Sholat dimana?

Salah satu alasan mengapa aku lega akhirnya bisa kembali tinggal di tanah air, adalah: kemudahan untuk mencari tempat sholat saat sedang beraktivitas diluar rumah πŸ™‚ Meski nggak semua musholla di pusat perbelanjaan di Surabaya/ Jakarta/ Bandung yg pernah aku datangi, dalam kondisi yg layak untuk dipakai sholat, tapi seenggaknya lho ya….. Seenggaknya aku masih sangat bersyukur masih ada space buat sholat.

Percayalah. Buluknya musholla di pusat perbelanjaan kita, niscaya masih akan sangat disyukuri keberadaannya, disaat kita udah pernah merasakan susahnya nyari tempat sholat saat berada di tempat dimana umat Muslim adalah sangat minoritas.

Boro-boro sholat di mall…… Masjid aja susyahnya minta ampunnnnnn nyarinya di tiap kecamatan/kelurahan, hehehe. Nah di Sydney, kalo pas lagi bepergian dan gak keburu untuk sholat di rumah, biasanya dalam kondisi kepepet tsb, aku sholat dimana? Ya dimana lagi kalo bukan di….. *lihat gambar dibawah*

Di Parents Room, hahahahaha. So far udah pernah ngicipin sholat di Parents Room: Birkenhead Outlet Point, Mall Eastgardens, Bondi Junction dan….. IKEA πŸ˜† Makanya aku hampir selalu bawa mukenah plus sajadah tipisnya, klo bepergian. Cari aja Parents Room, insyaalloh ada kok. Trus di dalam Parents Room kan ada washtafel atau seringnya juga ada toiletnya sendiri. Aku masuk aja ke toilet trus wudhu di washtafelnya. Abis itu, percikan air di lantai aku keringkan pake tisu toilet yg keras itu loh, bukan tisu gulungnya ya.

And then, aku masuk aja ke bilik menyusuinya. Sambil bismillah komat-kamit semoga selagi aku berada di dalamnya, gak ada yg antre untuk memakai bilik tsb. Dengan aplikasi azan di HP, aku cari kiblatnya dan bismillah lagi: semoga aku nggak salah caranya make aplikasi ini, hahaha. Yaweslah wallahuallam, semoga selama ini arah kiblatnya selalu bener. Trus ya udah sholat deh. Biasanya kursinya aku geser deket tirai, jadi dari luar gak terlalu keliatan aku lg ngapain.

Mungkin bisa juga nyobain sholat di dalam changing room/ruang ganti kalo di toko baju yg besar ya? Semisal Target/Kmart dan sejenisnya yg ruang gantinya banyak dan berpintu ada kuncinya. Tapi aku nggak pernah kepikiran tuh. Karena tempat wudhunya juga pasti diluar toko kan ya.

Oiya, pengecualian kalo pas aku lagi pergi berlibur keluar kota ya, biasanya aku jamak aja sholatnya. Tapi pas di Sydney kan statusku bukan turis, dan aturan untuk menjamak sholat juga ada sendiri toh. Meski untuk lebih jelasnya, aku gak berkompeten untuk menjelaskan πŸ™‚

Baiklah. Bonusnya, aku pajang foto trafik di pusat kota Sydney pas jam pulang kantor. Waktu itu pas aku pulang dari Birkenhead πŸ™‚ Tumben nih rame kayak begini. Kalo nggak pas jam masuk dan pulang kantor, jalanan relatif lengang kok. Saking lengangnya sampe mencurigakan, kadang-kadang, hahaha. Ini kota kok dikit amat mobil sliweran.

54 thoughts on “Sholat dimana?

  1. Gara says:

    Parental room itu kalau di Indonesia mungkin saya padankan dengan ruang laktasi, benarkah Mbak? Jika demikian, maka ruang laktasi kan hanya untuk kaum wanita, nah laki-lakinya kalau mau shalat, di mana Mbak? *penasaran :hehe*. Saya salut dengan Mbak dan saudara-saudara muslim di sana, meskipun penuh dengan keterbatasan, ibadah mesti tetap jalan, saya pikir semua kita selaku umat yang ber-Tuhan seyogianya seperti itu ya, tidak ada alasan untuk tidak beribadah :hehe. Terima kasih sudah menginspirasi!

    Like

  2. Aku tau ditolak 2 kali di 2 mesjid berbeda disini bwuahaha. Saking ga paham iku mesjide sopo. Kupikir sama aja kayak kita di Indonesia yang siapapun boleh sholat di Masjid. Tapi untuk negara tertentu, ternyata perempuan ga boleh sholat di Masjid (karena Masjid itu dimiliki oleh jemaah negara tertentu itu). Dan aku waktu itu sik ngeyel, eyel2an karo penjaga masjide. Tetap ditolak. Padahal kan mau sholat ya, kok ya ditolak. Ga paham aku. Gender banget sih *ngomelku sih ngono. Tapi mereka punya aturan sendiri. Ya dihormati ae. Suwun idene Tyk, tak coba kapan2 lek kepepet sholat ditempat2 sing mbok sebutno.

    Like

      • Setelah kutelisik, maksudku nanya sama teman2 sekolahku yang asalnya dari negara itu, dibilang memang perempuan tidak boleh sholat di Masjid. Itulah kenapa masjid disini yang dimiliki oleh negara tersebut, khusus untuk laki2. Akire aku cepet2an mulih. Untung ae cedak omah. Dan mereka juga ga kasih solusi pas aku nanya aku musti sholat dimana. Mbuh aku yo ga paham *ngunyah tahu tek

        Like

          • Mbayangno ae sampek dijatah 2 bungkus yo hahaha. Btw, tahu campur onok sing huwenaakkk. Nang Rawamangun sebelah Arion mall. Cedak kosku mbiyen iku. Sing dodol wong lamongan asli. Biyuuhh tombo kangenlah pokok e. Enak manteb.

