kapas bulat yg dibasahin pake air (aku pake air sulingan, bukan air pet), ku keringkan pake handuk size 30 x 30 cm.

* Handuk. Handuk mandi dan handuk kecil, aku rekomendasikan FRAJEN dari IKEA. Luar biasa daya serapnya! Beli aja di dekoruma.com; disana gratis ongkir plus harganya sama dengan di IKEA langsung.

* Handuk kecil FRAJEN Rp 15.000, aku punya 2. Handuk yg besar 70 x 140 cm Rp 99.000. Sama aja harganya dengan handuk bayi yg mahalan tp daya serapnya gak jelas! Oiya, beli handuk yg warna terang aja supaya ketauan klo dipipisin bayi, hehehe.

* Klo pup, aku bersihkan pake kapas bulat yg dibasahi air dan tisu basah ya tentunya. Beli aja merk Mitu atau Cussons atau Sweety. Merk-merk khusus bayi biasanya muahal! Klo pas lagi ada promo, Rp 17-18.000 bisa dapat 2 pak Mitu atau Cussons. 1 pak isi 50 lembar. Saranku: NYETOK lah tisu basah sebanyak-banyaknya klo pas lagi diskon, hahahaha. Klo ditanya, mau kado apa, aku jawab: tisu basah bayi aja deh aneka varian, hihihi.

* Klo bayi nggak ada sensitif sama merk tisu basah tertentu, bebas aja merk apapun. Kadang ada bayi yg gak bisa kalo tisu basah ada pewanginya, toh.

* Gunting kuku. Pake merk Pigeon beli di ITC Kuningan. Ini salah satu best buy ku!!

* Oiya, toko jujuganku di ITC Kuningan: FANY BABY SHOP. Klo ngga salah ada di lantai 4. Klo barang yg dicari ga ada di Fany, baru ke toko lain.

* Bak mandi, bukan merk PUKU, Rp 79.000 di ITC Kuningan.

LAIN-LAIN

* Diaper bag. Okiedog Urban Sphinx beli diskonan di Bilna (now Orami).

* Sterilizerku merk Pigeon, yg jadi 1: penghangat makanan & bottle warmer. Harga sekitar Rp 700.000 di Carrefour.

* Strollerku: kado dr teman-teman blog (thanks The Mahmud & Kwek-Kwek!). Joie Nitro, pernah direview sama Andra Alodita di postingan yg mereka ajak Aura Suri ke Bali. Googling sendiri ya, hehe.

~~~~~~~~

“No no no no no Bunbun! You promised not to put my pic on your blog!” “Just this time babe!”

Ok itu aja dulu sharing ku. Maap ya ngga pake foto. Posting buru-buru soale, keburu anaknya bangun. Aku kasi foto anakku aja ya, sapa tau pengen liat si doi, hihihi. Hth, hope that helps!!

73 thoughts on “List Kebutuhan Bayi

  1. Babynya namanya siapa, lucu ginak ginuk… aku nggak suka plastik ASIP Gabag karena kaku, lebih suka merk Nature plastiknya lebih lentur dan gampang kalau simpennya mau dilemper (nggak perlu berdiri)

    Like

  2. fenty6285 says:

    mbak tyka kerja mbak ? tapi sakjane ya emang butuh sih pompa asi, hehehe, aku kerasa butuh banget baru setelah kerja aja, nyesel gak mompa dari awal2, pas setahun dan akhirnya kerja lagi asiku juga gak banyak2 amat keluarnya, huhuhu

    lebaran ke surabaya gak mbak ? kalo iya aku mampir yaaa, tapi si adek masih kecil kali ya, eh tapi liam kuajak ke sragen pas 4 bulan sih xD

    Like

  3. Seru ya belanja keperluan baby, parahnya aku udh lupa itu list2 nya, padahal setahun yg lalu boo heboh belanja ginian. langganan ku juga di Fany Ambas mba, sama yak kita.. 😊

    Like

  4. wiiih panjang dan lengkap banget ini mama Baim :*

    aku breast pump cucoknya pake pigeon, enak, dan ga ribet bersihiinya kalo abis pumping.. hihihihihi

    Like

  5. Mbak Tyke sayaaaang… Lucunya bayimuuu πŸ˜€ Eh dulu aku juga males pake2in macem2 ke bayi (telon, bedak, lotion dll).. Makin kesini kok bayiku ambu kecut pol… Mulailah kasi2 bedak wkwkwkk… Yah biar agak bau ‘bayi’ dikit lah :p
    Trus berhubung kebanyakan yg kadoin tas bayik, aku tak jadi beli tas2 branded lucu2 yang lagi sale itu =__=” padahal kepingin hihihihi
    Selamat meng-angon bayik mbak Tykkkk!

    Like

  6. Ini review perlengkapan bayik terlengkap yang aku pernah baca. Okiedog diaper bag is the best! Punyaku masih kepake buat jalan2 santai meski nggak sama anaknya 😁

    Sehat-sehat ya, baby B. Kamuh lucu banget.

    Like

  7. Dede……lucunya, gayanya sangat ekspresif, hihihi……protes abis ya, de….. Yo Bunda ih nulis tentang dede Bayi, ngga sabar pengen baca ceritanya…..

    Like

  8. Tadi teh udah ngetik komen panjang kenapa ilang ya? hehehe…..

    Dede Bayi lucuuuuuuu…….fotonya ekspresif banget. Ayo Bun…..tulis cerita tentang dede bayi…..

    Like

  9. Salam kenal mbak, masih ditunggu loh cerita unexplain infertility nya. Kebetulan aku sama kayak mbak. Uda periksa ini itu dan semua hasilnya normal dan sehat sehat aja kata dokter tapi sampai sekarang belum membuahkan hasil.

    Like

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

