Ke BKM yuk? Yuuuuk!

Setahun yg lalu, udah nulis juga tentang BKM disini. But in a short, BKM (Baby & Kids Market) itu adalah semacam bazaar yg berjualan barang-barang kebutuhan bayi dan anak, second-hand/pre-loved (alias: bekas). Mulai dari baby-box, stroller, sepeda, mainan, baju, buku dll. Ada sih beberapa booth yg berjualan barang baru, tp jarang.

Lokasi dan jadwal komplet BKM bisa dilihat disini. The next schedule for BKM at Five Dock ada ntar 17 Mei 2015.

Oiya, bawalah banyak koin dan jangan lupa troli belanjanya 😀 Koin 20-50 sen, 1-2 dollar. Karena klo buku anak, ya harganya sekitar segituan. Jadi enak klo bayar uang pas. Bawa kresek (tas plastik) juga karena kadang mereka nggak sedia kresek.

shopping trolley full of books!

Selama setahun di Sydney, aku total ke BKM kayaknya 3x ya. Semua yg BKM di Five Dock krn itu yg paling dekat dari Kingsford. Awal belanja (pas kedatangan pertama), ngabisin ga sampe $10 tapi cuma dapet 2 buku ttg pregnancy dan parenting, hehehe. Maklum, masih rookie. Belom tau klo ternyata harga buku bekas bisa as low as 20cents. Iya! 20 sen alias berapa tuh klo dirupiahkan? 2ribu? Buku anak kecil-kecil tipis-tipis, 20-50sen/buku.

sepanjang jalan dari halte ke lokasi BKM, ngeliatin halaman rumah orang yg bertabur bunga aneka macam

Pas kali kedua ke BKM, udah mulai rajin muterin hall olahraga tempat BKM diadakan. Dan udah mulai jongkok, ngobrak-abrik jualan orang. Buku-buku 20-50sen gak tersedia di semua booth. So, once you find that booth which sells those cheap small cute books for kids, mending LANGSUNG BORONG AJA ya, hahaha.

Dari Kingsford, sebelum jam 8 udah nyegat bus. Karena total durasi perjalanannya skitar 75 menit. 2x naik bus dan rutenya ada beberapa. Ada yg naik M10 dan turun di Leichardt baru oper ke Five Dock. Ada yg naik bus ke sebrang Town Hall dan oper bus. Turun bus kedua masih ditambah jalan kaki lho ya. Jadi bawalah stroller anak kalian. Lumayan, berangkat, anak naik stroller. Pulangnya stroller diisi belanjaan dan anak digendong bapaknya 😆

Oiya, jalan kaki lumayan jauh, hampir 20 menit. Pas ke BKM kali ketiga bulan November tahun lalu, aku pergi sama Mbak Widi skluarga dan sepanjang jalan isinya becanda, motretin bunga:

Aku: Mbak Wid…. *setelah jalan kaki 10 menitan dan mulai bosen ngeliat bunga* Ini kira-kira nyampenya KAPAN ya?
Mbak Widi: Yaaaaaa…. kira-kira Maghrib gitu ya?
Aku: Hahahahahaha… *ngakak sambil mendorong Mbak Widi hingga hampir tersungkur ke semak-semak rumah orang*

my last BKM

Dan lalu aku pulang duluan, hehehehe. Soale duite wes habis 😆 Cuma nge-budget skitar $10 itupun nambah beberapa dolar karena nemu skotak Lego Duplo second. Alhamdulillah 🙂

Anyway, tips dariku:
1) BKM mulai pukul 9 pagi dan kelar skitar jam 12 siang. Datanglah at least 15 menit sebelumnya dan mulai mengantre di depan pintu. Early birds catch the fattest worms. Makin pagi kita datang, makin untung karena barang yg dijual masih komplet. Makin siang, tinggal sisanya aja. Walo asik juga, karena penjual udah makin banting harga.
2) Bawa kresek dan troli belanjaan. Atau stroller anak.
3) Bawa snack buat anak dan Suami, hehehe. Suami perlu diajak buat nemenin anak bermain selagi yg ibu-ibu belanja. Atau banyak juga loh Suami yg juga super excited untuk belanja di BKM… *lirik bapak2 Kingsford*
4) Siapkan stamina untuk jalan kaki dari dan ke halte.
5) Browsing dulu schedule bus dan siapkan dengan baik. Terutama bus pulangnya, karena cuma lewat 40-60 menit sekali. Nggak lucu banget klo telat cuma 30-60 detik trus busnya ngacir. Silahkan nunggu kedatangan bus berikutnya, hahaha… *ngetawain*

5) Setelah tiba di TKP, muter jangan cuma sekali. 3-5kali klo perlu. Dan kalo pas puteran pertama udah liat barang yg diincer dengan harga yg masuk akal (untuk ukuran barang bekas), langsung bungkus saja! Nunggu ntar-ntar? Wah wah kburu dibeli orang.
6) CASH ONLY! Kalo cuma mo belanja buku yg murah-murah, siapkan koin. Tabunglah koin sebanyak-banyaknya dari jauh-jauh hari, hehehe.

Advertisements

14 thoughts on “Ke BKM yuk? Yuuuuk!

  1. Gara says:

    Harganya murah, kondisi bagus, surga dunia banget ini untuk para pembelanja. Susah ya Mbak untuk tidak kalap kalau sudah mendarat di sana, apalagi dengan perjuangan jalan dari dan ke halte yang lumayan lama :)). Lumayan buat bakar recehan *sombong banget :plak*.

    Like

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s