Gongnya tips decluttering!

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Ngelanjutin tips di postingan ini.

Barang yg udah gak kepake tp masih berat untuk dibuang, demi alasan konyol apapun…. masukkan ke kresek warna gelap (spy gak keliatan isinya apa). Lalu kreseknya diiket rapet dan kasih label tanggal hari itu.

6-12 bulan kemudian (or probably more– ya sak ingetnya lah hahaha), klo kresek tsb blm dibuka juga ya berati isinya gak dicariin dan gak terpakai lagi.

Yowes toh? Gak usah dibuka lagi, gak usah diintip lagi. No second look– no regret. Lgsg declutter aja. That simple.

Yg dideclutter adalah barangnya, bukan memorinya

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh.

Salah satu ketakutanku saat mendeclutter adalah, aku kuatir nanti klo barangnya udah gak bersama aku lagi maka aku akan melupakan kenangan yg menyertai barang-barang tsb.

And it’s just a normal fear while decluttering. Ketakutan yg tetep kudu diatasi ya krn kalo gak gitu kan declutteringnya gak maksimal.

Salah satu tips berpisah dgn barang yg mengandung sentimental memories, adalah memotret barang tsb sebagai kenang-kenangan sebelum akhirnya mengenyahkan barang tsb untuk selamanya.

Aku masih nyimpen macam-macam peta saat tinggal di Sydney dulu. Ya buat apa toh. Jd kufoto aja sebelum kubuang.

Ada juga setumpuk frame yg bahkan plastiknya blm dibuka. Kuberikan ke sepupuku yg alhamdulillah pas mampir ke rumah waktu aku decluttering hari Rabu kemaren.

Aku kasihkan ke dia krn ternyata ini jenis frame yg gak bisa digantung di dinding. Buat ditaroh di meja aja. Padahal aku sukanya yg bs digantung di dinding.

Ya begitulah tips hari ini…..

Ngirim barang hasil decluttering ke orang? Ongkirnya bagaimana?

Selepas Rombeng Day Part 3 bbrp hari lalu, aku ke JNE Kargo untuk ngirim sekerdus kain dan benang jahit untuk teman di kota sebelah. Mayan murah ongkirnya, 11 kg cuma Rp 27.500.

Ongkir ditanggung penerima dong ya.

Tapi cara dia ganti ongkirnya ke aku, unik. Bukan dengan cara transfer bank. Sebagai ganti, aku kasih link ke sebuah halaman penggalangan dana di KitaBisa. Yaitu wakaf Quran untuk muslim dunia.

Aku pesenin: “Besok abis Subuh tolong disedekahkan ongkirnya kesini,”

Biar sama-sama dapat barokahnya gitu lho, aamiin.

Own less and use them

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh.

This lovely lepek/small plate. The whole set (around 20 of them) were a wedding gift for my mom & dad.

But I dont remember we ever used it not even once in 40 years. Yes you read it right: FORTY YEARS.

So I decided to declutter most of them, leaving only 6 for me & my brother. & now, everytime I have the chance to use it, I’ll use it with joy.

Coz thats how you treat valuable or sentimental items. You either use it, or put it on a display (dipajang). Klo cuma teronggok dipojokan lemari selama bertahun-tahun, itu namanya nggak menghargai kenangan atau apapun itulah cerita dibalik benda tsb.

Rombeng Day Part 3

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Cerita kemaren. Rabu, 5 Mei 2021.

Tibalah saat yg membuatku nervous sedari pagi. Ngerombeng babak terakhir, insyalloh. Sasaran utama adalah gudang di lantai 2.

Tp sebelum nyali cukup untuk membuka pintu gudang, diberesin dulu yg lantai 1.


Waktu berjalan semakin siang. Abis Zuhur, udah gak bisa ditunda lagi– I gotta face my biggest fear: declutter gudang lantai 2.


Yg pertama dideclutter adalah buku-buku. Klo buku dan ensiklopedia, udah mengalami bbrp kali proses decluttering selama bbrp tahun terakhir. Hari ini finalnya.

Tersisa 2 set ensiklopedia jadul dan kusumbangkan 1 set ke Yayasan untuk dibaca beramai-ramai oleh adik-adik yatim & dhuafa disana. Semoga bermanfaat dan siapa tau jd amal jariyah buat kami sekeluarga.

Yg 1 set (gak kufoto), kusimpankan untuk Adekku.

Setelah 3 jam’an akhirnya kelar juga segudang.

Monmaaf penampakan gelas jus sirsak saya. Lagi gak puasa, hehehe.

The final look…. waow banget ya Rabb. Hanya dengan pertolonganmu, ini bisa kelakon.

Mensortir kembali yg katanya udah hasil sortiran (sortirception): another tips

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Catatan Sabtu, lanjutan yg postingan ini.


