Ketika dilanda bad mood saat jam sekolah

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Mo nyimpen cerita ttg sekolah online Mas B hari ini.

Aku mengawali kelas hari ini, bersiap-siap dengan sedikit dongkol krn sesuatu dan lain hal. Udahlah hati dongkol, kaki kejatohan botol air mineral 600mL yg isinya full. Gimana gak makin gondok rasanya hatiku ya kaaaan?

Disaat yg sama, Mas B juga tumbenan gak mau fokus duduk di depan iPad seperti biasanya.

Dia maunya duduk di lantai lalu mondar-mandir dr ruang tamu tempat belajar, ke ruang tengah. Ngapain? Kurang jelas.

Lha aku kan gak bisa ikutin dia duduk di lantai, dan kalo iPad kutaro lantai kan aku jd gak bs aware klo semisal Ustadzahnya ngehighlight dia di Zoom, atau manggil dia trs minta mic di unmute. You know lah, that kind of stuffs.

Aku juga cm ngeliatin aja dia mondar-mandir. Uhuk… males mau manggilin krn yah…. ya udahlah ya. Yg tua-tua aja kadang kumat moody dan malesnya klo kudu ngadepin kuliah atau kerja. Apalagi yg masih usia 5,5 tahun kayak Mas.

Adeknya nggondok krn kutegur. Trs ngumpet dibawah meja. Masnya ngeliat Adek ngumpet, ikut ngumpet juga. Hmmm…. okelah terserah ente berdua. Yg penting gak ada yg nangis, berantem atau rebutan atau teriak-teriak. Klo cuma mau ngumpet di bawah meja ajasih, cincay laaaah.

Trs pada ngambil mainan truk dan main di deket meja tempat belajar. Untungnya Mas masih mau ngikutin proses belajarnya meski disambi-sambi.

Mau ikut gambar virus corona (foto atas). Dan mau ikut main game (foto bawah):

Pas akhirnya kelas online berakhir, lega rasanya Bunda. Mas B juga mau bantuin beberes perlengkapan belajarnya.

Fiuhhhhh…. alhamdulillah. Besok sekolah lagi ya.

NB: ntr malem udah Malam Jumat lagi lho. Jangan lupa baca Al Kahfi ya!

The ngadi-ngadi moments

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh.

Anakku klo laper atau ngantuc tuh suka ngadi-ngadi deh. Pernah si Adek ngabisin 45 menit nonstop ngeciwis pol ra mandeg perkara mainan rusak yg udah dibuang Bunda. Dia gak terima mainannya dibuang Bunda.

Lha wong wes rusak e. Jadinya banyak sisi mainan tsb yg tajam dan berbahaya kan?

Tapi anak kecyl ya gitulah. Blm terlalu bs menerima kenyataan hidup, blm terlalu bs nerima konsekuensi.

Akibatnya petang itu (abis Mahrib) , Adek rewel minta mainan yg udah kubuang. Mulai dr yg bersuara keras (padahal Mas & Abi udah bobo) sambil mewek berlinangan air mata. Sampe akhirnya mau bisik-bisik tp tetep sambat (komplen) ora jelas maunya apa.

Jelas deng benernya: minta dibeliin lg mainan yg kyk dulu udah pernah punya & dirusak berdua sampe mretel & udah dibuang Bunda.

Dan requestnya selalu Bunda tolak mentah-mentah krn aku kan pantang bilang IYA klo cm mau boong demi anak supaya berhenti rewel.

Klo NGGAK ya ENGGAK.

“Makanya punya barang tuh jgn dirusak! Klo udah rusak nanti Bunda buang!” -begitu pesan sponsor dr Bunda, SELALU.

Bgmn dgn ngadi-ngadi krn LAPAR? Terjadi di suatu pagi dong. Udah lewat waktunya sarapan tp Mas (yg emang dr kemarennya lg males makan), gak mau makan. Ngotot gak mau makan padahal udah mulei rewel ngadi-ngadi krn lapar.

Aku sebenarnya males maksa anak makan. Karena prinsipku (& alhamdulillah terbukti): begitu memasuki usia tertentu, anak-anakku udah tau kok LAPAR itu apa dan klo lapar ya minta makan atau inisiatif nyari makanan sendiri di meja makan atau nyari cemilan di toples.

Lha tapi klo lagi males makan padahal laper, dan sudah mulai rewel…. kan rewelnya itu jadi MENGGANGGU ORANG LAEN YA. Jd kupaksa doi sarapan. Suapin! Padahal adeknya aja waktu itu makan sendiri.