            Like

          • Nang ndi iku Arion Mall? Sawangane kok mall beken (pada waktunya…. Jaman dahulu hahahaha). Wes aku sabar ae ngentheni sampek muleh nang Sby. Ngkok sebagai starter: tuku nang ngarep kompleks. Nek wes onok sing dikon budhal rodok adoh: tuku nang ngarepe Marriott, jenenge DEPOT LEGENDARIS. Ckckckck kemecer rek bengi2 mbayangno tahu campur pedes panas!!

            Like

          • Wadow rujak cingur! Aku ga suka cingure tp suka banget bumbunya. Yum yum yum. Depan kompleks di rumah Sby ada yg jual enak. Mihil sih, perporsi 25rb. Tp emang enaaaak….

            Like

  3. Beruntunglah daku..kalo lagi ngelencer, berstatus turis, jd mengambil jatah turis..eh jatah sholat yg di jamak..sholat di bus..tayamum…btw..itu tahu campur enak didepan jw marriot surabaya? Mau melipir kesitu…ah

    Like

  4. Wealaaaah ternyata begitu tho triknya.. Aku sih omah cedhak dadi nek meh sholat meluncur naik bis. Aku nang kene mergo ra ono mall, eeh ono ding sebiji nan jauh disana pokokmen, ra tau nemu ruang laktasi atau parents room gitu.. Di ikea ono tho? aku sing gak gaul berarti, ora ngerti hahaha

    Like

    • Aku mikirnya (setelah nyampe indonesia) jg gt. knp ga sholat di taman aja klo pas lg kegiatan outdoor. Pernah liat sih emg ada yg sholat di taman bawah Sydney Harbour Bridge πŸ™‚

      Like

  5. De says:

    I feel you!

    Aku pernah sholat beralaskan koran di boarding room karena sajadah tipis ada di koper. Mikirnya krn penerbangan cuma 8 jam, bisa sholat duduk di dalam pesawat, eh tnyata musti transit karena badai dan nunggu di erpot transit itu lebih dari 10 jam. Perjalanan total jadi nyaris 24 jam itu

    Like

  6. Jadi ingat pengalaman sendiri waktu ke luar negeri. Kalau di Singapura atau Malaysia masih gak ada masalah sih ya buat aku, selalu ketemu tempat untuk bisa melakukan shalat, Alhamdulillah πŸ™‚ Bahkan pas ke Universal Studio di Singapura senang banget bisa ketemu tempat shalat πŸ™‚
    Nah yang jadi masalah pas ke Jepang nih πŸ˜€ Walaupun beberapa tahun belakangan ini, Jepang udah mulai moslem friendly, kalau lagi jalan jalan ke sana pasti ada aja waktu dimana aku harus ngerjain shalat di tempat di mana orang kadang kadang ngeliatin kita πŸ˜€ Dulu pernah shalat di bagian tempat dandan dalam toilet wanita di salah satu mall di Shinjuku. Terus pas ke sana tahun lalu, juga pernah shalat di salah satu taman terbuka di Osaka Castle dan juga di pintu keluar Tokyo Disney Sea πŸ˜€

    Like

  7. naaahhh….tumben nemu blog yg aplot urusan solat πŸ™‚ hihihihi

    ogut juga ga bakal kepikiran nih solat ditempat gituan kalo ga baca blog ini.
    meskipun entah kapan akan “terlaksana”…Lha paspor aje sepi banget cap nya.

    ~~ga ada yg ngajak kelayapan~~

    hix hix

    *Lah,,malah curcol*

    Like

  8. Repot emang ya kalau mau sholat di negara yang minoritas umat Islamnya. Seringnya mah di mobil saja sholatnya.
    Kalaupun di ruangan nyoba baju, suka bareng temen/anak, jd ada yg nungguin di luar. Cari yg kira2 ngga pada ngantri mau nyoba baju.

    Sepertinya di ikea selalu ada itu parental room, soalnya di ikea deket rumah juga ada…

    Like

  9. gak kayak surabaya yaa…. macetnya astaghfirullah
    pas pulang kerja, di gunungsari arah ke menganti

    atau di mayjend sungkono arah darmo satelit
    belom lagi yang daerah kapasan atau pasar turi sana

    Like

  10. Mb tyka,

    Aku, suami dan anakku baru plg dr yalan2 ke melbourne dan sydney june kmrn.. Ihhh samaan deh kita, kita jg selalu sholat di parents room dan wudhu disitu.. Pernah sholat di Parents room darling harbour, Airport sydney, airport melbourne, tapi kita pernah bela2in cari mesjid buat suamiku sholat jumat di daerah Surry Hills namanya Redfern Mosque.. Mesjid Turki ketoke mb.. Bayangin dr hotel kita yg di travelodge daerah wentworth avenue jalan kaki aja donk ke surry hills bertigaan.. Hoahahhaha..
    Jadi ga ada alesan utk ga sholat yaaa.. If there’s a will, there’s a way..

    Salam kenal 😊

    Like

    • hai! maap komennya tadi sempet nyasar ke SPAM πŸ˜€ iya aku tau Redfern Mosque. kalo naik bus 393/395 dari Kingsford ke Central Station, mesti ngelewati masjid ini πŸ™‚ tapi aku blm pernah sih sholat disana πŸ˜‰

      Like

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

