Love Languages

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Ini ceritanya aku lg mo belajar ttg Love Languages alias Bahasa Kasih.

Penting menurutku untuk tau apa Bahasa Kasih dr Suami dan anak-anakku. Supaya aku bs tepat sasaran dalam mencurahkan kasih sayangku. Ciye ciye bangeeeet kaaaaan? Hehehe.


Paling enak klo Bahasa Kasihnya samaan. Kayak aku dan Adek M, sama-sama suka Physical Touch. Peluk-peluk, cium pipi. Istilah kami berdua mah: bersayang-sayang, gitu.

Selain Physical Touch, kami berdua juga sama-sama yg Words of Affirmation. Jd mengungkapkan rasa sayang dengan kata-kata, gitu. Masyalloh tabarakalloh…..

Klo untuk Mas B, Bahasa Kasihnya beda lagi tp blm aku telusuri lebih lanjut. Kayaknya sih Quality Time & Act of Service. Suka ngajak main bareng…. minta diladenin makan & mandi….

Meski kenyataannya aku masih sering gagal meladeni Bahasa Kasihnya dia dan lebih sering ngotot memaksakan Bahasa Kasihku ke dia, kayak peluk dan cium.

Makanya seperti yg kubilang diatas, penting untuk mengetahui Bahasa Kasih pasangan dan anak (& ortu juga). Jd bs menghindari salah paham dan bs tepat sasaran.

Kapan-kapan kubahas lebih lanjut deh ya. Meanwhile klo klean mo tau lebih dalam, bisa buka web diatas atau googling aja penjelasan bahasa Indonesianya.

Sabtu siang mendung manja

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Bahas perkara bocican lagi alias bobo ciang cantiq. Cerita Sabtu siang wiken kemaren nih…..

Tumbeeen si Mas bobo. Klo siang gak bobo, Mas biasanya malamnya jam 5 sore udah merem. Maks. jam 6.

Tp klo siangnya molor ya malemnya bobo lg jam 7an lah.

Sampe besok? Ya iya biasanya sih. Meski klo bobo jam 5 sore, kadang ya jam 1 dini hari kebangun trs duduk atau goleran aja disebelah Oma yg lg sholat. Nanti jam 3 ketiduran lg sampe subuh. Seringnya bablas sampe jelang subuh sih, jam 4 gitu.

& krn mak-bapaknya jg tidurnya abis isya dan bangun subuh…. yo gpp juga anak2nya pola tidurnya begitu.

Ya kan malah repot klo pas anaknya tumben blm bobo sampe jam 9. Which rarely happen, alhamdulillah.

Ah pokoknya tiap anak mah ada rejeki dan ujiannya masing-masing. Rejekinya disyukuri, ujiannya digregeti… wkwkkw…. (berusaha) dibawa sabar, maksudnyaaaa.

Tidak bobo siang, tidak masalah

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh.

Anak-anakku gak selalu tidur siang. Dan biasanya klo gak tidur siang, ya sebelum Maghrib udah pada bobo sampe besok pagi. Pagi jam berapa? Ya jam 4 udah bangun. Duluan mereka bangun drpd aku, wkwkkw.

Kejadian beberapa kali pekan kemaren, jam 4 sore si Adek udah molor. Disusul Mas jam 5. Alhamdulillah langsung tercipta suasana damai di rumah, wakakakak….

Perkara makan

Mas B dan Adek M punya selera makan yg berbeda. Mas B lebih kepada secukupnya sementara Adek M meski perawakannya cenderung langsing tp lebih sering makan/ngemil dibanding Masnya, hehehe.

Kadang kudu disetop juga ini aktivitas makannya si Adek. Ya soale anak-anakku ini udah tau konsep LAPAR tapi khususnya Adek kok kayaknya blom tau konsep KENYANG. Jd kadang makaaaan terus ga mau berhenti, sampe mo muntah gitu lo, astaga…..

Mas pun kadang abis makan ngeluh perutnya sakit. Awalnya kukira dia sakit perut beneran tp menurut Abi, kayaknya itu kekenyangan deh, hehehe. Makanya sama Abi trs dikasih tau: “Itu namanya kenyang, Mas….”

Itu foto si Adek makan sebelum bobo siang. Nikmat banget makan sendiri, masyalloh. Trs pas kulihat udah mo roboh krn ngantuk, ya buru-buru kuringkesi makanannya, lap tangan dan mulut lalu giring ke tempat tidur. Bobo deh….

