Menyebrang jalan

IMG_1820.JPG
Di Sydney kudu belajar sabar menunggu saatnya menyebrang jalan, meski jalan lebarnya cuma selemparan tali kolor dan sepi kayak foto diatas. Pencet dulu tombol kayak diatas cukup sekali aja. Karena ga ngefek meski dipencet 100x, klo blm waktunya ijo ya gak bakalan ijo. Lalu tunggu sampe lampu diseberang berubah jadi ijo. Lampunya khusus penyebrang jalan, jadi kayak ada gambar orangnya. Foto berikut dicomot dari iStockPhoto dan artikel terkait ada di abc:

IMG_7835.JPG
Sebagian besar orang di Sydney dan suburb-nya, bisa sabar nunggu lampu ijo. Ya ada sih yg gak sabaran dan langsung nyebrang walo masih merah. Tapi lets say, dari 10 orang dari kedua sisi jalan, paling cuma 1-2 saja yg terburu-buru menyebrang meski belom waktunya. Itupun nggak setiap saat aku melihat begitu. Dan walo sudah ada bbrp orang yg melanggar lampu merah dan nyebrang sblom waktunya, gak lantas jadi nularin yg lain trs berombongan sama-sama melanggar. Yg laen mah woles aja kalem nunggu lampunya ijo. Salut deh 🙂

IMG_1826.JPG
Begitu ijo….Sebelum nyebrang, tetep wajib liat kanan dan kiri (tergantung tulisan di jalan, biasanya ada tulisan LOOK LEFT atau LOOK RIGHT), just in case ada pengendara sepeda/kendaraan bermotor yg slonong-boi. Jarang sebenarnya, karena dendanya muahal banget apalagi klo sampe nabrak penyebrang jalan. Ratusan AUD deh.

IMG_1847.JPG
Hmm kuakui aku pernah beberapa kali lari menyebrang dan melanggar lampu merah dan AKU MALU BANGET. Udahlah orang Asia, berjilbab pulak! Nggak pengen meninggalkan kesan yg buruk bagi orang-orang disekitarku…. Gitu. Lagipula bahaya cuy. Tau-tau ada mobil atau sepeda belok. Dhuarrrr…. Soale aku pernah liat ada sepeda nyebrang trs ditabrak mobil persis dibelokan gitu. Ntahlah siapa yg salah dan melanggar lampu merah. Sejak saat itu, aku kapok melanggar lampu merah lagi, hehehe.

Oiya, awalnya lampunya kan ijo ya. Trs berkedip-kedip merah: nah itu tandanya udah mau merah dan kita harus mempercepat langkah. Kalo udah berkedip merah, dan kita masih di pinggir (blom menyebrang sama sekali), mending jangan nyebrang dulu. Tunggu merah dan pencet tombolnya dan tunggu ijo lagi, baru nyebrang.

Klo mau tertib ya harus sabar dan patuh sama aturan 🙂 meski nggak ada yg liat dan gak ada polisi yg menilang. Kesadarannya harus dari diri sendiri. Sebagai penutup…. Enjoykanlah foto-fotonya…. Diambil tgl 29 Maret 2014 🙂

IMG_1821-0.JPG

IMG_1837-0.JPG

IMG_1850-0.JPG

IMG_1844-0.JPG

Advertisements

27 thoughts on “Menyebrang jalan

  1. Coba di depan ambas ya Mem. Balapan dulu-duluan antara mobil ama yang jalan kaki. Kalo motor mah selalu juara. Pake galak-galakan lagi. Huhuhu.

    Like

  2. Gara says:

    Ketertiban memang dimulai dari diri sendiri ya Mbak ternyata. Salut deh dengan masyarakat sana yang sudah bisa tertib dan menyeberang jalan dengan teratur. Kota yang tertib biasanya dimulai dari hal-hal kecil macam menyeberang jalan dan membuang sampah, jadi tidak heran Sydney ciamik begitu :hehe.
    Yah, semoga Jakarta bisa menyusulnya…

    Like

  3. azmihoffmann says:

    Aku disini juga mikirin banget jilbab dan ke-asia-an aku mba kalau di jalan. Jadinya ga mau sembarangan.

    Liat jalan kosong lampu masih merah, nahan diri sambil liat hape deh

    Like

  4. Walau cuma lampu merah sebaiknya kita menghormatinya juga hehe, jalan kalau saatnya boleh jalan 😀 . Btw ada kamera gak Tyke di bagian atas lampu merahnya?. Kalau di Jerman di jalan utama ada kameranya semua, sptnya kalau ada kecelakaan spy cepat datang bantuan sih.

    Like

  5. Se7 … kunci selamat dijalan raya ‘kudu sabar ya mbak dan dimana-mana berlaku hukum itu ‘biar lambat asal selama … yg nyebrang nabrak lampu merah itu memakai kiat ‘sebodo amat gua mau cepat … hehehe … 😛

    Like

    • jaraaang. suer aku jarang banget loh liatnya 😛 sekalinya liat, eh malah bapak2 bule atau wajah2 timteng 😉 eh tp klo turun bus mau ke Bowen Library, aku jg seringnya gak nyebrang di zebra cross sih. klo ada temennya nyebrang langsung, ya aku nyebrang langsung, behehe… dan mostly bule 😛

      Like

Thanks for your comment(s). Have a nice day!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s