Siang hari yg sama jelang Ashar disogok ayam kiyuk-kiyuk (baca: kriuk2) Asix (punyae Anang Ashanty itulo), alhamdulillah disuapin & mau makan banyak. Abis itu gak makan lg sampe akhirnya bobo malam jam 5.50 pm.

Another chit-chat with my boys

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Masyalloh bocah-bocah nih kadang bikin gemes krn sebel, tp seringnya gemes krn nahan ngakak! 😆😆

AKU SUKA NGOBROL

Bunda: Mas ayo pipis (di WC)! Nanti klo ngompol, ta’ laporin Ustadzah Reni lho!
Mas B: (santai) Ya laporin aja gak papa. Nanti aku ngobrol-ngobrol sama Ustadzahnya….
Bunda: (NAHAN KETAWA)

🤭🙄😂


AKU KECUT

Adek & Mas lg mainan orang2an Lego, play pretend gitu:

Adek: (megang orang2an Lego) Aku belom mandi. Aku kuchut! (baca: kecut alias ketek bau acem)

🤣🤣🤣

Sungguh dialog yg menunjukkan kearifan lokal.


AKU SUKA BAJU INI

Adek M: (lagi rewel beratzzz perkara baju fave yg mau dipake tp masi basah dikit)
Bunda: (NYANYI) NEVERMIND I’LL FIND… SOMEONE LIKE YOUUUUU….
Adek M: (lgsg gemes kesel & mau mukul Bundanya) HIIIIIIIGHHHHH!!!
Bunda: Eh hayoloh! Gaboleh mukul Bunda!

😑😑

Padahal kan Bunda nyanyi gitu krn niat mo beliin baju yg sama atau mirip, 2-3 potong lagi gitulo Dek. Spy pagi siang sore malem, kamu bisa pake baju yg sama. Gak usah cuci-kering-pake.

Gak suka banget denger Bunda nyanyi sih?

(suaramu sember— bikin emosi kalik ya mbakyu…)


TAPI INI BUKAN KECUT YG ITU

Abi: Terang bulan langganan gak promo, Rek. Kecut!! (kecut ini istilah unt mengungkapkan kekecewaan akan situasi)
Mas B: Siapa yg kecut?
Abi: Bukan kecut itu maksudnya….
Bunda: Ketek itulo yg kecut.
Mas B: Ketek Mas kecut ta Bi? (angkat tangan setinggi mungkin) Belom mandi aku.
Bunda: Wakakaka.

Gak lama kemudian dia menyodorkan keteknya ke Abi 🤣🤣

Hari-hari sekolah online Mas B & penumpang gelap

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh.

So far Mas B senang bersekolah. Makanya kasian juga pas pekan ini cuma masuk Senin tok krn Selasa-Jumat libur Lebaran Haji. Adek pun setia mendampingi Mas sekolah sambil ikut ngaku-ngaku sebage anak TK 🤣🤣

Kegiatan sekolah anak TK A ya diawali dengan senam/joged gitu kan. Tapi Mas B gak mau. Hahaha. Capek katanya. Gayane komplen capek semacam yg diajakin gerak jalan Surabaya-Mojokerto.

Berikod kupajang sebagian foto-foto bocah berdua. Mas B dan Adek M (sebage penumpang gelap):

Hari Kedua. Kegiatan Gummy Bear Dance. Bocah berdua gak ada yg mau gerak blass. Anteng aja nontonin Ustadzahnya joged :


Hari Ketiga. Pengenalan Sholat Dhuha:

Hari Keempat. Menonton Puppet Show berjudul DI RUMAH SAJA:

Hari Kelima. Menari dan Menyanyi. Tentu saja anaknya gak mau partisipasi, wkwkwk. Dan supaya tetep anteng di depan iPad, krayon dan kertas tetep kudu ready padahal ga ada kegiatan menggambar atau mewarnai:

Hari Keenam. Merangkai benda. Bisa berupa balok kayu, Lego, kardus atau gelas:

Sekolah lagi pekan depan ya Nak!

Hari-hari tanpa ART

Assalamualaikum.

Sepekan terakhir menjalani keseharian tanpa ART. Udah males mikir ini itu, yg penting urusan makan insyalloh beres lewat jalur outsource aka beli diluar, hehehe.

Urusan bebersih juga yah, yg biasa nyapu pel sehari 2x, krn ga ada simbak– cukup sehari sekali saja. Itu juga udah syukur alhamdulillah.

Klo urusan cuci ya tetep sehari sekali dan gak outsource ke laundry kiloan krn emang gak ada laundry kiloan yg buka. Lagian klo cm cuci jemur mah kendalanya cm di males jemur dan urus cucian keringnya aja kan? Wong ada mesin cuci buat nyucinya.