Makan mie dan telor, seporsi bagi 2. Piring sendiri-sendiri dan silahkan makan sendiri-sendiri.

Jalan-jalan ke Sidoarjo

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Wow 4 hari tanpa postingan apapun. How is it going with ya all? Semoga semua sehat-sehat ya.

2 pekan terakhir, aku dan anak-anak beberapa kali nemenin Abi yg ada urusan di BPN Sidoarjo. Lumayan juga jaraknya dr kediaman kami di Wiyung, Surabaya; yaah sekitar 40 menit perjalanan dan sebagian lewat jalan tol.

Anak-anak sueneng pol lewat jalan tol karena banyak truk trailer dan berbagai macam truk lain. Plus melewati Masjid Al Akbar. Mas B suka sekali sama Masjid Al Akbar krn sering liat di azan channel JTV.

Meski kemudian di BPN ya seperti biasa, kami cuma nunggu di mobil @ parkiran bahkan pernah sampe hampir 2 jam– tp tetap anak-anak suka diajak jalan-jalan keluar rumah. Oiya, selama di jalan dan di parkiran, mereka selalu strapped on their carseat ya, nggak aku lepas.

Nah aku kan udah cukup lama nggak pernah nemenin anak-anak di parkiran ya. Krn seringnya ya mereka nganter aku yg ada urusan dan harus turun. Jd mereka berdua (sama supir) yg di mobil.

Jd ketika kemaren itu 3x ke Sidoarjo, aku ketawa aja liat tingkah bocah berdua di mobil selagi nungguin Abi.

Mulai dari gepuk-gepukan (gak berantem sih– cm saling usilin aja), atau salah 1 tidur (biasanya Adek), ngemil jajan yg dibeliin sebelum berangkat, atau Mas bikin suara-suara lucu atau aneh lalu dia dan Adek ketawa ngakak-ngakak. Seru pokoknya.

Alhamdulillah gak ada yg nangis rewel minta pulang. Tp pas udah kelar urusan sih, pada minta jajan hehehe. Terutama klo pas berangkat blm dibeliin jajan. Biasanya pas pulang, minta beliin eskrim di Akidi (baca: McD).

Ya kadang aku turutin tp gak selalu sih. Klo pas berangkatnya udah dibeliin jajan manis-manis (biasanya Oreo), ya pas pulang gak dapet jajan lagi dong. Gak baik buat kesehatan gigi anak dan dompet emak, wkwkwkkw.

Anyway. 2x kejadian, anak-anak kubawain snack yg ada di rumah. Trs aku taroh aja di toples dan pangku. Pas ditengah jalan (perjalanan berangkat), si Adek minta jajan. Makan sebentar eh trs bobo, wkwkkw. Ngisi perut dulu ya Dek sebelum merem.

Lumayan juga bobonya sampe 30 menit. Mas klo ditinggal Adek bobo juga diem aja sendirian, liat-liat keluar jendelanya. Kaya di foto yg atas, itu kepala Adek miring krn lagi bobo:

Trs ini masih ada 1x lagi kudu ke Sidoarjo. Tp blm tau kapan, hehehe.

Saos Padang

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh.

Ngebet pengen nyobain resep Koh Willgoz yg Saos Padang tp di rumah adanya terong yowes pake terong aja.

Alhamdulillah enak. Ya klo masakan udah pake 3 sdm saos tirem, emang ada yg hasilnya gak enak ya? Wkwkkwkw. Ya ada aja lah…. tp ini kan bumbu halusnya juga komplet, pasti itu menentukan juga hasilnya enak apa nggak. Jadi gak semata krn saos tiremnya.

nB: Hari Jumat nih…. jangan lupa Al Kahfinya!

Sab sab sab sabaaaa….r

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh.

Jika ingin saudaramu yg tertimpa musibah untuk berSABAR, bs dipertimbangkan untuk mendoakannya diam-diam. Drpd terang2an menasehati dia untuk berSABAR.

Coz I know some people who dont appreciate nasehat SABAR (malah garai emosik, jare 🤣). Jd yaaa… doakan saja dalam hati. Lumayan kan, doa yg sama akan kembali kepada kita.

NB: malam Jumat nih. Udah bs mulai baca Al Kahfi.