Belanja produk Indonesia di Kingsford

Makasih ya teman-teman atas sumbangan ide-nya di kolom komen postingan waktu. Postingan kali ini, saya ucapken terima kasih  kepada: Jeung Deny di Belanda atas sumbangan ide-nya dan Mbak Widi di Kingsford atas sumbangan fotonya.

suwun Mbak Wid, foto White Lotus-nya ciamik!

Setelah waktu itu membahas grocery shopping dari sisi berusaha ngirit (link), maka kali ini mau membahas sedikit tentang dimana bisa belanja produk makanan dan minuman merk Indonesia, di Kingsford.  Like I have told you before on my prev post, di UNSW banyak banget mahasiswa Asia (salah satu yg menonjol: dari Indonesia). Ini tentu berdampak pada: di Kingsford (suburb terdekat dari UNSW) begitu mudahnya menemukan orang Indonesia, restoran Indonesia dan minimarket yg menjual produk bermerk Indonesia.

Nah bagi yg merindukan transaksi jual-beli dalam bahasa Indonesia plus tentunya mengonsumsi produk Indonesia (teh kotak, saos sambel, mi instan dll), bisa ke WHITE LOTUS. Kalo foto peta dibawah ini diklik, akan nampak versi besarnya dan keliatan ada 1 lagi toko namanya Randwick Oriental Supermarket (link) yg juga berjualan beberapa merk Indonesia. Tapi kayaknya nggak sebanyak di White Lotus ya? Tetap jadi salah satu favoritku, tapi pertama aku bahas White Lotus dulu aja πŸ™‚

Screen Shot 2015-09-23 at 5.57.23 AM

Awal ke White Lotus, diriku terkesima waktu mendengar engkoh yg punya toko akrab bercakap-cakap dengan para pelanggan, DALAM BAHASA INDONESIA. Yep sejak saat itu aku juga ikutan tanya-tanya pake bahasa Indonesia, hahaha: “Om jual ini nggak? Om tempatnya itu dimana ya?”

Disini aku biasanya beli apa aja? Yah klo produk Indonesia biasanya sih: mi instan (merk Supermi, Indomie, Mie Sedapp, lengkap!), bumbu Bamboe, saos sambel, kecap asin-manis, bumbu dapur bubuk merk Koepoe-Koepoe, snack kayak Astor & biskuit Selamat, pembersih wajah Mustika Ratu; beli Salonpas juga pernah kayaknya sekali pas kepepet (trus melotot tambah sakit kepala pas bayarnya hahaha). Shampo Natur, Molto dll. Pokoknya aku mah tetep setia dengan banyak sekali merk Indonesia deh walo udah hijrah ke Australia πŸ˜†

Biasanya aku ke White Lotus buat belanja dan Abi nunggu diluar. Soalnya lorong di tokonya sempit, jadi lebih nyaman Abi nunggu diluar aja. White Lotus ini diapit oleh Bank Commonwealth dan toko barang bekas Vinnies (link). Jadi pas deh: kelar Abi tarik tunai dan serah terima uang belanja ke Istri…. Aku ngacir grocery shopping ke White Lotus. Kelar belanja di White Lotus, kalo ada kembalian gold coin (pecahan $1 dan $2), kadang aku melipir ke Vinnies buat skedar cuci mata atau cari barang bekas apa aja deh πŸ˜€ Mulai dari sendok takar buat masak/baking sampe ntah apalagi lah itu yg kubeli di Vinnies, hehehe. Eh ini nemu foto barang bekas yg aku beli di Vinnies, laci plastik buat di meja. Cuma $5, lumayan lah…

IMG_3791_2

Oiya, seperti yg kutulis diatas, aku juga sering belanja produk merk Asia (Thailand atau Malaysia yg halal certified) di Randwick Oriental. Harga sih beti sama White Lotus (beda tipis). Tapi aku suka ke Randwick lbh karena jaraknya lbh dekat dengan tempat tinggal. Beda gak sampe 100 meter sih, tapi nyebrang jalannya itu loh kadang males aku nunggu lampu merah, hehehe.

Di Randwick Oriental biasanya aku beli mie instan made in Thailand/Korea (rasa kimchi dsb), bumbu dapur cair merk Ayam (fish sauce & saos tiram), santan, bakso ikan, mie basah, bumbu masakan merk Asian Home Gourmet, bumbu tomyam kemasan botol, dll. Kalo telur dan beras? Beberapa pegawai di Randwick Oriental ada yg orang Indonesia juga sih.

(bersambung ke postingan berikutnya)
32 thoughts on “Belanja produk Indonesia di Kingsford

  1. Ada namaku disebuutt πŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒ haha. Oriental ini berjaya disemua negara kayaknya ya *padahal ya cuman taunya di Belanda sama tulisanmu ini haha. Aku selalu tertarik pengen tau kalau orang Indonesia merantau ke luar negeri apakah disana mereka menemukan makanan dan bumbu Indonesia dengan mudah. Dulu sebelum aku berangkat, sampek beli bumbu2 instant sebanyak2nya. Takut ga ada bumbu Indonesia di Belanda. Setelah tahu ada pasar tradisional dan toko oriental yang super lengkap dan murah banget disini, bumbu2 instant nya ga kepakai haha. Rugi bandar. Ga gaul diawal.
    Suwun Mem tulisannya.

    Like

    • Aku jg banyak bawa bumbu Bamboe dr Surabaya. Akhirnya yo nemu White Lotus yg jual Bamboe juga hahaha. Malah begitu nyampe Sydney, yg sering dipakai, bumbu merk Thailand & Malaysia πŸ™‚

      Like

      • Iyoe kadung nggowo akeh bamboe karo indofood ealaahh ga digawe blass. Tak bagi2 koyok sinterklas nang wong2 kene akire. Dadi lek onok wong Indonesia mudik trus takon aku arep titip panganan opo, aku ga titip, wong nang kene onok. Pengen titip gowokno ibukku ae, kan ngelamak iku hahaha.

        Like

      • Vita says:

        tapi emang beda tempat beda juga. .lha jaman aku dulu di jerman org indonya juga gak ombyokan kayak di ostrali.. ga ada toko khusus indo, adanya toko asia, bumbu2 kopi2 dll kyk di white lotus ya ga ada (tp yo itu taun segitu yo, ga tau skr heheh).

        Kalo post nya bisa diedit bisa juga ditambahi: di white lotus juga dijual susu pembersih merk Viva yg “Asmara” πŸ˜† ibu Vita juga beli xD huahahaha… jauh2 ke sydney beli viva

        Like

  2. hahahaha kasian suaminya disuruh nunggu diluar, biasanya bakalan lama tuh kalo perempuan yang belanja XD #kaburr

    wah kayaknya di sana surga nih bagi pecinta mie instan, rasa apa aja ada. ampe mie instan rasa kimchi juga ada hihihihi pingin cobain.. btw perbungkus berapa duit mba ? πŸ˜€

    Like

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