Hasil sortir/declutter td gak menghasilkan banyak sih. Belom. Tp sekalian sama menata barang dr kardus ke tempat nyimpennya krn kan gak mungkin ditaro kardus selamanya.

Klo ada yg sampe 6 bulan ditaroh kardus tok & didiemin di teras belakang & gak didemok (dipegang, dicariin) blass? Hmm yowes alamat auto-decluttered lah 6 bulan lagi. It’s actually that simple.

Tapi klo bisa dideclutter sekarang kan kenapa harus nunggu 6 bulan lagi gitu lho? Atau klo masih berat ya gpp juga kali ya, ahahaha.

Oke sekarang ke tips berikutnya:

Untuk barang-barang tsb yg masih berat kuberpisah dengannya ntah untuk alasan KONYOL apapun, diiket dalam kresek hitam besar, dan kasih label Mei 2021. Nah 6 bulan lagi klo gak pernah dibongkar sama sekali itu iketannya kresek, langsung keluarkan ajalah dr rumah.

Gak usah disortir lagi, langsung cuzzzzz!

No second look, no second guessing yourself. Aku udah pernah mempraktekkan cara ini sebelumnya dan berhasil, alhamdulillah.

Ketika kubutuh asupan pembakar semangat…

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Catatan Sabtu (01/05/2021).


Video yg bagus. Blm semenit nonton, udah manggut-manggut setuju 3x.

Promise that this video wud be the last. Wont watch any new video until I finish decluttering two big boxes.

Decluttering is about taking action to REALLY DECLUTTER. Not just sitting watch videos about decluttering while munching your kids’ chocolaty snack (cemilane bocah disikat emake 🤣🤣).

Kok bisa sih barangmu banyak buwanget?!?

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Tulisan hari Kamis, 29 April.

For those who wonder: how come you have so much stuffs and unused CRAPS in your house? That it already took you twice ROMBENG DAYS and you still have to go thru the 3rd day??

Well my friend.

There are 4 generations living in the previous place. My grandma, my mom & late dad, my husband & I, and my kids. We used to always live in a very spacious house so eventho we dont feel that we shop that much, but thru the years of living together, THINGS ARE JUST ACCUMULATE.

Kumpulan selama bertahun-tahun, beberapa dekade. Barang nenek, barang ortuku, barangku. All in one house. Many of those items were bought on the 80s. Or even older. Older than me 🤣

So were we hoarders (penumpuk barang atau suka nyusuh)? Well yeah you can call it that way but we’re the tidy one 🤣

Alhamdulillah udah pada mulei tobat sekarang jd ya beginilah kondisinya sampai hari ini. Masih yg memaksa diri decluttering, getting rid of the guilty feeling of getting rid of craps we dont need (mbulet yaa), dll.

If you’re better than my family and I, alias gak suka hoarding atau numpuk barang, and that your house is only filled with only the things you really use, then good for you. Seriously. Be thankful.


Decluttering Tips:

5 Jenis Barang Yang Bisa Kita Declutter HARI INI JUGA, Tanpa Merasa Bersalah!

(the video is in English. I plan to rewrite the whole content in Bahasa Indonesia tp males 🤣jd ta’ terjemahin judule tok😛)

Sebwa tips decluttering

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Tips decluttering nomer 1: start with what clearly junk.

Ringkesin dulu yg jelas2 merupakan sampah. Misalnya:

  • Bulpen yg udah mati. Meskipun di bulpen itu ada tulisan nama almamater or apalah yg berkesan bagi kita. Tp klo isinya gak bisa direfill, just throw it away.
  • Krayon atau pensil warna yg tinggal sesenti-2 senti.
  • Kemasan apapun (terutama botol) yg udah kosong. Foto dibawah ini nampaklah aku membuang jerigen alkohol 70% kemasan 1L.
  • Sortir tempat penyimpanan obat. Banyak nemu obat yg expired tahun 2020. Bahkan 2018.
  • Tupperware yg udah gak ada jodohnya terutama jika tinggal tutupnya aja. Klo yg masih sisa itu wadahnya, masih bisa dipake untuk organizing your craps things. Tp klo cuma tutupnya kan ya buat apa?
  • Kemasan karton atau plastik trutama jika barangnya aja udah gak tau dimana. Barangkali udah dibuang duluan.
  • Kunci dari pintu lemari atau apalah yg udah gak jelas lagi. Kunci tak bertuan.
  • Kertas bekas. In my case kemaren ngebuangin kertas banyak banget bekas Abi jaman ngerjain tugas kuliah. Juga kertas bukti pembayaran iuran RT.
  • Kaos kaki yg tinggal sebelah.
  • Dan banyak lagi lah….

Dapet sekresek sampah. A great starter. Jd semangat 😁