Klo ga ada simbak ya aku jemur bajunya indoor di teras belakang krn jadwal jemur dan ngangkati jemuran keringnya jd bisa sesuka hati. Kli jemur di luar kan ya jemurnya pagi pas matahari terbit dan Ashar udah kudu diangkatin.

Aku biasa nyuci jemur malam sebelum tidur. Diangkatinnya besok pas Ashar gitulah, wakakaka. Jadi lama banget jemurnya. Padahal jemur di teras belakang mah keringnya cepet, kayaknya ko lebih cepet drpd jemur diluar (dibawah matahari langsung).

Trs sepekan tanpa simbak, jadi lebih sybuq tentunya. Urusan anak ya beberapa kali lah yg telat makan dan berujung jadi pada rewel krn laper. Trs krn capek jdnya lebih gampang emosi sama anak.

Tp krn berusaha ngurangi potensi konflik, anak minta apa ya yg biasanya gak dikasih– ini jd dikasih. Misal: minta dipotoin pas main. Biasanya aku ga mau motoin krn ntr abis itu resek minta liat fotonya trs minta liat foto dan video lain di HP.

Atau minta apalagi gitu… yg gak berbahaya, ya dikabulkan ajalah. Drpd berantem ama anak, bikin mood semua jd jelek. Berisik pula kan.

Trs ditengah pekan, dapet kiriman dr ex muridku. Mainan baru unt anak-anak. Next time aku review sekilas (udalah next time eh sekilas pulak, wkkwwk….). Lumayan buat ngisi waktu bocah dan Bundanya jd ada bahan juga buat menghibur mereka.

Trs apalagi ya? Ya pokoknya begitu anak-anak bobo malem, rasanya bersyukur banget krn 1 hari lagi terlewati.

Pas besoknya anak bangun, jd tyda lupa berdoa: semoga hari ini lancar dan gak banyak emosian.

Yaudahlah sebage penutup, kushare seuplik foto bocah:

(Bikin) jajan (sendiri)

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Sebulan terakhir hampir tiap hari baking. Lagi mood buat bikin jajan sendiri meski menunya ya gak jauh-jauh dr muffin coklat, banana cake, rangin, repeat 🤣🤣

Rangin (aka bandros/pancong) percobaan kedua yg bentukannya udah mulai beres. Gak sepleyat-pleyot percobaan pertama:

Meski menunya monoton yg penting konsumen cilikku seneng. Terutama Mas B yg bagian bantu Bunda bikin kue. Kami biasanya baking klo Adek lg tidur siang atau Adek udah tidur malam. Tidur malam versi anakku sih seringnya jam 5 sore, hehehe.

Kemaren itu bikin banan cake resepnya Inov Pelawi yg sebenernya eggless tp tetep aku kasih telor sebutir.

Alhamdulillah rasanya gak kalah enak sama banana muffin-nya Tintin Rayner:

Pergedangan alias pisang emang sedang jadi favorit di rumahku. Dan meski tiap baking, penampakannya gak selalu chyantique (cenderung serem liatnya), tp seringnya sih rasanya enak. Maksudnya, enak menurut anakku, wkwkkw. Dan aku juga tentunya.

Walo pernah bikin kue, penampilane elek dan surprisingly rasanya yo kacau sisan, wakakakaka.

Btw semua kue dan muffin bikinanku, mostly pake gula merah dan bubuk coklat. Makanya warnanya ya sama aja semua. Soale Mas B sukanya coklat-coklat. Dia gak suka pisang tp klo pisangnya dibikin jd kue dan adonan dikasih bubuk coklat, dia mau.

Hari Tasyrik

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Hari ini adalah hari pertama Hari Tasyrik. Hari Tasyrik itu adalah 3 hari setelah Idul Adha. Harinya makan-makan.

Apakah amalan yg baik dilakukan selama Hari Tasyrik ini?

Aku kemaren pas Idul Adha setel ini beberapa kali sehari, tp baru hari ini tau klo utamanya kita bertakbir adalah setiap selesai sholat wajib (link). Adem banget di hati dengerin takbir ini, alhamdulillah…..

Met Lebaran Haji!

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh. Pada sholat Ied dimana nih? Masjid di komplekku gak ngadakan Sholat Ied jd kamipun tyda ada yg sholat.

Anyway. Kok tau-tau udah mo sepekan sih sejak terakhir posting? Banyak cerita yg mau dishare tp lupa mo copas dr status WA ke blog. Abis ini kita cicil satu-satu, hehehe….